Mengapa dan Bagaimana Cara Mengatasi Jam Tangan Yang Ber-embun

https://www.instagram.com/ayiedmr
https://www.instagram.com/ayiedmr
AyiedNet - Mungkin ada dari salah satu sahabat yang bertanya harapan saya mengapa blog butut ini tidak ada update dalam beberapa hari kemarin. Selain karena sibuk mengelola blog butut lainnya, saya juga di sibukkan karena kerjaan offline dunia nyata lainnya dan kebetulan beberapa hari kemaren saya mengikuti training yang di adakan perusahaan tempat saya bekerja.

Nah, demikian sedikit curcol saya yang tidak penting sebenarnya, hee. Sebenarnya kali ini saya akan berbagi pengalaman Mengapa dan Bagaimana Cara Mengatasi Jam Tangan Yang Ber-embun. Mungkin saja sahabat juga pernah mengalami dan menerka-nerka kenapa jam tangan kesayangan bisa ber-embun? Mari kita cari tahu penyebab dan cara mengatasi nya di artikel berikut ini.

Terjadi nya embun di dalam jam tangan karena terjadi uap air yang masuk ke dalam jam tangan, lalu terjebak di dalam jam. Munculnya embun juga dikarenakan akibat perbedaan suhu, antara suhu udara di dalam jam dengan suhu yang berada di luar jam tangan, sehingga uap air yang masuk menempel pada bagian dalam kaca jam.

Embun di dalam jam bisa menyebabkan korosi pada mesin jam tangan dan merusak kompononen-komponen penting pada jam tangan tersebut. Maka dari itu sebaiknya atasi dengan cara-cara berikut ini:


  1. Cara pertama adalah dengan cara menjemur jam tangan di bawah sinar matahari. Cara ini adalah cara yang paling cepat, karena cahaya matahari mengandung banyak unsur-unsur seperti UV. A, UV. B yang bisa mempercepat pengeringan, dan keringnya bukan hanya di luar, tetapi hingga ke dalam, sehingga lebih cepat proses pengeringannya. Cukup jemur sebentar saja, embun akan mulai menghilang.
  2. Cara kedua adalah dengan menggunakan hair dryer. Cara kedua ini termasuk cara paling efektif kedua, kalau misalkan embun muncul di sore atau malam hari tidak ada cahaya matahari, kita bisa menggunakan hair dryer. Namun perlu di ingat, ketika menggunakan hair dryer jangan terlalu dekat dengan jam tangan, karena hair dryer suhunya terlalu panas berbeda dengan cahaya matahari, jadi bisa merusak jam tangan tersebut.
  3. Cara ketiga dengan menggunakan panas dari lilin, tetapi jangan sampai menyentuh apinya ya, kalian sudah pasti tahu akibatnya jika terkena api nya.
  4. Cara ke empat bisa dengan menggunakan panas pada sisi laptop yang mengeluarkan semburan udara panas, taruh jam di sisi laptop yang menggeluarkan udara panas lalu tunggu. Dengan cara ini memang sedikit agak lama di bandingkan cara-cara di atas, namun cara ini juga efektif mengatasi embun di jam tangan kamu.
  5. Cara ke lima adalah dengan menggunakan penyerap air, seperti beras. Siapkan beras dalam sebuah wadah seperti toples, lalu rendam jam tangan di dalam beras dengan posisi menghadap ke bawah. Karena proses menggunakan beras ini lama sekitar 5-6 jam, jadi jam tangan harus menghadap ke bawah, supaya air tidak menetes pada mesin.


Demikian beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi embun di jam tangan kamu. dengan begitu jangan bingung dan khawatir lagi ya sahabat jika jam tangan kesayangan kamu mengalami embun di dalam jam nya.
loading...

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Mengapa dan Bagaimana Cara Mengatasi Jam Tangan Yang Ber-embun"

Post a Comment

IBX584BE24776495