11 Tempat Wisata Hits Yang Ada di Kalimantan Selatan

Ayied.net - Seperti yang kalian tahu, banyak tempat wisata di Kalimantan Selatan yang bisa di kunjungi, dan itu mungkin saja membuat kalian merasa bingung dengan banyak nya pilihan berlibur nya. Untuk menjawab kebingungan kalian, Sebaiknya baca dulu 11 Tempat Wisata Hits Yang Ada di Kalimantan Selatan ini.

1. Pasar Terapung

Pasar Terapung di Kalimantan Selatan

Tempat Wisata Hits yang pertama ialah Pasar Terapung. Pasar Unik yang transaksi jual beli nya di lakukan di atas sungai dengan menggunakan perahu/kelotok ini juga menjadi ikon nya Tempat Wisata Kalimantan Selatan.

Pasar Terapung setiap hari ada namun hanya di waktu subuh hari hingga matahari beranjak tinggi saja , yaitu sekitar pukul 05:30 sampai dengan pukul 09:30 pagi. Selain itu di pasar ini anda juga akan melihat para pedagang bertukar barang dagangan atau barter.

Untuk menuju ke lokasi Pasar Terapung lok baintan dan muara kuin, Wisatawan dapat menggunakan Perahu/kelotok. selain lebih cepat sampai ke tujuan, anda juga dapat melihat aktivitas masyarakat di pinggiran sungai dan menikmati indah nya pemandangan sungai martapura yang masih asri.

Adapun untuk Pasar Terapung siring martapura jarak tempuh nya lebih dekat dan bisa di tempuh dengan menggunakan tranportasi darat.

Di pasar ini anda bisa berbelanja keperluan sehari-hari, dari sayur mayur, buah-buahan, makanan, kue-kue atau biasa orang banjar bilang wadai. selain itu, di sini juga tersedia Suvenir khas Pasar Terapung yang bisa menjadi buah tangan yang sangat menarik tuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Pedagang di sini umum nya perempuan paruh baya atau biasa di sebut acil, mereka sangat ramah dan juga tidak segan untuk bercanda atau bagaya.

Jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas banjar, yaitu Soto Banjar. selagi anda mencicipi Soto Banjar, anda bisa bagaya dengan acil-acil yang bungas-bungas sembari menikmati pemandangan di atas kelotok.

2. Pulau Kembang

Papan Ucapan Selamat Datang Pulau Kembang

Satu lagi Wisata Unik yang ada di Kalimantan, yaitu Pulau Kembang. Pulau yang merupakan sebuah Delta ini, berada di kawasan Sungai Barito, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, kalimantan Selatan. atau sekitar 1,5 kilometer sebelah barat dari Kota Banjarmasin.

Dan untuk mencapai Objek Wisata ini, Wisatawan dapat menaiki perahu dengan waktu sekitar 20 menit. namun kebanyakan Wisatawan yang berkunjung ke sini setelah mereka selesai mengunjungi Pasar Terapung.

Pulau Kembang merupakan tempat habitat Kera ekor panjang atau yang biasa di sebut dengan Monyet. selain itu Pulau Kembang juga di tetapkan sebagai kawasan Hutan Wisata. Terdapat ratusan kera yang menghuni Pulau ini, dan kera-kera ini lah yang menjadi daya tarik utama dari Objek Wisata Pulau kembang. karena kera-kera yang menghuni Pulau ini sangat bersahabat dengan pengunjung, namun anda tetap harus berhati-hati dengan barang bawaan yang di bawa saat memasuki Pulau ini. karena kera-kera di sini sangat antusias dengan barang bawaan Wisatawan, sebaik nya anda membawa kacang-kacangan yang nanti nya bisa di bagikan kepada kera-kera penghuni Pulau ini.

Selain itu di sini juga terdapat 2 buah Arca yang berbentuk kera putih, yang di sebut juga sebagai Hanoman. menurut cerita yang berkembang Arca tersebut adalah jelmaan Raja Kera, yaitu Hanoman yang sering menampakkan wujud asli nya di Pulau ini. namun menurut cerita lain nya Arca ini adalah bentuk penghormatan oleh warga Tionghoa kepada jasad-jasad orang Tionghoa yang terkubur di Pulau ini.

Konon dahulu nya datang sebuah Kapal Inggris dengan membawa penumpang yang mayoritas nya orang Tionghoa. mereka di ketahui ingin tinggal dan merebut Kerajaan Kuin, namun sebelum niat mereka tercapai, mereka harus menghadapi seorang Patih yang gagah perkasa dan sangat sakti yang bernama Datu Pujung.

Datu Pujung pun memberikan syarat kepada mereka, yaitu dengan syarat mereka harus bisa membelah kayu besar tanpa alat dan senjata. ternyata persyaratan dari Datu Pujung tidak di laksanakan mereka, dan mereka malah menghina dan menganggap persyaratan dari Datu Pujung adalah sesuatu yang mustahil. seketika itu pun Datu Pujung membuktikan bahwa syarat yang di ajukan bukan lah sesuatu yang mustahil, dengan mudah nya Datu Pujung membelah kayu besar tersebut dengan kedua tangan nya.

Setelah melihat kesaktian Datu Pujung, mereka tetap tidak percaya dan tetap berniat untuk merebut Kerajaan Kuin. Datu Pujung pun marah dan dengan kesaktian nya, perahu yang mereka tumpangi pun di tenggelamkan Datu Pujung.

Setelah sekian lama perahu tersebut berubah menjadi Pulau, dan konon semua penumpang yang ada di perahu Inggris tersebut menjelma menjadi kera-kera yang sekarang menghuni Pulau Kembang.

3. Menara Pandang

Menara Pandang Banjarmasin

Tempat Wisata Hits selanjutnya ialah Menara Pandang yangn terletak di jalan Siring Kapten Pierre Tendean Banjarmasin. Menara ini buka setiap hari nya dengan waktu yang berbeda-beda, pada hari senin sampai jum,at di buka dari pukul 10.00-21.00 WITA. pada hari sabtu pukul 10.00-22.00 WITA dan pada hari minggu di buka lebih pagi yaitu pukul 08.00-21.00 WITA .

Untuk masuk ke Menara Pandang tidak di kenakan biaya alias Gratis, pengunjung hanya di kenai biaya parkir kendaraan sebesar Rp.2000. dari lantai atas Menara ini pengunjung dapat menikmati sekeliling Kota Banjarmasin, melihat hamparan Sungai Martapura, Kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin serta pemandangan sekitar yang indah ketika di lihat dari atas Menara Pandang Banjarmasin.

Di lantai atas Menara Pandang menjadi area favorit pengunjung, area ini sangat aman buat pengunjung dewasa maupun pengunjung anak-anak. karena area ini di sekelilingi pagar yang tinggi sehingga pengunjung tetap aman dan nyaman untuk menikmati keindahan pemandangan sekitar Menara Pandang.

Area lantai atas Menara Pandang juga sering di pakai untuk pembuatan Video Klip lagu-lagu daerah Banjar dan juga menjadi tempat favorit masyarakat berfoto selfie dengan keluarga maupun sahabat.

Menara Pandang ini selalu ramai setiap hari nya, terutama saat minggu dan hari libur lain nya. di sekitar Menara Pandang juga sering di jadikan tempat pelaksanaan acara-acara besar, seperti Banjarmasin Expo, acara bakti sosial, berbagai macam lomba dan kegiatan-kegiatan lainnya.

4. Patung Bekantan 

Patung Bekantang Ikon Kalimantan Selatan

Patung Bekantan hadir di jalan Siring Kapten Pierre Tendean dengan wujud raksasa dengan tinggi 6,5 meter dan memiliki berat hampir 7 ton.

Bekantan adalah monyet yang memiliki rambut berwarna cokelat kemerahan dan memiliki hidung panjang yang besar serta memiliki ciri khas perut yang besar dan buncit. Ukuran tubuh bekantan sendiri bisa mencapai 75 cm dengan berat badan sampai dengan 24 kilogram.

Bekantan juga merupakan hewan endemik Khas Pulau Kalimantan dan secara resmi menjadi maskot Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 16 Januari 1990.

Patung Bekantan dengan tangan kanan menggaruk kepala dan tangan kiri memegang buah rambai. dan juga memiliki kemampuan mengeluarkan air mancur di mulut nya, menjadi daya tarik warga Banjarmasin dan Kalimantan Selatan untuk melihat nya dan berfoto selfie bersama nya.

Di lokasi Patung Bekantan ini selalu ramai pada setiap hari nya, terlebih pada waktu sore dan malam hari. selain selalu ramai dengan pengunjung sekitar Kota Banjarmasin, banyak juga pengunjung dari Kota dan Kabupaten lain yang datang dengan sengaja hanya untuk melihat Maskot Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Dengan hadir nya Patung Bekantan di Kota Banjarmasin di harapkan menjadi pengingat kita bersama-sama agar menjaga dan melestarikan Bekantan dan hewan-hewan endemik lainnya yang ada di Pulau Kalimantan.

5. Danau Seran

Danau Seran Banjarbaru

Bertempat di Kelurahan Gantung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan terdapat sebuah Danau yang cukup unik dan memukau, namanya Danau Seran, atau juga disebut sebagai Danau Cempaka.

Danau ini terletak di Jalan Guntung Manggis (Jalur Trikora, Banjarbaru). Secara kasat mata, danau ini memang terlihat kecil. Namun, hal itu tidak membuat surut minat para wisatawan untuk mengunjungi obyek wisata ini. Mengapa? Karena dulunya, danau ini terbentuk akibat bekas pendulangan intan yang dilakukan oleh warga setempat dan PT. Galuh Cempaka. Dan karena sejarah itulah, maka tempat ini pun selalu ramai dikunjungi.

Danau Seran memiliki air yang sangat jernih dengan warna kehijauan dan di sekitar danau tumbuh subur pepohonan yang rindang, menambah asri suasana danau seran.

Sehingga danau ini telah menjadi daya tarik wisata baru bagi warga Banjarbaru. Apalagi dari pinggir danau ini wisatawan dapat menyaksikan sunset yang sangat indah.

Bagi wisatawan yang datang dari jauh kemungkinan tidak akan sadar jika danau ini terbentuk dari sisa penambangan yang ditinggalkan begitu saja tanpa dilakukan proses reklamasi.

Terlepas dari itu semua, yang pasti danau ini telah berubah wajah menjadi tempat yang sangat cantik. Apalagi jika wisatawan berkunjung di sore hari. Langit jingga dan matahari yang mulai tenggelam dengan sinarnya yang mulai memerah membuat lukisan alam yang begitu indah. Dari sana kemudian banyak anak muda yang tertarik untuk berkunjung ke danau ini.

Jernihnya air danau membuat siapa saja yang berkunjung ke sini tidak akan kuasa untuk menahan hasrat berenang. Namun bagi kalian yang mau berenang di danau ini harap untuk berhati-hati dan jangan terlalu ke tengah. Sebab danau ini adalah bekas area galian yang artinya permukaan dasar danau tidak rata sehingga beresiko masuk ke dalam lubang yang dalam layaknya sumur.

Kalau mau aman tapi tetap bisa menikmati keindahan danau ini, bermain saja di tepinya atau bersantai di bawah pepohonan yang tumbuh di pinggir danau. Dengan pengambilan posisi gambar yang tepat, kamu akan mendapatkan hasil foto yang sangat indah, tak kan ada yang menyangka jika danau itu adalah bekas area tambang.

6. Taman Labirin

Taman Labirin Pelaihari

Taman Labirin terletak di Tambang Ulang, Tanah Laut, Kalimantan Selatan. tepat nya di kilometer 51 jalan Jendral Ahmad Yani, di kawasan Agrowisata BP3T.

Senin sampai dengan jum'at, Taman ini di buka pukul 10 pagi hingga pukul 05 sore, sedangkan untuk sabtu-minggu dan hari libur lain nya, Taman ini mulai di buka pukul 08 pagi hingga pukul 05 sore. untuk tiket masuk ke kawasan Taman ini sangat terjangkau, Wisatawan hanya perlu membayar Rp.2000 per orang dan untuk biaya parkir kendaraan hanya seikhlas nya saja.

Dulu nya Kawasan Agrowisata BP3T tidak di buka untuk umum. melainkan untuk kebutuhan kelompok atau instansi daerah untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pertanian, perikanan dan sektor Agrowisata.

Di Taman Labirin ini Wisatawan dapat menikmati sensasi berjalan di antara lorong-lorong Labirin untuk menemukan jalan keluar dan di tengah Taman Labirin terdapat sebuah menara kecil dengan ketinggian sekitar 3,5 meter. dari atas menara ini Wisatawan bisa berfoto atau pun berselfie dengan latar belakang Taman Labirin yang indah.

7. Pantai Takisung

Pantai Takisung Tanah Laut

Terletak di desa Takisung, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. atau sekitar 22 kilometer dari Kota Pelaihari (Ibukota Tanah Laut) dan sekitar 87 kilometer dari Kota Banjarmasin.

Objek Wisata Pantai Takisung sangat Populer dan sangat ramai di kunjungi masyarakat Kalimantan Selatan, terutama warga Tanah Laut, Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitar nya. Pantai Takisung memiliki panorama alam yang sangat indah, hamparan pasir pantai yang luas dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi, di tambah laut biru yang mempesona.

Pantai Takisung akan sangat ramai di kunjungi Wisatawan pada hari-hari libur besar. sepanjang pesisir Pantai akan di penuhi Wisatawan dan para pedagang dengan berbagai macam dagangan nya.

Dari Pernak-pernik Khas Takisung, ikan kering hingga berbagai macam cemilan ringan.

Berbagai fasilitas juga sudah tersedia di Pantai ini, antara lain ada tenda yang bisa di sewa dengan biaya Rp. 50.000 per harinya, Payung  Rp. 25.000 per buahnya, Banana Boat Rp. 20.000 per orang dewasa/Rp. 15.000 untuk anak-anak dan ada juga motor racing mini yang bisa di sewa untuk berkeliling di pesisir Pantai Takisung dengan biaya Rp. 50.000 per setengah jam nya.

Selain itu, di Pantai ini juga banyak tersedia Kelotok yang siap mengantarkan Wisatawan berkunjung ke Pulau Datu. dengan setengah jam perjanan, Wisatawan akan dapat menikmati suasana lain dari Pantai Takisung ini.

Namun sebaik nya Wisatawan yang mau berkunjung ke Pantai ini harus berangkat lebih awal dari waktu yang di tentukan. karena jalan lintas ke Pantai Takisung ini cukup kecil sehingga sering membuat kemacetan yang sangat panjang yang akan membuang-buang waktu yang seharus nya di pakai untuk menikmati keindahan Objek Wisata Pantai Takisung.

8. Pantai Pagatan

Sunset Pantai Pagatan

Terletak di Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. atau sekitar 1 jam dari Kota Batulicin ( Ibukota Kabupaten Tanah Bumbu ) dan sekitar 8 jam dari Kota Banjarmasin dengan jarak kurang lebih 300 kilometer.

Pantai Pagatan adalah salah satu Pantai terbaik yang di miliki Kalimantan Selatan. Pantai yang berada tepat di pinggiran jalan trans Kalimantan ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah dengan hamparan pasir Pantai yang luas dan deburan ombak laut yang sangat bersahabat.

Pantai ini selalu ramai setiap hari nya, terlebih pada acara adat Mappanretasi yang selalu di gelar setiap tahun nya, di buka pada minggu pertama di bulan April dan berakhir di minggu terakhir di bulan April.

Mappanretasi adalah Ritual Adat Khas Bugis. sebagai ungkapan rasa syukur atas melimpah nya hasil laut dan juga sebagai bentuk permohonan agar terhindar dari bahaya saat melaut.

Mappanretasi yang di gelar hampir sebulan penuh ini di isi dengan berbagai acara adat serta acara modern yang sangat menghibur. berbagai Tarian Adat di suguhkan selama perayaan Mappanretasi. Selain itu, Artis lokal sampai Artis Ibukota selalu di datangkan untuk memeriahkan acara ini.

Selama perayaan Mappanretasi, banyak terdapat toko-toko maupun warung yang menjual berbagai macam barang dagangan, dari toko pakaian, souvenir, alat rumah tangga, hingga warung makanan dan warung kopi pun juga ada.

Untuk fasilitas di Pantai Pagatan sudah cukup lengkap dan bagi Wisatawan yang ingin menginap di sini juga tersedia hotel-hotel atau pun losmen dengan harga yang cukup murah.

Dan apabila Wisatawan tidak kebagian hotel atau pun losmen untuk menginap, masyarakat sekitar juga membuka pintu rumah nya untuk tempat menginap Wisatawan. ada yang berbayar dan ada yang sekedar cuma-cuma.

Berbagai Wahana bermain pun ada di Pantai ini, Wisatawan bisa menyewa Banana Boat atau hanya sekedar berkeliling dengan menaiki Speedboat.

Puncak Mappanretasi di tutup oleh Bupati Tanah Bumbu dan Ketua Adat Bugis dengan menaiki perahu yang membawa beberapa makanan dan minuman serta kepala kerbau sebagai sesajin yang nanti nya akan di labuhkan di laut.

9. Samber Gelap

Samber Gelap Kotabaru

Bagi yang belum pernah dengar nama nya mungkin akan membayangkan sesuatu yang angker dan penuh cerita mistis, namun pada kenyataan nya samber gelap ini adalah sebuah pulau yang sangat indah yang berada di ujung Kalimantan Selatan.

Bagaikan surga yang tersembunyi, samber gelap memiliki pasir yang bersih nan putih, langit biru dengan deburan angin sepai-sepoi, serta laut yang jernih dengan keindahan terumbu karang, di lengkapi dengan biota laut nya. dan apabila anda beruntung, anda akan menyaksikan penyu yang sedang bertelur. sungguh menjadi tempat yang tepat bagi anda untuk bersantai, snorkeling maupun anda yang hobi menyelam.

Untuk menemukan surga tersembunyi ini, anda di wajibkan untuk bersabar selama perjalanan
karena berada jauh di kecamatan sebuku kotabaru, Kalimantan Selatan.

Dari Banjarmasin (ibukota Kalimantan Selatan) anda bisa naik bus melalui terminal kilometer 6 dengan tujuan kotabaru, sekitar 8 jam waktu yang di butuhkan dan sebaik nya di gunakan untuk istirahat. setelah sampai di siring kotabaru, anda akan menyeberang menggunakan speedboat, sekitar 3-4 sampai lah anda ke pulau Samber Gelap.

Memang cukup jauh perjalanan yang anda tempuh, namun semua itu pasti terbayar lunas setelah anda sampai di pulau yang sangat indah nan asri.

Jangan lupa untuk membawa tenda, serta persiapkan makanan untuk beberapa hari dan alangkah baik nya jika anda tidak meninggalkan sampah di pulau ini.

10. Pulau Birah-Birahan

Pulau Birah-Birahan Kotabaru

Terletak di antara kecamatan Pulau Laut Kepulauan dengan kecamatan Pulau Sembilan.

Pulau ini terbilang masih baru, tidak seperti saudara nya yang sudah terkenal luas, yaitu Pulau Samber Gelap. Namun kedua nya sama-sama sangat bagus dan memiliki ciri khas masing-masing.

Sebagai pulau yang terletak jauh di selatan Kotabaru. tentu ada harga dan waktu yang lumayan yang harus di bayar untuk sampai ke tempat wisata ini.

Pertama-tama kamu bisa menuju Dermaga Kenyamukan. Setelah itu, perjalanan di lanjutkan dengan menyewa perahu nelayan. Harga sewanya berkisar antara Rp. 500.000,00 – Rp. 800.000,00/perahu (maksimal 25 orang).

Perjalanan dari Dermaga Kenyamukan sampai ke Pulau Birah-Birahan, Kabupaten Kotabaru, membutuhkan waktu sekiranya 8 jam perjalanan. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa menjumpai kawanan lumba-lumba saat menyeberangi lautan tersebut.

Pilihan lain untuk ke sampai Pulau Birah-Birahan bisa melalui Teluk Tamiang, Pulau Sugi, ataupun desa Lontar. perjalanan menggunakan kapal nelayan bisa di tempuh sekitar 2-3 jam, tergantung kecepatan kapal, arah angin dan ombak.

Saran saya, jangan ke sana pada saat musim angin barat, karena 80% nelayan tidak akan mau mengantar karena alasan gelombang besar.

Keunikan Pulau Birah-Birahan Kotabaru ini adalah setumpuk koral mati yang tersapu ombak sehingga membentuk pulau baru, namun sangat disayangkan banyak koral mati sampai membentuk pulau seperti ini.

Selain itu, Ada tiga zona pantai di pulau Birah-Birahan ini.

1. Zona terumbu karang
2. Zona pantai tebing batu
3. Zona pantai penuh ganggang

Untuk zona pantai penuh ganggang sebenarnya kurang bagus untuk berenang, karena banyak tanaman air, ikan kecil, anak hiu dan anak ikan pari. Oleh karena itu, zona ini lebih cocok buat kamu yang punya hobi memancing.

Namun jangan khawatir dulu, Di sini juga ada spot buat snorkeling, kok. Coba aja kamu sambangi zona pantai terumbu karang. Pasti kamu gak akan nyesel. Tapi sayangnya, kamu harus membawa peralatanmu sendiri, karena di sini belum ada yang menyewakan peralatan tersebut.

11. Kalang Hadangan

Kalang Hadangan Nagara

Kalang Hadangan berasal dari bahasa Banjar, Kalang berarti Kandang sedangkan Hadangan adalah Kerbau. Kandang Kerbau ini lebih familiar dengan sebutan Kalang Hadangan, Unik nya Kalang Hadangan yang ada di Nagara ini terletak di tengah-tengah perairan bukan di daratan yang kering. Kerbau yang di ternakkan disini pun tidak sembarang Kerbau, hanya Kerbau jenis Rawa atau yang di sebut juga dengan Bubalus Bubalis yang memiliki keahlian dalam berenang dalam kondisi air yang cukup dalam.

Kalang Hadangan ini tersebar di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara. Namun Kalang Hadangan yang terdekat dan sering di kunjungi wisatawan lokal maupun luar kota adalah Kalang Hadangan yanng terletak di Desa Pandak Daun, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu sungai Selatan. karena tempat nya yang cukup strategis, hanya di perlukan sekitar 45 menit dengan menggunakan Perahu atau Kelotok.

Meskipun tidak terdaftar di brosur Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagai salah satu Objek Wisata namun nyata nya Kalang Hadangan ini cukup terkenal. Karena banyak nya Tv swasta yang bergiliran meliput Kawasan Kalang Hadangan ini, menjadikan tempat ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan luar kota hingga wisatawan Mancanegara. selain itu, sekarang ini juga sudah banyak penyedia Jasa Travel yang menyediakan perjalanan wisata ke Kalang Hadangan.

Hadangan disini biasa berenang sepanjang hari, setiap pagi saat matahari mulai terbit mereka di giring dan di lepaskan ke lokasi tertentu untuk mencari makan dan setelah sore tiba mereka di giring kembali menuju Kalang mereka. Penggembala biasanya menggiring mereka dengan menggunakan Jukung (Perahu kecil) untuk menghalaunya ke tempat yang banyak rumput nya dan kemudian di tinggalkan seharian di tempat itu untuk mereka makan. setelah menjelang matahari terbenam, barulah mereka di giring kembali masuk Kalang. Kegiatan seperti ini rutin dilakukan oleh pengembala nya setiap hari.

Untuk anda yang ingin melihat langsung aktivitas Kerbau-kerbau rawa di Kalang Hadangan ini, berusahalah untuk datang ke Kalang hadangan pagi-pagi sekali saat matahari mulai terbit atau sore hari saat matahari mulai tenggelam. anda akan menemukan pemandangan yang luar biasa nanti nya, Pagi hari akan di temani Sunrise, sedangkan sore hari akan di temani Sunset. di tempat ini sangat bagus untuk menikmati kedua fenomena tersebut dan bahkan saat terjadi nya Gerhana Matahari, tempat ini menjadi salah satu tempat untuk melihat fenomena tersebut. Biasanya hadangan akan digiring keluar kandang sekitar jam 6 pagi dan baru masuk kandang kembali sekitar jam 5 sore.

Demikian 11 Tempat Wisata Hits Yang Ada di Kalimantan Selatan. Untuk mengetahui tempat wisata lainnya yang ada di Kalimantan Selatan silahkan kunjungi WisataKalimantan.com (Situs Terlengkap tentang Tempat Wisata, Seni Budaya & Kuliner khas Kalimantan).
loading...

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "11 Tempat Wisata Hits Yang Ada di Kalimantan Selatan"

Post a Comment

IBX584BE24776495