Cara Memilih Nama Domain Yang Baik dan Tepat

http://www.ayied.net/2015/10/memilih-domain-yang-baik.html

AyiedNet - Pada era kemajuan teknologi internet seperti saat ini, domain telah menjadi hal yang umum diakses oleh orang, baik itu melalui media komputer ataupun melalui perangkat mobile seperti Ponsel. Perkembangan teknologi juga mengharuskan domain ikut menyesuaikan, kini Anda dapat menemukan ratusan nama domain di internet. Bahkan, domain telah menyesuaikan dengan suatu negara. Seperti contohnya, Nama domain negara Indonesia memiliki akhiran .ID.

Domain merupakan hal penting ketika Anda hendak membuat suatu situs web, karena domain merupakan kesatuan dari situs website yang disebut sebagai alamat website. Karena begitu pentingnya domain dalam suatu situs web, maka Anda harus mempertimbangkan jika akan memilih nama domain untuk website Anda.

Jika anda belum mengerti apa itu Domain, Silahkan baca Apa Itu Domain ? Pengertian dan Fungsi Domain

Memilih Nama Domain

Memilih nama domain yang baik untuk situs website Anda merupakan hal yang penting, karena domain merupakan identitas atau suatu gambaran situs web Anda nantinya. Jadi, untuk memilih nama domain yang tepat, Anda harus mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih nama domain.

Berikut penjelasannya bagaimana memilih domain yang baik dan tepat :

1. Domain Mengambarkan Website Anda

Jika Anda akan membuat situs web untuk bisnis maka nama domain website Anda sebaiknya menggambarkan tentang tema, produk, atau perusahaan Anda.
Misalnya Anda akan membuat situs web bisnis dengan menjual produk " Tempe " dan nama perusahaan atau merek bisnis Anda adalah Jaya. Maka sebaiknya buatlah domain yang mewakili, misalnya " JayaTempe.com " atau " TempeJaya.com

2. Domain Mudah Diingat

Domain yang terlalu rumit akan membuat orang kesulitan ketika mengakses website Anda. Jadi buatlah domain yang mudah diingat, misalnya " TempeJaya.com " cukup dua kata saja atau setidaknya 10 karakter.

3. Domain tidak Terlalu Panjang

Domain cukup dua kata saja atau setidaknya 10 karakter. Jangan gunakan nama domain yang terlalu panjang, hal tersebut akan menyulitkan pengguna internet yang akan mengakses website Anda.

4. Pemilihan Ekstensi Domain

Ekstensi domain sangat penting karena ekstensi domain memiliki makna tersediri. Contohnya .COM yang artinya Comercial. Domain ekstensi .COM juga merupakan domain yang paling populer, Anda dapat menggunakan domain ini untuk keperluan apapun. Untuk situs web bisnis sebaiknya Anda menggunakan ekstensi .CO.ID atau .COM. Anda juga dapat menggunakan nama domain dengan ekstensi lain seperti .NET, .ORG, .INFO, .ME, .BIZ dan lainnya.

Jika Anda menginginkan ekstensi domain yang lebih spesifik, maka Anda dapat mencoba domain baru seperti .today, .photography, .camera, .fishing dan domain spesifik lainnya. Misalnya Anda akan membuat website bisnis tentang Kamera atau menjual kamera maka Anda bisa menggunakan domain .camera, contoh " solo.camera " atau " jual.camera ".

5. Penggunaan Simbol Minus ( - ) dan Angka

Penggunaan simbol dan angka pada nama domain memang tidak disarankan karena akan cukup menyulitkan, namun sebagai alternatif jika nama domain yang Anda inginkan telah terdaftar maka Anda dapat menambahkan simbol atau angka. Misalnya " Tempe-Jaya.com " atau TempeJaya123.com ".

Demikian, semoga setelah anda membaca Cara Memilih Nama Domain Yang Baik dan Tepat ini, anda menemukan nama Domain yang cocok dengan anda.
loading...

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Cara Memilih Nama Domain Yang Baik dan Tepat"

Post a Comment

IBX584BE24776495