Animasi, CGI, dan Sekolah Animasi di Indonesia

Animasi atau film animasi telah menjadi bagian dari industri hiburan yang sangat berkembang. Bibit-bibit muda potensial yang nantinya akan berkarir di bidang ini terus bermunculan. Sekolah-sekolah animasi pun berdiri di berbagai tempat.

Sekolah Animasi

Film animasi yang biasa masyarakat luas merupakan suatu hasil pengolahan gambar tangan menjadi gambar bergerak. Sebelum adanya bantuan teknologi komputer, film animasi biasa dibuat pada berlembar-lembar kertas gambar, berjumlah sangat banyak, kemudian di-”proses” sehingga muncul efek gambar bergerak.

Untuk proses pembuatan di atas bisa dikatakan merupakan proses konvensional. Proses ini membutuhkan waktu lama serta dana yang cukup mahal.

Proses yang kedua adalah secara digital. Untuk proses yang ini, waktu pembuatannya akan lebih cepat daripada cara konvensional. Namun, di zaman dimana teknologi berkembang sangat pesat, pembuatan suatu animasi juga dibantu dengan komputer.

Film animasi telah lama hadir dan pada awal kehadirannya, hanya berupa gambar hitam putih tanpa warna dan tanpa adanya pengisi suara. Durasinya pun singkat. Seiring berjalannya waktu, film animasi pun berwarna, durasi semakin panjang dan berbagai karakter di film itu pun bisa bersuara.

Pengisian suara pada film animasi dapat dilakukan pada saat sebelum atau sesudah animasi selesai dibuat. Atau dilakukan saat film masih dalam proses. Namun, film-film animasi yang berasal dari Jepang, pengisian suara justru dilakukan setelah film selesai dibuat.

Film animasi merupakan bagian dari industri film. Ada berbagai genre film di dunia. Namun kini film-film live action (film-film yang dimainkan oleh aktor maupun aktris) juga bisa digabungkan dengan animasi. Tentu saja ini dibantu dengan teknologi komputer.

Kamu mengenal kata CGI? Apa itu CGI?

Mungkin kamu yang menyukai film-film Hollywood akan sering menemui hal ini. Film-film dari negara Amerika Serikat ini memang banyak yang menggunakan teknologi ini. Perkembangan teknologi dan industri film negara itu memang telah berkembang sejak lama.

CGI adalah singkatan dari Computer-Generated Imagery. CGI dalam Bahasa Indonesia berarti pencitraan yang dihasilkan komputer; penggunaan grafik komputer, lebih tepatnya grafik komputer 3D, untuk special effect dalam film.

Tidak hanya di film, penggunaan CGI juga sering ditemukan dalam acara televisi dan iklan, serta media cetak.

Ada juga istilah computer animation atau animasi komputer. Pada dasarnya, animasi komputer merupakan penerus dari animasi frame-by-frame ilustrasi 2D dan seni animasi stop motion. Animasi komputer biasanya dilakukan dalam 24 atau 30 frames/second.

Teknologi kini telah berkembang pesat di berbagai negara dan penggunaan berbagai teknik untuk pembuatan animasi tentu bisa dilakukan oleh siapa pun. Industri film Indonesia juga mulai mengembangkan film animasi dan penggunaan teknik CGI di berbagai genre film.

Salah Satu Sekolah Animasi Terkemuka di Indonesia

Kamu yang mempunyai minat dan kemampuan dasar animasi bisa mengasahnya di sekolah animasi agar kamu mempunyai keterampilan yang cocok untuk industri film.

Salah satu sekolah yang bisa kamu pertimbangkan adalah SAE Institute Indonesia. Salah satu sekolah animasi di Indonesia ini menawarkan berbagai jurusan program yang bisa dipilih para calon siswa dimana salah satunya adalah program sarjana dalam bidang animasi.

Ada beberapa hal yang bisa didapatkan siswa selama belajar di sekolah animasi SAE, diantaranya menggambar, storytelling, pengetahuan tentang animasi 2D & 3D, prinsip animasi, prinsip-prinsip desain, dan masih banyak lagi terkait animasi.

Lalu apa lagi yang bisa kamu dapatkan di sekolah animasi ini?

Kamu bisa mempelajari standar industri animasi yang maju menggunakan berbagai perangkat lunak, seperti Autodesks 3DS Max, Maya, serta Adobe Creative Suite. Kamu juga bisa mengembangkan teknik efek visual dengan bekerja sama dengan para pembuat film.

Tidak lupa pula, kamu bisa memperoleh ilmu dari para veteran di industri ini. Tidak hanya film, kamu bisa bekerja bersama game developer untuk menghasilkan aset animasi untuk media interaktif. Dan masih banyak ilmu yang bisa dipelajari di sekolah animasi SAE.

Dengan segala fasilitas modern dan tenaga pengajar yang telah berpengalaman di industri terkait maka kamu tidak perlu ragu lagi mewujudkan mimpi kamu menjadi seorang animator hebat. Dengan belajar di sekolah animasi SAE Institute Indonesia, kamu bisa membantu mendorong kemajuan animasi Indonesia.

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Animasi, CGI, dan Sekolah Animasi di Indonesia"

Post a Comment

IBX584BE24776495