Wisata Pantai Terbaik yang Ada di Kalimantan Selatan

AyiedNet - Selain terkenal dengan wisata alam nya, Kalimantan Selatan juga terkenal dengan wisata pantai nya. Hal ini dikarenakan banyak nya pantai-pantai yang menyisir beberapa Kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan. Berikut AyiedNet mengulas beberapa Wisata Pantai Terbaik yang Ada di Kalimantan Selatan.

1. Pantai Gedambaan Sarang Tiung

Wisata Pantai Terbaik yang Ada di Kalimantan Selatan

Pantai Gedambaan Sarang Tiung memiliki air laut yang sangat bening kehijau-hijauan dengan latar belakang bukit-bukit yang menghijau. Dasar air laut yang dangkal dapat terlihat dengan mudah karena jernihnya air pantai Gedambaan. Pantai Gedambaan dipenuhi oleh pohon bakau yang tumbuh disepanjang pantai. Nampaknya umur pohon bakau disini rata-rata sudah tua. Ini bisa terlihat dari ukuran batang dan akar besar dari pohon bakau yang keluar dari permukaan tanah.

Pohon bakau dengan akar tunjang yang bercabang-cabang mampu tumbuh hingga mencapai 4 - 30 m dan tinggi akar sekitar 0,5 - 2 m yang keluar dari permukaan tanah. Diameter batang pohon bakau bisa mencapai 50 cm. Jika datang pada waktu yang tepat, maka anda bisa menemui perahu layar tradisional kecil yang berjajar sedang bersandar. Perahu layar ini biasanya digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan di laut.

Di pantai Gedambaan terdapat beberapa pondok yang dijadikan sebagai cottages. Cottages ini sangat sederhana dan bisa menampung sekitar 5 orang. Bangunan cottages berbentuk rumah panggung dengan dinding yang terbuat dari papan kayu yang disusun berjejer secara horizontal. Nampak cat kusam berwarna kuning yang digunakan untuk menutupi permukaan dinding kayu. Cottages ini mempunyai atap tumpang yang terbuat dari kayu dan dibiarkan dalam warna aslinya tanpa cat.

Cottages terhubung satu sama lain dengan jalan setapak yang terbuat dari paving blocks. Pengunjung dapat menyewa cottages dengan harga Rp 175.000 per malam. Selain cottages, tidak jauh dari pantai Gedambaan terdapat penginapan bintang 3. Kamar yang disediakan oleh penginapan ini berkisar dalam harga Rp 175.000 hingga Rp 300.000 per malam.

2. Pantai Pagatan

Wisata Pantai Terbaik yang Ada di Kalimantan Selatan

Pantai Pagatan adalah salah satu Pantai terbaik yang di miliki Kalimantan Selatan. Pantai yang berada tepat di pinggiran jalan trans Kalimantan ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah dengan hamparan pasir Pantai yang luas dan deburan ombak laut yang sangat bersahabat.

Pantai ini selalu ramai setiap hari nya, terlebih pada acara adat Mappanretasi yang selalu di gelar setiap tahun nya, di buka pada minggu pertama di bulan April dan berakhir di minggu terakhir di bulan April. Mappanretasi adalah Ritual Adat Khas Bugis. sebagai ungkapan rasa syukur atas melimpah nya hasil laut dan juga sebagai bentuk permohonan agar terhindar dari bahaya saat melaut.

Mappanretasi yang di gelar hampir sebulan penuh ini di isi dengan berbagai acara adat serta acara modern yang sangat menghibur. berbagai Tarian Adat di suguhkan selama perayaan Mappanretasi. Selain itu, Artis lokal sampai Artis Ibukota selalu di datangkan untuk memeriahkan acara ini.

Selama perayaan Mappanretasi, banyak terdapat toko-toko maupun warung yang menjual berbagai macam barang dagangan, dari toko pakaian, souvenir, alat rumah tangga, hingga warung makanan dan warung kopi pun juga ada.

Untuk fasilitas di Pantai Pagatan sudah cukup lengkap dan bagi Wisatawan yang ingin menginap di sini juga tersedia hotel-hotel atau pun losmen dengan harga yang cukup murah. Dan apabila Wisatawan tidak kebagian hotel atau pun losmen untuk menginap, masyarakat sekitar juga membuka pintu rumah nya untuk tempat menginap Wisatawan. ada yang berbayar dan ada yang sekedar cuma-cuma.

3. Pantai Takisung

Wisata Pantai Terbaik yang Ada di Kalimantan Selatan

Objek Wisata Pantai Takisung sangat Populer dan sangat ramai di kunjungi masyarakat Kalimantan Selatan, terutama warga Tanah Laut, Banjarmasin, Banjarbaru dan sekitar nya. Pantai Takisung memiliki panorama alam yang sangat indah, hamparan pasir pantai yang luas dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi, di tambah laut biru yang mempesona.

Pantai Takisung akan sangat ramai di kunjungi Wisatawan pada hari-hari libur besar. sepanjang pesisir Pantai akan di penuhi Wisatawan dan para pedagang dengan berbagai macam dagangan nya. Dari Pernak-pernik Khas Takisung, ikan kering hingga berbagai macam cemilan ringan.

Berbagai fasilitas juga sudah tersedia di Pantai ini, antara lain ada tenda yang bisa di sewa dengan biaya Rp. 50.000 per harinya, Payung  Rp. 25.000 per buahnya, Banana Boat Rp. 20.000 per orang dewasa/Rp. 15.000 untuk anak-anak dan ada juga motor racing mini yang bisa di sewa untuk berkeliling di pesisir Pantai Takisung dengan biaya Rp. 50.000 per setengah jam nya.

Selain itu, di Pantai ini juga banyak tersedia Kelotok yang siap mengantarkan Wisatawan berkunjung ke Pulau Datu. dengan setengah jam perjalanan, Wisatawan akan dapat menikmati suasana lain dari Pantai Takisung ini.

4. Pantai Batakan

Wisata Pantai Terbaik yang Ada di Kalimantan Selatan

Terletak di Desa Batakan, Kecamatan Panyimpatan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Pelaihari dan 125 km dari kota Banjarmasin.

Pantai Batakan menjadi tujuan utama para Wisatawan asal Banjarmasin dan sekitar nya yang ingin merasakan seru nya bermain-main dengan pasir pantai. selain itu Wisatawan juga bisa menikmati indah nya pemandangan Persawahan dan Perbukitan selama perjalanan menuju Objek Wisata Pantai Batakan.

Setelah puas dengan pemandangan Persawahan dan Perbukitan yang indah. Wisatawan akan di sambut dengan Tugu Batakan yang membelah jalan menjadi 2. Di sini anda bisa beristirahat sebentar untuk menikmati suasana alam nya yang hijau, dan jangan lupa untuk mengabadikan Pose terbaik anda.

Untuk masuk ke Objek Wisata Pantai Batakan, Wisatawan di wajib kan membeli tiket seharga Rp.20.000 per orang. dan jika anda merasa ragu berjalan sendirian menikmati pasir Pantai Batakan, anda bisa menyewa Pemandu Wisata yang ada di sini dengan biaya Rp.5000 saja.

Dan bagi Wisatawan yang mau menginap, di sini juga di sediakan Villa dengan harga terjangkau, mulai dari Rp.100.000 per malam. namun jika Villa-villa di sini sudah penuh, Wisatawan juga bisa menyewa tenda untuk berkemah di pesisir pantai nya.

5. Pantai Angsana

Wisata Pantai Terbaik yang Ada di Kalimantan Selatan

Pantai ini masih tergolong baru, sehingga sarana dan prasana nya pun masih dalam tahap pembangunan. di sekitar pantai memang sudah berdiri resort-resort yang tentu nya tarif menginap nya masih tergolong mahal. tapi anda tak perlu khawatir karena banyak juga rumah-rumah warga yang bisa di sewa per malam, dengan tarif sewa yang pasti jauh lebih murah.

Selain keindahan dan kebersihan Pantai nya yang membuat anda akan betah berlama-lama di sini, Pantai ini juga memiliki Terumbu Karang yang tidak kalah dengan Terumbu Karang yang ada di pantai-pantai lain nya.

Namun untuk melihat keindahan Terumbu Karang nya, anda di haruskan menyewa perahu dengan biaya Rp.350.000.00 di tambah biaya sewa jaket + kacamata renang Rp.35.000.00 per orang
dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dari bibir Pantai. selama perjalanan mata anda akan di manjakan dengan pemandangan laut biru nan indah dan juga anda akan melihat aktivitas para nelayan di sekitar bagang atau rumah ikan.

6. Pantai Kintap

Wisata Pantai Terbaik yang Ada di Kalimantan Selatan

Pantai yang berlokasi di Desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan ini adalah pantai yang tergolong masih baru, Namun Pantai Muara Kintap sudah menjadi tempat wisata masyarakat sekitar sejak dulu, bahkan setiap tahunnya di pantai ini rutin di adakan nya hiburan rakyat (orkes dangdut dan sebagainya) Namun hanya beberapa bulan belakangan ini pantai ini menjadi Hits dan Kekinian di Instagram dan media sosial lainnya, Hal tersebut karena ada nya Ayunan yang di buat oleh @karangtaruna_muarakintap.

Dengan ada nya Ayunan bertuliskan Muara Kintap dan Ayunan Jomblo, banyak wisatawan luar kota berdatangan untuk mengabadikan foto di kedua Ayunan tersebut.

Selain kedua Ayunan yang lagi Kekinian ini, wisatawan juga dapat menikmati keindahan pesisir pantai yang tidak kalah bagus nya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kalimantan.

Nah bagi anda yang mau ke Ayunan Pantai Muara Kintap sebaiknya gunakan GPS ( Gunakan Penduduk Sekitar) untuk bertanya. Karena jarak tempuh untuk ke pantai ini cukup jauh, dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan darat dari kota banjarmasin atau 150 km dan sekitar 11 km dari simpang 4 muara kintap. Namun jalan yang akan di tempuh sudah sangat bagus dan beraspal mulus.

Nah, demikian lah beberapa Wisata Pantai Terbaik yang di miliki Kalimantan Selatan. Jika kamu sedang berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan ragu untuk mencoba satu persatu pantai-pantai tersebut.
loading...

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Wisata Pantai Terbaik yang Ada di Kalimantan Selatan"

Post a Comment

IBX584BE24776495