Tips Merawat SmartPhone Yang Benar

Ayied.net - Menjadi suatu kebanggan jika memiliki SmartPhone dengan desain yang menarik serta memiliki fitur-fitur yang mumpuni. Namun sangat di sayangkan jika SmartPhone kesayangan anda tidak terawat sehingga menyebabkan SmartPhone anda menjadi terlihat jelek atau bahkan cepat rusak. Sebelum semua itu terjadi sebaiknya Rawat SmartPhone anda dengan beberapa Tips yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber.

Tips Merawat SmartPhone Yang Benar

Sektor Body SmartPhone


Untuk pencegahan sebaiknya smartphone anda memakai pelindung, bisa dengan lather case ataupun flip case yang tentu nya akan melindungi semua sisi pada body smartphone anda. Untuk smartphone yang tidak mempunyai standar sertifikat IPx5 ataupun IPx6 yang berupa sertifikasi anti air, sertifikasi anti debu, sertifikasi anti banting dan lain-lain. Tentunya harus lebih berhati untuk menjaga smartphone anda tidak terkena air, tenggelam, dan terjatuh agar tidak mengalami keurusakan. Namun apabila smartphone anda memiliki sertifikat perlindungan anda bisa lebih bernafas lega apabila sampai melakukan kesalahan. Karena untuk smartphone yang memiliki sertifikat perlindungan akan tercover dengan garansi resmi apabila mengalami kerusakan.

Selain merawat dan meminimalisir kesalahan tersebut. Anda juga dapat merawat smartphone anda dengan cara membersihkan seluruh body secara rutin. Membersihkan body smartphone perlu dilakukan dengan hati-hati. Salah satunya dengan cotton bud yang sedikit dicelupkan ke larutan alkohol encer.

Tujuannya untuk membersihkan body smartphone dari debu dan kotoran kering yang melekat. Tidak disarankan untuk menggunakan pembersih rumah tangga atau disinfektan untuk membersihkan body smartphone sebab bisa menodai dan merusak smartphone anda.

Sedangkan untuk membersihkan lubang speaker dan port headphone bisa menggunakan tusuk gigi atau paperclip. Anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati agar tidak merusak bagian tersebut. Untuk membersihkan bagian casing, kamu bisa menggunakan campuran air dan cuka putih untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Jika anda tak yakin, pembersihan casing dari bahan logam juga bisa dilakukan dengan mengelap menggunakan air biasa agar perangkat tetap aman. Jika casing ponsel terbuat dari bahan kulit, anda bisa membersihkannya dengan pembersih kulit.

Sektor Layar

Layar adalah salah satu bagian paling penting dalam smartphone. Layar sentuh biasanya paling mudah kotor karena paling sering disentuh oleh jari-jari tangan anda. Penting bagi pengguna untuk membersihkannya secara efektif.

Salah satu cara yang disarankan adalah menggunakan kain microfiber dengan cairan air biasa agar lebih aman dan efektif dibandingkan cairan yang mengandung bahan kimia.

Caranya dengan mengelap layar satu arah dengan kain microfiber dan sedikit air. Jika telah selesai, jangan lupa menggunakan bagian kering dari kain untuk menghilangkan sisa air dari layar. Jangan lupa pula untuk mematikan smartphone jika anda membersihkannya dengan air untuk lebih aman nya.

Sektor Kamera, Speaker dan Tombol/Keyboard

Cara merawat smartphone di sektor kamera dan speaker juga merupakan bagian yang penting agar smartphone dapat menjalankan fungsinya sebagaimana perintah pengguna. Pada sektor kamera diharapkan pengguna menggunakan pelindung yang menjadi satu bagian pada pelindung body ataupun memberikan perlindungan kaca lensa kamera agar tidak terjadi goresan yang tidak diinginkan.

Sedangkan untuk sektor speaker merupakan sektor yang terpenting dalam kebutuhan berkomunikasi. Cara merawat speaker adalah dengan tidak menaruh smartphone dekat dengan medan magnet, sumber air maupun benda logam kecil lainnya yang dapat menempel pada speaker dan merusak speaker.

Tombol-tombol sendiri memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apabila digunakan secara terus menerus maka akan menurunkan fungi tombol itu maka dari itu anda dapat menggunakan cara lain untuk menggunakan tombol tersebut dengan jalan pintas contohnya.



Sektor Software

Cara merawat smartphone selanjutnya yaitu dengan cara menginstal aplikasi ataupun game yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi. Karena apabila anda menginstal aplikasi ataupun game banyak sedangkan spesifikasi smartphone anda tergolong kurang maka mengakibatkan lambannya kinerja smartphone anda. Anda juga harus lebih berhati-hati dalam menginstal aplikasi atau game pihak ketiga lainnya. Diluar store resmi terdapat banyak aplikasi modifikasi yang gratis yang mungkin ditanamkan malware ataupun virus. Untuk menanggulanginnya anda dapat menginstal aplikasi antivirus terpercaya ataupun lebih selektif dalam menginstal aplikasi diluar store resmi.

Sektor Baterai

Baterai juga merupakan bagian paling penting dalam smartphone. Baterai yang mempunyai fungsi memasok daya ke smartphone agar dapat digunakan haruslah dijaga dengan baik. Dengan melakukan isi ulang yang tepat pada saat baterai masih memiliki presentase yang cukup antara 10-15 %  dan melepas charger apabila baterai sudah dalam kondisi penuh adalah cara terbaik dalam merawat smartphone. Apabila pengguna sampai lalai dalam memperhatikan cara pengisian ulang maka akan mengakibatkan baterai cepat drop sehingga ketahanan daya baterai akan menurun bahkan bisa rusak. Selain itu anda juga tidak diperkenankan untuk menggunakan charger dari perangkat lain karena bisa saja perangkat lain memiliki output yang berbeda dengan intput power yang seharusnya smartphone minta.

Lain-lain

Selain cara-cara di atas, anda juga perlu memperhatikan suhu minimum dan maksimum untuk smartphone. Pastikan anda tak membawa smartphone ke tempat dengan suhu yang ekstrim. Misalnya tak sengaja memasukkan ponsel ke lemari es, menaruh ponsel di dekat kompor, dan lain-lain karena bisa memicu kerusakan permanen pada handset.

Terakhir, anda harus berhati-hati saat memegang smartphone, jangan sampai terjatuh lalu terbentur benda keras maupun masuk ke dalam air.

Demikian Tips Merawat SmartPhone Yang Benar. Jika ada yang mau menambahkan silahkan berkomentar, Terima Kasih.

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Tips Merawat SmartPhone Yang Benar"

Post a Comment

IBX584BE24776495