Tips Sehat Puasa Ramadhan

Tips Sehat Puasa Ramadhan

AyiedNet - Ramadhan tinggal sebentar lagi, Bulan yang penuh berkah dan hanya datang sekali dalam setahum ini sangat lah istimewa bagi umat islam yang di wajibkan berpuasa dalam sebulan penuh. Bagi yang tidak terbiasa, menahan haus dan lapar selama kurang lebih 12 jam adalah hal yang cukup sulit dan membuat badan menjadi lemas tak bertenaga. Sehingga tidak bisa melakukan kegiataan lainnya seperti biasa, Namun jika kamu menerapkan tips sehat berpuasa berikut ini, maka puasa mu akan berjalan lancar dan kegiataan-kegiataan mu juga tidak akan terhambat karena badan yang lemas.

Tips Saat Makan Sahur

1. Sahur di akhir waktu
Atur waktu kamu untuk menyantap sahur di akhir waktu. Selain berguna untuk menunjang puasa kamu di siang hari, makan sahur di akhir waktu juga lebih diutamakan berdasarkan sunnah.

2. Makan dengan porsi normal
Makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan. Fokuslah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran. Menyantap makanan yang mengandung banyak air selama sahur juga sangat baik agar tubuh kamu tidak kekurangan cairan selama berpuasa.

3. Minum air putih yang cukup
Sebelum waktu imsak tiba, minumlah air putih yang cukup, empat hingga lima gelas. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

4. Batasi makanan yang terlalu manis
Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena justru dapat membuat tubuh kamu lemas di siang harinya.

5. Minum susu
Akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh kamu dan agar lebih bertenaga saat siang hari nya.

Tips Selama Berpuasa 

1. Sempatkan istirahat siang hari
Sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh kamu di siang hari untuk mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu terbaik untuk istirahat adalah setelah sholat zuhur.

2. Sempatkan olahraga ringan
Jika memiliki waktu luang pagi atau sore hari, maka sempatkan lah untuk berolahraga ringan. Seperti bersepeda, yoga atau lari ringan sekitar komplek rumah kamu. Hal ini baik, untuk memperlancar peredaran darah kamu.

3. Jalan-jalan sore
Selain dapat membunuh waktu sore mu, sembari jalan-jalan kamu juga dapat membeli sesuatu untuk berbuka puasa.

Tips Saat Berbuka Puasa



1. Berbuka dengan kurma dan yang manis
Saat berbuka puasa, Sebaiknya ikuti sunnah dengan memakan buah kurma terlebih dahulu. Selanjutnya minum lah minuman yang manis-manis, seperti jus buah, atau sirup manis. Minumlah cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

2. Makan secukupnya jangan berlebihan
Setelah magrib, lanjutkan dengan menyantap hidangan utama, dengan menu yang seimbang. Makanlah sesuai dengan porsi kamu dan jangan berlebihan. Cukupkan dengan karbohidrat, protein, serta sayuran dan buah-buahan.

3. Hindari makanan pedas atau terlalu banyak mengandung lemak
Hindari makanan yang pedas, agar perut kamu tidak menjadi mules. Selain itu, hindari juga makanan yang terlalu mengandung banyak lemak. karena akan menggangu tenggorokan dan pencernaan tubuh kamu.

4. Minum air putih sebelum tidur
Cukupi lah kebutuhan air putih mu sebelum tidur, jika setelah berbuka puasa tadi kamu meminum 3 gelas air putih. maka sebelum tidur minumlah lagi 1 hingga 2 gelas air putih.

Semoga dengan tips-tips di atas, kamu yang terbiasa puasa dengan keadaan lemas dan tak bertenaga. Bisa menikmati puasa dengan berbagai kegiataan dan ibadah yang lancar pula.

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Tips Sehat Puasa Ramadhan"

Post a Comment

IBX584BE24776495