Anda Butuh Mobil Baru? Kenali Perbedaan Toyota Agya dan Toyota Calya

AyiedNet - Setelah sukses dengan produk Toyota Avanza, Toyota sebagai salah satu pabrikan mobil ternama telah meluncurkan dua varian baru. Keduanya adalah Toyota Agya dan Toyota Calya. Dua mobil tersebut memiliki spesifikasi dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing. Untuk itu, berikut adalah ulasan mengenai perbandingan antara dua varian mobil Toyota tersebut.

Toyota Avanza

Toyota Agya

Varian ini memiliki banyak keunggulan. Di antaranya harganya yang terbilang terjangkau. Ada 6 varian yang ditawarkan dengan kisaran harga 118 juta hingga 152 juta. Untuk mobil jenis LCGC sekelas Agya, harga tersebut boleh dibilang cukup setara dengan fasilitas yang ada.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin berukuran 999 cc. Meski tidak memberikan tenaga yang besar, mesin ini membawa keuntungan karena dapat menghemat pengeluaran bahan bakar. Dengan konsumsi bahan bakar yang irit tentu bisa lebih menjaga isi dompet.

Selain itu, bodi mobil Agya cukup ringan. Bodi mobil ini terbuat dari campuran alumunium dan rangka besi dengan mengusung konsep Body Structure Reinforcement. Dengan  konsep ini bodi mobil jadi lebih tahan benturan. Namun, berhubung berat yang tidak cukup proporsional sebaiknya mobil ini tidak dipacu dalam kecepatan tinggi saat keadaan kosong tanpa penumpang.

Agya juga menyediakan aneka fitur yang menarik, terutama dalam fitur keamanan. Fitur keamanan semacam SRS Airbags, Power Steering, dan Alarm Setting 5 Mode melengkapi mobil ini. Terdapat pula ISOFIX sebagai jok yang dirancang khusus untuk menunjang keamanan.

Meski demikian, Agya juga memiliki kelemahan. Misalnya saja bobotnya yang terlalu ringan yakni hanya sebesar 746 kg. Bobot tersebut membuat mobil ini kurang cocok dibawa dalam kecepatan tinggi. Jika dipaksakan mobil akan terasa kurang nyaman dan oleng. Tarikan pada mobil ini juga tergolong lambat. Untuk mencapai kecepatan 100km/jam saja diperlukan waktu sekitar 14 detik.

Toyota Calya

Setelah Agya, Calya juga tak dapat dipandang remeh. Sejumlah kelebihan ditawarkan varian ini. Salah satunya ruang kabin yang lega sehingga mampu menampung lebih banyak menumpang. Harga mobil ini juga tergolong murah. Menurut harga Toyota terbaru di situs mobiloka harga termurah mobil ini di angka 120 juta dengan varian tertinggi seharga 152 juta.

Fitur pada varian mobil satu ini lumayan lengkap. Ada Power Window di keempat pintu yang dapat dikendalikan dari pintu pengemudi, Electric Mirror, Head Unit 4 Speaker tersambung USB, Eco Mode, dan sejumlah fitur lainnya.

Untuk fitur keselamatan Calya juga unggul. Sebagai mobil berharga murah mobil ini sudah dilengkapi fitur dual Airbags, rem ABS, rem depan cakram, jok ISOFIX, immbobilizer, dan beberapa fitur penunjang keselamatan yang lain. Bagasi yang lega dan mudah ditempati barang-barang semakin menambah keunggulan Toyota Calya.

Adapun kekurangan varian ini antara lain desain tempat duduk yang kurang nyaman. Sebab, posisi duduk tidak bisa ditinggikan, demikian juga posisi setir dan sabuk pengamannya. Mobil ini juga hanya dapat menggunakan BBM RON 92 atau lebih yang harganya lebih mahal.

Material penyusun interior mobil ini juga kurang bagus. Sebab, hanya tersusun dari bahan plastik murah dan desain-nya pun cenderung seadanya. Selain itu, bodi mobil ini juga tipis dan ukuran ban yang dimilikinya terlalu kecil.

Demikianlah ulasan terkait perbandingan antara dua produk Toyota, Agya dan Calya. Bagi Anda yang sedang memburu mobil baru ada baiknya mengenali spesifikasi dua mobil di atas guna mengetahui keunggulan dan kelemahan masing-masing. Secara umum keduanya termasuk mobil berkualitas bagus. Meski begitu, tentu Anda bisa memilih di antara dua mobil tersebut sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Anda Butuh Mobil Baru? Kenali Perbedaan Toyota Agya dan Toyota Calya"

Post a Comment

IBX584BE24776495