Harga Kamera DSLR dan Tips Penyimpanannya Agar Lensa Tak Mudah Rusak

AyiedNet - Semakin banyak masyarakat yang belakangan ini menekuni bidang fotografi, baik itu sekedar hobby saja atau bisa diubah menjadi uang, artinya sebagai salah satu mata pencaharian mereka. Sejalan dengan hal tersebut maka tak bisa dipungkiri juga bahwa banyak diantara produk-produk kamera baru yang ditawarkan ke pasaran, dari berbagai vendor ternama. Salah satu yang tetap menjadi primadona adalah kamera DSLR, meskipun harga kamera DSLR ini terbilang cukup mahal. Namun bukan alasan, mengingat konsumen dapatkan banyak tawaran lebih dengan menggunakannya.

Kamera DSLR dan Tips Penyimpanannya

Kecanggihan kamera DSLR memang sangat tinggi, jauh lebih canggih dibandingkan dengan produk kamera yang lainnya, sehingga tak memungkiri, bahwa untuk membeli satu buah produknya kocek yang harus Anda keluarkan juga sangat besar. Sejalan dengan hal tersebut sebagai produk teknologi yang lainnya, maka kemungkinan kerusakan juga sangat tinggi. Apalagi ketika tidak dirawat secara benar. Salah satu bagian yang memang paling rawan mengalami kerusakan adalah dari segi lensa.

Lensa pada sebuah kamera apalagi jenis DSLR memang tergolong bagian yang sangat penting. Karena nantinya akan mempengaruhi kualitas gambar yang di jepret. Ketika bagian lensa ini mengalami kerusakan. Maka tak bisa dipungkiri juga bahwa uang atau biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya sangat tinggi. Jika melihat harga kamera DSLR sebenarnya yang paling mahal bukan bodynya, melainkan bagian lensa ini sendiri. Itulah mengapa jenisnya banyak sekali.

Salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan sehingga menyebabkan kerusakannya adalah penyimpanan yang salah, di tempat sembarangan sehingga potensi jatuh juga tinggi. Untuk itulah sebelumnya ketahui terlebih dahulu beberapa tips dalam menyimpan kamera dan juga lensanya berikut ini:

1. Taruh di tempat yang kering, hindari menempatkan kamera dalam kondisi yang lembab, karena udara yang mengandung air ini memiliki potensi untuk pertumbuhan jamur. Beberapa bagian yang sering kali ditumbuhi oleh jamur ii diantaranya adalah lensa bagian depannya. Untuk itu pastikan hanya menyimpan di tempat yang kering saja.

2. Ketika menyimpan lensa kamera pastikan dalam kondisi yang sudah tertutup rapat, diantaranya adalah dengan menempatkan penutup lensa tersebut, jangan sepelekan bagian yang satu ini, karena meskipun tampaknya sederhana, namun juga patut untuk Anda ketahui bahwa ia mampu untuk mencegah masuknya debu, debu yang sudah masuk ke dalamnya sangat sulit untuk dibersihkan.

3. Gunakan dry cabinet atau dry box, sebagian diantara Anda yang tinggal di kawasan pegunungan tentunya akan sangat sulit menemukan tempat yang bebas dari kelembapan, mengingat hampir semua ruangan memiliki kadar air yang tinggi sehingga jadi sangat lembab, kurang bagus untuk kamera dan beberapa perangkat elektronik yang lainnya. Untuk itu salah satu cara mengatasinya adalah dengan menyimpan kamera dalam dry cabinet ini.

4. Menggunakan silica gel dan juga kotak kelembapan udara, jika Anda tak memiliki dry cabinet ini, maka salah satu cara paling mudah adalah dengan menempatkan silica gel atau kotak kelembapan udara di dalam lemari yang dipakai untuk menyimpan kamera. Hal ini sangat efektif dalam menjaga udara di dalamnya tetap kering dan aman untuk kamera.

Sangat mudah, dengan cara penyimpanan yang benar, maka nantinya kamera juga jadi tetap awet. Harga kamera DSLR belakangan ini sudah banyak yang turun, bagi Anda yang ingin membelinya dan dapatkan harga murah, maka bisa cek secara mudah, salah satunya dari situs jual beli online.

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Harga Kamera DSLR dan Tips Penyimpanannya Agar Lensa Tak Mudah Rusak"

Post a Comment

IBX584BE24776495