Tips Untuk Perokok Agar Tetap Sehat

Tips Untuk Perokok Agar Tetap Sehat

AyiedNet - Seperti yang kita ketahui bersama, Merokok adalah hal yang sangat merugikan untuk kesehatan tubuh kita. Namun tidak sedikit orang masih tetap merokok meski sudah menyadari hal-hal negatif yang akan terjadi di kemudian hari jika tetap merokok.

Pada dasarnya rokok yang bahan utamanya adalah tembakau mengandung beberapa zat yang dapat merugikan tubuh. Zat yang paling awam diketahui yaitu nikotin. Nikotin itu sendiri merupakan senyawa alkaloid (Zat yang berbahan dasar atom nitrogen). Nikotin tersebut sebenarnya bertempat pada akar tembakau, tetapi pada daun tembakau dapat ditemukan 0,6 – 3 % dari berat tembakau. Bahaya dari nikotin yaitu dapat meningkatkan resiko serangan jantung, karena zat racun yang terdapat dalam nikotin dapat mengeraskan pembuluh arteri serta penumpukan lemak padapembuluh arteri jantung. Nikotin yang terdapat di dalam rokok hanya membutuhkan waktu 7 detik untuk menyebar keseluruh tubuh dan sampai ke jantung.

Oleh karena itu alangkah baiknya apabila kegiatan merokok sebaiknya segera dihentikan. Apabila tidak dapat di hentikan secara cepat, ada beberapa solusi untuk perokok agar tetap sehat. Berikut adalah beberapa Tips Untuk Perokok Agar Tetap Sehat:

Air putih

Seperti yang kita ketahui banyak sekali manfaat dari air putih, di kutip dari buku The Miracle of Water, salah satunya fungsi air putih yaitu mengeluarkan racun dan nikotin yang terakumulasi dalam tubuh selama merokok.

Omega 3

Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Omega 3 dapat berfungsi mempebaiki fungsi paru-paru. Hal ini terbukti dengan adanya penurunan serum, tingkat lender dalam paru-paru serta perbaikan pada penderita gejala paru-paru kronis. Makanan yang banyak mengandung omega 3 antara lain kacang-kacangan (kacang merah, kacang hijau), makanan laut (ikan salem, ikan teri, ikan kerapu,udang, kepiting, kerang) dan sayuran hijau.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti septik dan anti bakteri dan juga dapat membantu saluran bronkial untuk menghilangkan zat-zat berbahaya dari paru-paru. Manfaat umumnya langsung terasa oleh perokok setelah mengkunsumsi jahe pernafasan jadi lega dan plong.

Cara terbaik untuk mengkunsumsi nya adalah dengan mengunyah sepotong jahe segar untuk membuka saluran pernfasan yang tersumbat.

Kedelai

Perbanyak mengkonsumsi produk yang terbuat dari kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai. Banyak mengkonsumsi makanan dan minuman dari kedelai dapat memperbaiki fungsi paru-paru dan mengurangi resiko sesak nafas. Peneliti dari jepang menemukan bahwa kandungan flavonoid yang terdapat dalam makanan kedelai dapat berfungsi sebagai anti-peradangan pada paru-paru serta dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang dapat menyebabkan kanker.

Bawang Putih

Menurut penelitian yang pernah di lakukan di Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention di China. Hasil riset menyebutkan rajin mengkunsumsi bawang putih minimal 2 kali seminggu dapat menurunkan resiko kanker paru sampai 44%.

Bawang putih sendiri di ketahui mengandung antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan mengandung senyawa allicin yang berfungsi untuk menghilangkan inflamasi dalam tubuh.

Antioksidan

Mengkonsumsi banyak antioksidan akan membantu anda dalam membersihkan paru-paru. Antioksidan dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayuran, contohnya apel, brokoli, wortel,buah bit dan lain sebagainya. Dalam sebuah penelitian orang yang mengkonsumsi buah apel 5 buah dalam seminggu paru-parunya berfungsi lebih baik disbanding yang tidak sama sekali.

Jeruk nipis

Setelah dianalisis air jeruk nipis dapat menurunkan kadar nikotin sebesar 70,65. Dan jeruk nipis ini merupakan alat bantu untuk berhenti merokok.

Metode 12 Jam

Mungkin sulit bagi seorang perokok untuk meninggalkan rokok selama 12 jam. Namun dalam selang waktu 12 jam tersebut ternyata tubuh baru memulai memperbaiki sistemnya. Kandungan Karbon Monoksida dan nikotin akan menghilang secara perlahan dan akan menghilang sama sekali dalam 2-3 hari apabila dalam jangka waktu tersebut anda tidak merokok sama sekali. Pada awalnya akan timbul rasa gelisah, emosi tidak menentu dan rasa lapar, itulah gejala dimana tubuh sedang membersihkan nikotin. Apabila anda bertahan untuk tidak merokok sampai 2 atau 3 minggu maka tubuh akan membersihkan paru-paru dan dalam jangka waktu 1-9 bulan kondisi tubuh akan kembali normal.

Demikian Tips Untuk Perokok Agar Tetap Sehat, namun akan lebih baik dan lebih sehat jika anda berhenti untuk merokok sepenuhnya. Semoga bermanfat.
loading...

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Tips Untuk Perokok Agar Tetap Sehat"

Post a Comment

IBX584BE24776495