7 Ciri-ciri Gejala Tipes Ringan dan Cara Mengatasinya

Tipes sama sekali bukan penyakit ringan. Pada fase awal, gejala yang ditimbulkan mungkin akan terlihat seperti penyakit lainnya. Namun, bila penyakit ini tidak segera diobati, bisa  mengakibatkan penderitanya harus melakukan rawat inap di rumah sakit. Maka, Anda harus mengenali 7 ciri-ciri gejala tipes ringan di bawah ini beserta cara mengatasinya.


Ciri-ciri Tipes


1. Demam
Salah satu tanda bahwa Anda mengalami gejala tipes ringan adalah demam tinggi. Demam menjadi gejala sakit tipes yang khas dan kerap terjadi. Pada gejala lanjutan, demam yang naik turun bisa saja terjadi.

2. Gangguan Pencernaan
Ciri-ciri lain yang menandakan bahwa seseorang mengalami gejala penyakit tipes adalah gangguan pencernaan. Tipes acapkali menyerang sistem pencernaan, bakteri penyebab tipes menginfeksi usus, sehingga penderita akan mengalami gangguan pencernaan seperti diare.

3. Kehilangan Nafsu Makan
Gejala-gejala sakit tipes seperti demam, pusing, dan diare membuat penderita kehilangan nafsu makan. Selain bisa membuat penderita kehilangan banyak berat badan dan semakin lemah,  kehilangan nafsu makan juga bisa menyebabkan sistem pencernaan terganggu.

4. Pusing atau Sakit Kepala
Ciri-ciri tipes selanjutnya adalah pusing atau sakit kepala. Bakteri S. typhi yang menginfeksi penderita mengakibatkan peradangan yang parah terhadap tubuh, sehingga tubuh memproduksi sejenis protein yang disebut histamin. Protein inilah yang menimbulkan kontraksi otot dan pembuluh darah di otak, sehingga menyebabkan rasa sakit pada kepala.

5. Nyeri Otot dan Pegal-pegal
Di samping sakit kepala, penderita tipes biasanya mengalami nyeri otot dan rasa sakit menyeluruh di seluruh tubuh. Gejala ini kerap terjadi meskipun penderita tidak melakukan aktivitas berat dan melelahkan. Gejala ini akan sangat mengganggu, sehingga penderita akan mengalami susah tidur.

6. Munculnya Bercak-bercak Merah di Kulit
Bercak-bercak atau bintik-bintik merah yang muncul di kulit ini sedikit mirip dengan gejala demam berdarah. Gejala ini muncul karena terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Maka ketika gejala tersebut mulai terjadi, sebaiknya Anda harus mulai berhati-hati.

7. Melambatnya Denyut Nadi
Gejala penyakit tipes ringan berikutnya adalah melambatnya denyut nadi. Pada umumnya, orang yang demam biasa akan mengalami peningkatan denyut nadi. Akan tetapi, pada penderita sakit tipes ringan, denyut nadi justru mengalami perlambatan. Gejala ini diakibatkan oleh racun dari bakteri yang menginfeksi tubuh penderita.

Penderita yang mendapatkan perawatan kebanyakan tidak mendapatkan kesembuhan dalam kurun waktu yang cepat. Maka, perawatan rumahan perlu dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan. Berikut cara-cara mengatasi gejala penyakit tipes ringan agar tidak berlanjut ke tahap sakit tipes yang lebih parah.

1. Konsumsi Air yang Cukup
Untuk mencegah dehidrasi, penderita penyakit ini harus mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan air yang cukup juga akan membantu tubuh mendapatkan stamina kembali dan mempercepat kesembuhan.

2. Hindari Makanan Pedas
Salah satu pantangan bagi penderita tipes adalah makanan pedas, terutama makanan yang mengandung cabai. Maka, penderita harus mengindari konsumsi makanan yang bercabai, atau berbagai makanan yang mengandung santan. Karena, makanan tersebut akan memperburuk sistem pencernaan.

3. Menjaga Asupan Makanan
Asupan nutrisi sangat penting untuk membantu memulihkan penderita yang mengalami gejala tipes ringan. Penderita sebaiknya mengonsumsi bubur dengan tambahan sayuran agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan
Sanitasi yang buruk menjadi faktor utama terjadinya penyakit tipes. Sanitasi yang rendah serta air bersih yang ketersediannya kurang menyebabkan penularan penyakit ini kerap terjadi. Maka dari itu, menjaga lingkungan agar tetap bersih sangat penting untuk dilakukan agar tidak terjadi penularan.

5. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Sebelum Makan
Selain menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kebersihan diri sendiri juga sangat penting untuk dilakukan. Mencuci tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas menggunakan sabun Lifebuoy dan air yang mengalir perlu dilakukan untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh melalui tangan kotor dan kontak mulut.

Demikian penjelasan mengenai 7 ciri-ciri gejala tipes ringan beserta cara mengatasinya. Salah satu hal yang sering terlupakan dan dianggap sepele adalah mencuci tangan menggunakan sabun. Padahal, hal itu sangat penting dilakukan agar penyebaran infeksi bakteri tidak terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "7 Ciri-ciri Gejala Tipes Ringan dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

IBX584BE24776495