Apa Itu Domain ? Pengertian dan Fungsi Nama Domain

http://www.ayied.net/2015/10/Pengertian-fungsi-domain.html

AyiedNet - Pada era digital seperti saat ini, domain telah menjadi hal yang umum diakses oleh banyak orang, baik itu melalui media komputer atau melalui perangkat mobile seperti Ponsel. Perkembangan teknologi juga mengharuskan domain ikut menyesuaikan, kini Anda dapat menemukan ratusan nama domain di internet. Bahkan, domain telah menyesuaikan dengan suatu negara. Seperti contohnya, Nama domain negara Indonesia memiliki akhiran .ID.

Jadi, apa sih sebenarnya domain itu? dan apa fungsi domain?  AyiedNet kan memberikan penjelasan mengenai Apa Itu Domain ? Pengertian dan Fungsi Nama Domain secara lengkap dibawah ini.

Apa Itu Pengertian Domain ?

Pada dasarnya, Domain adalah suatu nama yang unik, digunakan sebagai pengganti Alamat IP. Domain disebut juga sebagai Alamat Website, seperti contohnya "Ayied.net" atau "google.com" dan lainnya.

Domain memiliki format huruf ( a,b,c dan seterusnya ), angka ( 1,2,3 dan seterusnya ) dan simbol ( - ) sebagai nama url situs web. Anda dapat membuat alamat website sesuai keinginan Anda, bisa menggunakan huruf, angka atau simbol saja.

Apa Fungsi Domain ?

Pada dasarnya, Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses suatu situs web serta mempermudah mengingat alamat situs web yang akan diakses dari pada harus menggunakan sederetan angka-angka rumit yang disebut Alamat IP.

Seperti misalnya Anda ingin mengakses situs web google.co.id, jika Anda menggunakan Alamat IP maka Anda harus mengakses melalui kombinasi angka seperti 173.194.39.19, hal tersebut tentu akan menyulitkan pengguna internet. Maka dari itu ada sebuah domain untuk memberikan kemudahan bagi pengguna internet.

Contoh Nama Domain

Nama domain kini semakin spesifik, jadi akan mempermudah pengguna internet untuk memilah suatu situs web sesuai kategori tertentu. Terdapat ratusan nama domain yang ada di internet yang dapat digunakan sebagai alamat website. Contoh nama domain seperti berikut :

Nama domain yang populer :
.COM, .ORG, .NET, .ME
Nama domain baru :
.COOL, .ZONE, .CLUB, .CITY, .WEBSITE, .GRATIS, .HAUS, .GURU, .TIPS, .TODAY, .MEDIA, .LINK, .COOKING, .FISHING, .FITNESS dan masih banyak lagi nama domain baru.
Nama domain Indonesia :
.ID, .CO.ID, .WEB.ID

Itulah ulasan mengenai Apa Itu Domain ? Pengertian dan Fungsi Nama Domain yang dapat AyiedNet jelaskan. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Apa Itu Domain ? Pengertian dan Fungsi Nama Domain"

Post a Comment

IBX584BE24776495