Pinjaman Uang Tanpa Syarat Agunan

AyiedNet - Pinjaman dana konvensional di lembaga perbankan maupun lembaga keuangan lain biasanya akan mensyaratkan barang jaminan atau agunan. Barang ini bisa berupa elektronik, kendaraan bermotor maupun surat-surat berharga seperti sertifikat tanah. Besarnya dana pinjaman nantinya akan didasarkan pada perkiraan harga barang jaminan tersebut. Makin tinggi taksiran harganya, maka akan makin besar juga dana pinjaman yang diberikan. Setelah mendapat dana pinjaman, kita harus mengangsurnya sesuai tenggat waktu yang diberikan. Jika kita gagal melunasi pinjaman secara tepat waktu, maka konsekuensinya adalah barang jaminan akan disita oleh pihak bank. Kebijakan ini mungkin akan sedikit memberatkan kita, apalagi karena selama dana pinjaman belum lunas, maka barang jaminan akan tetap ditahan oleh pihak bank.

Pinjaman Uang

Alternatif bagi kita yang menginginkan pinjaman uang tanpa syarat barang jaminan ini adalah mengajukan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Produk KTA bisa dengan mudah ditemukan di hampir semua bank. Bahkan, KTA telah jadi salah satu produk unggulan yang banyak disukai nasabah. Hal ini tak lepas dari mudahnya persyaratan ajukan KTA. Terutama adalah kita tak perlu memberikan barang jaminan atau agunan dalam bentuk apapun. Dokumen yang perlu dimasukkan dalam berkas aplikasi juga lebih sederhana dan ringkas. Di antaranya adalah fotokopi KTP, KK, slip gaji, rekening koran dan NPWP. Dengan tidak perlu memberikan barang jaminan, barang-barang berharga kita bisa tetap aman tanpa khawatir akan disita.

Walau demikian, tetap ada kekurangan dari pinjaman satu ini. Di antaranya adalah tenor yang lebih singkat, bunga yang lebih tinggi dan plafon pinjaman yang lebih terbatas. Pihak pemberi pinjaman tentu tak mau dirugikan dengan tidak adanya barang jaminan dari peminjam dana. Oleh karena itu, diberlakukan aneka peraturan dan persyaratan yang berbeda antara pinjaman tanpa agunan dan pinjaman konvensional yang menggunakan barang jaminan. Plafon pinjaman takkan mencapai ratusan juta seperti halnya pinjaman konvensional, namun hanya sampai di angka beberapa juta saja. Bunga yang ditetapkan juga lebih tinggi, demikian dengan biaya-biaya lain.

Kredit cepat tanpa agunan ini bisa dimanfaatkan untuk aneka tujuan. Mulai dari modal usaha dan keperluan mendesak lainnya. Karena tidak ada barang jaminan yang disyaratkan, akan lebih mudah bagi kita dalam mengajukan berkas pinjaman dan mendapat dana yang dibutuhkan. Tidak heran apabila produk ini jadi unggulan di beberapa bank serta dipilih banyak nasabah. Pinjaman tanpa jaminan makin disukai karena persyaratan yang mudah dan tata cara yang juga memudahkan nasabah dalam mengambil pinjaman ini. Prosesnya terbilang cepat mulai dari pengajuan aplikasi peminjaman sampai dengan pencairan dana. Ada bank yang bisa mencairkan dana pinjaman ini hanya dalam waktu 1 hari saja.

Kita bisa memilih produk pinjaman tanpa agunan ini apabila tengah membutuhkan dana dalam waktu yang mendesak dan tidak mau menjaminkan barang apapun. Yang terpenting, selalu ingat untuk lunasi pinjaman dana tepat pada waktunya untuk menghindari biaya keterlambatan. Semakin sering menunggak pembayaran tentu akan memperbesar biaya tambahan yang dikenakan. Belum lagi cicilan bulanan dan biaya administrasi yang dikenakan di muka. Teliti lagi apakah kita benar-benar membutuhkan dana pinjaman itu atau tidak. Ajukan pinjaman hanya apabila kita sungguh-sungguh membutuhkannya agar terbebas dari tumpukan hutang. Demikian ragam informasi seputar pinjaman tanpa agunan yang bisa kita pilih sebagai salah satu cara memenuhi kebutuhan mendesak akan keuangan.

0 Response to "Pinjaman Uang Tanpa Syarat Agunan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel