Kebiasaan Kecil Ini Berbahaya Jika di Lakukan Setelah Makan

AyiedNet - Kebiasaan Kecil Ini Berbahaya Jika di Lakukan Setelah Makan

AyiedNet - Makan adalah kebutuhan pokok manusia. Setiap hari kita harus makan supaya kita mempunyai energi untuk beraktivitas. Idealnya menurut teori, manusia perlu makan 3 kali, namun ada juga yang hanya perlu makan 2 kali sehari, semua tergantung kebutuhan gizi masing-masing.

Saat aktivitas kita sedang padat, terkadang kita melupakan jadwal makan kita biasanya dan seharusnya. Dan kadang pula kita melakukan kebiasaan kecil setelah makan yang sebenarnya sangat berbahaya buat kesehatan kita. Apa saja kebiasaan kecil yang berbahaya jika di lakukan setelah makan? Berikut ulasannya:

1. Makan Buah
Kebiasaan kecil ini sering banget kita lakukan setelah makan sebagai cuci mulut katanya. Buah memang menyehatkan bagi tubuh, namun beda halnya jika dilakukan setelah makan. Karena memakan buah setelah makan dapat meningkatkan kecepatan pembusukan pada lambung, sehingga buah dan makanan itu tidak tercerna dengan baik.

Selain itu juga, kombinasi buah dan makan akan membuat gas, dan akan menyebabkan sering sendawa dan perut kembung.

2. Minum Teh
Teh hangat dan teh dingin sudah menjadi kebiasaan masyarakat indonesia pada umumnya untuk menemani santapan. Dan ternyata meminum teh saat atau setelah makan tidak di bolehkan karena minuman yang tak berbahaya ini dapat mengganggu penyerapan zat besi dan mineral yang memainkan peran penting dalam tubuh kita.

Karena itu, anak-anak, ibu hamil dan orang-orang yang menderita kurang zat besi harus menghindari minum teh setidaknya satu jam setelah makan.

3. Minum Air Dingin
Tidak ada ahli gizi yang menganjurkan untuk minum es setelah makan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh makanan yang tidak dapat dicerna akibat bertemu dan menggumpalnya sari makanan dengan air es. Sebaiknya ganti kebiasaan minum es setelah makan dengan minum air hangat. Selain menyegarkan, minum air hangat dapat membantu penyerapan sari-sari makanan lebih baik.

4. Merokok
Merokok juga menjadi salah satu kebiasaan masyarakat indonesia pada umumnya dan ternyata merokok setelah makan mempunyai bahaya sepuluh kali lipat lebih berbahaya dibandingkan saat merokok sehari-harinya. Hal ini disebabkan oleh peredaran darah yang meningkat setelah makan. Namun pada dasarnya, merokok tidak baik bagi kesehatan, maka sebaiknya berhenti lah merokok.

5. Berjalan
Banyak di antara kita yang percaya dengan pernyataan berikut “jika engkau berjalan 100 langkah setelah makan, sesungguhnya engkau akan menikmati kesehatanmu hingga usia 99 tahun.” Ini adalah pernyataan yang salah, dimana langsung berjalan setelah makan akan menyebabkan lemahnya proses pencernaan.

6. Mandi
Jangan mandi setelah makan, suhu tubuh kita akan sedikit. Untuk mengatasinya, tubuh mengirim sedikit lebih banyak darah ke kulit dibanding biasanya. Hal ini bisa merusak proses pencernaan dan memperlambat metabolisme. Waktu terbaik untuk mandi adalah 30 menit setelah makan.

7. Tidur
Mitos kalau tidur setelah makan bisa membuat gemuk sudah dibantah sejak lama. Namun, tidur dengan perut kenyang bisa menyebabkan heartburn atau rasa panas di dada, sendawa dan tingginya asam lambung. Apalagi sudah terbukti kalau kebiasaan tidur langsung setelah makan siang atau makan malam bisa meningkatkan risiko stroke. Para ahli sepakat kalau tidur sebaiknya dilakukan setidaknya 2 jam setelah makan.

8. Olahraga
Olahraga memang menyehatkan. Tapi para ahli tidak menyarankan berolah raga sesaat setelah makan. Alasannya bisa menimbulkan ketidaknyamanan seperti cegukan, mual, peningkatan risiko trauma dan kejang. Setidaknya kita harus menunggu sekitar dua jam setelah makan untuk berolahraga.

Nah, sebaiknya berhentilah melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil ini karena berbahaya jika di lakukan setelah makan, Semoga bermanfaat.
loading...

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Kebiasaan Kecil Ini Berbahaya Jika di Lakukan Setelah Makan"

Post a Comment

IBX584BE24776495