Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-Pecah yang Tepat

Mempunyai bibir yang sehat pastinya impian setiap orang. Namun, tak jarang sering terjadi hal mengganggu pada bibir seperti kering dan pecah-pecah. Nah, sebelum hal ini menganggu penampilanmu, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang tepat serta menghindari segala penyebabnya. Bagaimana caranya?

Bibir Kering


Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Kamu harus tahu, bibir berbeda dengan bagian kulit yang lainnya. Bibir tidak memiliki melanin atau pigmen yang mampu melindungi kulit dari berbagai bahaya dari luar seperti sinar matahari. Hal ini bisa menyebabkan bibir kamu lebih mudah kering dan pecah-pecah karena kelembapannya yang hilang.

Ada berbagai penyebab yang mengakibatkan bibir kamu kering adan pecah-pecah. Salah satunya adalah kebiasaan bernapas lewat mulut. Bernapas melalui mulut dapat membuat bibir kering karena kehilangan kelembapannya. Selain itu, kebiasaan menjilat bibir juga bisa menyebabkan bibir kamu kering dan pecah-pecah.

Kamu mungkin menjilat bibir untuk mengurangi kekeringan pada bibir, tapi sebenarnya itu salah. Menjilat bibir hanya akan membuat bibir melembap dalam waktu singkat. Malah, menjilat bibir akan lebih cepat membuat bibir kering. Penyebab lain yang menyebabkan bibir kering adalah enzim.

Enzim pada cairan ludah berfungsi memecah zat gizi pada makanan. Nah, enzim dalam air ludah ini juga bisa membuat bibir kamu kering. Kebiasaan terakhir yang bisa menyebabkan bibir kamu cepat kering dan pecah adalah kekurangan gizi. Bibir yang kekurangan asam folat dan ribflavin dan Vitamin B2 akan lebih cepat kering dan dehidrasi.

Cara Mengatasinya
Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, lalu bagaimana cara mengatasinya? Sebenarnya cara mengatasinya tidaklah terlalu sulit. Salah satunya adalah dengan tidak menjilat bibir. Cara lainnya, minumlah banyak air putih. Ini adalah salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan.

Dengan minum air putih yang banyak, kekurangan cairan dalam tubuh yang juga dapat membuat bibir kamu kering dan pecah-pecah juga bisa teratasi. Setidaknya, minumlah air putih 8 gelas sehari untuk mencukupi kebutuhanmu. Cara berikutnya, kamu bisa menggunakan lip balm.

Lip balm biasanya mengandung banyak zat yang mampu melembapkan bibir seperti petroleum, beeswax dan lainnya. Menggunakan lip balm bisa melindungi bibir kamu dari berbagai penyebab bibir kering seperti sinar matahari dan angin. Salah satu produk lip balm yang bisa kamu pakai adalah Vaseline seperti Vaseline Repairing Jelly.

Cara lainnya, kamu bisa mencoba menggunakan lipstik yang sesuai. Hindari lipstik yang memiliki kandungan alkohol karena cenderung membuat bibir lebih cepat kering dan pecah-pecah. Menggunakan lipstik dengan kandungan alkohol akan membuat kelembapan bibir kamu cepat menguap.

Sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah? Kamu bisa menghindari berbagai penyebabnya dari sekarang! Salah satunya dengan menggunakan produk pelembab seperti Vaseline. Vaseline mengandung berbagai zat yang baik seperti petroleum jelly yang sangat bagus untuk bibir dan kulit kamu.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-Pecah yang Tepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel