Surabaya Semakin Menginspirasi Melalui Industri Kreatif Digital

Monumen Surabaya

AyiedNet - Surabaya merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Timur. Surabaya yang terkenal dengan julukan Kota Pahlawan ini merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Sudah jelas bahwa Surabaya merupakan kota metropolitan yang terbesar di provinsinya.

Kesan positif akan kota yang satu ini tidak hanya sebatas itu. Pasalnya, Surabaya juga terkenal sebagai kota yang kaya akan industri kreatifnya. Hal ini pula yang membuat Surabaya semakin menggeliat ke permukaan dan menginspirasi banyak kota lainnya di Indonesia.

Apa Itu Industri Kreatif?

Disimpulkan dari Kementerian Perdagangan Indonesia, industri kreatif merupakan segala bentuk industri yang bersumber dari pemanfaatan kreativitas, keteramilan serta bakat individu yang bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Ada banyak sekali jenis industri kreatif yang bisa dikembangkan seperti di bidang periklanan, seni, desain, fashion, film, musik, kerajinan dan lain sebagainya.

Industri Kreatif Apa Saja yang Dikembangkan di Surabaya?

Jika kita harus membuat list mengenai semua industri kreatif yang dikembangkan di Surabaya, maka pembahasan ini mungkin akan sangat panjang. Pasalnya, ada banyak sekali jenis industri kreatif di Surabaya baik itu yang sudah maju maupun yang sedang dibangun.

Beberapa di antaranya adalah industri kreatif yang digagas pemerintah setempat yang bertajuk Kampung Binaan seperti Kampung Kue, Kampung Pernak-Pernik, Kampung Sepatu Osowilangun, Kampung Unggulan Bordir, Kerajinan Jahit Kreatif Karang Pilang, Batik dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula upaya dan perkembangan dalam bidang Tari, Game, Sinematografi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa Itu Industri Kreatif Digital?

Surabaya sedang mengepakkan sayap mereka menuju ke industri kreatif digital. Industri kreatif digital ini dapat dikatakan sebagai peluang bagi muda-mudi Surabaya untuk merintis bisnis yang menggunakan sistem teknologi dan informasi yang berbasis internet. Pemerintah pun telah merencanakan sebuah konferensi startup digital yang akan segera dilaksanakan.

Konferensi ini akan dihadiri oleh beberapa CEO besar seperti Google, Facebook, Instagram dan Intel. Wow, sungguh mengagumkan bukan? Tujuan dari konferensi ini pun tidak hanya bertujuan ekonomi tetapi juga memiliki tujuan yang lebih besar. Salah satu tujuan yang lebih besar ini adalah harapan akan didirikannya kampus Google di Suarabaya layaknya yang telah ada di beberapa negara lain. Dari sini, jelas terlihat bahwa Surabaya sedang berada diproses untuk menjadi pusat startup digital seperti Silicon Valley di Amerika Serikat.

Mengapa Surabaya Bisa Semaju Ini?

Inspirasi 60 Tahun Astra

Segala kemajuan dan perkembangan positif Suarabaya khususnya di bidang industri kreatif ini tentu tidak luput dari peran pemerintah setempat. Pemerintah Kota Surabaya sangat menyadari bahwa masa depan kota berada di tangan para generasi muda. Oleh karena itu, pemerintah mendukung penuh segala bentuk kreativitas warganya. Pemerintah juga rajin mengadakan pelatihan, workshop, serta mengikutsertakan pelaku industri kreatif pada sejumlah pameran di dalam maupun di luar Surabaya.

Kemajuan ini juga tidak terlepas dari peran Astra dan selaras dengan Inspirasi 60 tahun Astra. Astra telah banyak berkolaborasi dan memiliki peran penting dalam kemajuan Indonesia di segala bidang. Astra menggagas berbagai macam program dalam menjadikan Indonesia yang kreatif, sehat, dan cerdas. Pihak Astra juga semakin mendukung kemajuan Surabaya dan Indonesia melalui SATU Indonesia Berbagi yakni singkatan dari Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia.

Dari ulasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa Industri Kreatif Digital memang merupakan hal yang paling powerful yang akan membuat kota Surabaya semakin maju dan menginspirasi. Segala kemajuan ini juga tidak terlepas dari kerjasama pemerintah, pelaku bisnis serta pihak-pihak yang mendukung kemajuan Indonesia seperti Astra. Maju terus Surabaya, maju terus Indonesia.
loading...

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Surabaya Semakin Menginspirasi Melalui Industri Kreatif Digital"

Post a Comment

IBX584BE24776495