Kesalahan yang Sering di Lakukan Pemula Ketika Memulai Bisnis

AyiedNet - Bagi seorang pemula, kesalahan memulai bisnis sangat susah sekali dihindari. Pasalnya seorang pemula dalam dunia bisnis belum terlalu banyak memiliki pengalaman serta pengetahuan megenai dunia bisnis. Sehingga sangat wajar jika seorang pemula melakukan berbagai macam kesalahan ketika menjalankan bisnisnya. Namun dengan menambah pengetahuan tentang kesalahan yang sering terjadi dalam memulai bisnis, tentunya mampu meminimalisir kesalahan sekecil mungkin. Dan pengetahuan tersebut bisa anda dapatkan pada artikel kali ini yang berjudul “Kesalahan yang seirng di lakukan pemula ketika memulai bisnis”.

Kesalahan yang Sering di Lakukan Pemula Ketika Memulai Bisnis

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemula dalam memulai bisnis:

1. Keinginan untuk segera memiliki keuntungan yang besar
Kesalahan pertama yang paling sering dilakukan oleh pemula adalah sebuah pemikiran atau pandangan untuk secepatnya mendapatkan untung yang besar. Padalah pemikiran hal tersebut tidak dibenarkan, bagi seorang pengusah yang professional tentunya lebih memilih untuk rugi diawal kemudian seiring berjalannya waktu barulah keuntungan menjadi salah satu targetnya. Karena memang salah satu tujuan berbisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

2. Kebiasaan terlalu sering mengeluh
Bagi seorang pemula, seharusnya menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk mencari terobosan baru atau inovasi terhadap produk dalam usaha yang dijalankannya. Bukan malah mengeluh terhadap segala kendala atau masalah yang terjadi pada bisnisnya. Seorang pengusaha yang memiliki mental sukses adalah tidak pernah mengeluh terhadap kendala yang ada, mereka akan mampu menjadikan kendala sebagai tantangan baru yang menarik untuk diselesaikan. Oleh sebab itu, bagi anda seorang pemula dunia bisnis maka hindarilah kesalahan ini.

3. Tidak fokus dan konsisten
Kesalahan memulai bisnis yang juga sering dilakukan oleh kebanyakan pebisnis pemula adalah kurang konsisten dan juga fokus. Seharunya anda tidak mudah terpengaruh dengan berbagai macam hal yang ada diluar. Sebagai contoh, ketika anda memiliki target untuk menjual produk dalam jumlah tertentu pada waktu yan telah ditentukan, maka anda harus konsisten mencapai target tersebut. Akan tetapi kebanyakan pemula memiliki tingkat kebosanan terhadap sesuatu yang cukup tinggi, sehingga fokus dan konsisten menjadi salah satu kendala yang sering menjadi kesalahan dalam memulai bisnis.

4. Minimnya dalam membangun komunikasi
Tidak jarang para pebisnis beranggapan bahwa dengan memiliki banyak karyawan, maka dirinya tidak perlu lagi melakukan komunikasi kepada pelanggan. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk mencari patner usaha yang baru dalam upaya mengembangkan bisnisnya. Padalah hal tersebut malah bisa membuat anda kurang dalam berinovasi. Karena salah satu faktor kita banyak memiliki ide dalam berinovasi adalah karena adanya komunikasi yang baik dengan para pelanggan.

5. Adanya keraguan dan perasaan takut dalam mengambil keputusan
Salah satu alasan kenapa pemula takut dan ragu dalam mengambil keputusan adalah karena meraka takut keputusan yang diambil nantinya tidak menguntungkan, takut terjadinya kegagalan dan semacamnya. Hal ini memang menjadi kesalahan yang sering sekali terjadi kepada  seorang pengusaha. Namun, jika anda merupakan orang yang ingin menjadi pengusaha yang sukses, maka haruslah memiliki mental tahan banting. Anda harus berani mengambil segala resiko terhadap keputusan yang anda ambil sehingga tidak ada lagi keraguan.

Dengan mengetahui kesalahan memulai bisnis, tentunya bisa membuat anda lebih waspada dan meminimalisir kesalahan. Bagi seorang pengusaha yang baru mulai tentu sangat sulit sekali menghindari kesalahan tersebut, akan tetapi dengan berjalannya waktu. Pasti mulai bisa mengindari segala kesalahan tersebut. Cukup sekian artikel yang bisa saya bagikan kepada anda semua, semoga memberikan banyak informasi yang berguna.

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

4 Responses to "Kesalahan yang Sering di Lakukan Pemula Ketika Memulai Bisnis"

  1. kalau saya seringnya ada di poin 3 mas, tidak fokus dan kurang konsisten maklum saya menangani hanya sendirian mulai dari jualan produk, bikin artikel untuk 3 blog, plus garap orderan pembuatan blog wordpress pagi kerja kuli bangunan pulang dah sore, efektive online hanya malam hari itupun kalau koneksi lagi lancar hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. banyak sekali ya mas kerjaannya. hee..

      Kalau sudah begitu memang susah untuk fokus, Tetapi mas sudah bisa konsisten. Konsisten kerja online nya tiap malam kalau koneksi lagi lancar :D

      Semangat trus mas bro :)

      Delete
  2. Betul sekali pak, terlebih lagi untuk kesalahan yang nomor 3, tetap fokus dan konsisten memang ujian yang paling besar setelah berani memulai, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata bapak juga mengalami hal yang sama seperti kebanyakan orang lainnya (termasuk saya, hee..) Saya rasa akan baik jika mencoba melatih nya terlebih dahulu dengan hal-hal yang kecil.

      Delete

IBX584BE24776495