Ingin Tahu Kisaran Harga Sapi Kurban? Berikut Ini Perkiraannya!

Ingin Tahu Kisaran Harga Sapi Kurban? Berikut Ini Perkiraannya!

AyiedNet - Setiap tahun, perayaan Idul Adha dirayakan di tanggal 10 Dzulhijjah. Hari raya yang satu ini identik dengan adanya penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh seluruh umat muslim di dunia. Menyembelih hewan kurban ini bertujuan untuk ibadah karena memang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Selain bisa mendapatkan pahala, orang yang berkurban juga akan memiliki hati yang lebih bersih karena berkenan berbagi dengan sesamanya.

Dalam beribadah kurban ini, maka memilih hewan yang terbaik tentu saja diharuskan. Hal ini lantaran hewan yang dikurbankan tersebut adalah untuk keperluan ibadah sehingga wajib yang terbaik. Dalam berkurban, ada beberapa hewan yang diperbolehkan diantaranya unta, kambing, sapi hingga domba. Namun untuk Indonesia sendiri umum menggunakan sapi, kambing atau domba. Untuk kambing dan domba diperuntukkan untuk kurbannya 1 orang sedangkan sapi adalah untuk 7 orang.

Untuk keperluan berkurban, tentu sapi yang dipilih juga wajib yang sehat dan terbaik sehingga berkurban semakin total. Bagi kamu yang tahun ini ingin berkurban sapi, maka berikut ini beberapa tips memilih sapi terbaik:

Pilihlah sapi yang umurnya sudah mencapai 22 bulan. Kamu bisa bertanya kepada sang pemilik dan melihat catatan kelahiran sapi. Jika tidak, Kamu juga bisa mengecek dari giginya dimana di usia tersebut gigi susunya di bagian depan sudah tanggal.
Perhatikan kondisi fisik dari sapi tersebut, mata sapi yang sehat sangat jernih dan terlihat seolah berbinar dan tidak sayu.
Lihat juga semua lubang pada sapi tersebut, yaitu pada mulut, telinga, hidung hingga anusnya. Hindari memilih hewan yang bagian-bagian tersebut mengeluarkan darah atau cairan yang aneh.
Hewan yang sehat umumnya memiliki kulit serta bulu yang halus.
Perhatikan kembali bagian kuku dari sapi tersebut. Sapi sehat memiliki kuku yang bersih dan cerah sedangkan sapi yang sakit warna kukunya cenderung gelap.
Hindari membeli sapi untuk kurban di ternak yang dekat dengan tempat pembuangan sampah karena dikhawatirkan hewan tersebut makan dari tempat tersebut dan mengandung bahan berbahaya.



Setelah mengetahui cara menemukan sapi yang terbaik, selanjutnya kamu tentu penasaran dengan harga sapi kurban bukan? Berikut ini kisaran harga sapi untuk tahun 2017:

Sapi golongan A, harganya di kisaran Rp 13.000.000 dengan bobot kurang lebih 200 kg.
Sapi golongan B , harganya di kisaran Rp 14.500.000 dengan bobot kurang lebih 225 kg.
Sapi golongan C, harganya di kisaran Rp 16.000.000 dengan bobot kurang lebih 250 kg.
Sapi golongan D, harganya di kisaran Rp 17.500.000 dengan bobot kurang lebih 275 kg.
Sapi Super, harganya di kisaran Rp 22.500.000 dengan bobot kurang lebih 350 kg.
Sapi Super +, harganya di kisaran Rp 40.000.000 dengan bobot kurang lebih 500-700 kg.
Sapi Super ++, harganya di kisaran Rp 75.000.000 dengan bobot kurang lebih 800-1200 kg.

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Ingin Tahu Kisaran Harga Sapi Kurban? Berikut Ini Perkiraannya!"

Post a Comment

IBX584BE24776495