Selain Sepatu Pantofel Pria, Kenali 5 Jenis Sepatu Formal Lainnya yang Tidak Kalah Keren!

AyiedNet - Bicara tentang fashion pria, memang tidak sebanyak kaum hawa karena memang secara atribut, laki-laki lebih sedikit jika dibandingkan dengan wanita. Namun begitu, bukan berarti masalah penampilan tidaklah penting bagi seorang pria. Justru saat ini, pria dengan penampilan yang rapi dan trendi sangat menarik di mata wanita.  Oleh sebab itu, diperlukan keselarasan antara pemakaian busana dengan lainnya misalnya sepatu.

Penggunaan sepatu terkadang menjadi sesuatu yang penting dan tidak bisa dianggap sepele. Contohnya saja saat hendak wawancara kerja, menghadiri acara formal dan lainnya. Pada momen seperti ini, memakai sepatu dianggap lebih pas ketimbang menggunakan sendal. Untuk itu, penting bagi pria memiliki setidaknya 1 atau 2 jenis sepatu formal seperti sepatu pantofel pria. Sebenarnya, selain sepatu pantofel pria, ada beberapa jenis sepatu formal lainnya, yaitu:

Monk Strap

Monk Strap
Sumber foto: 3dmlifestyle.com
Bagi pria yang menyukai hal sederhana dan tidak mau repot, memilih jenis sepatu formal dengan jenis Monk Strap bisa jadi cocok. Monk Strap adalah jenis sepatu formal yang unik karena pada bagian depannya menggunakan strap lebar yang bisa dibuka tutup dengan mudah. Sepatu ini tentunya sangat praktis dipakai. Dari segi desain, sepatu Monk Strap cukup unik namun menarik.

Oxford Shoes

Oxford Shoes
Sumber foto: indiamart.com
Salah satu jenis sepatu formal yang banyak dicari selain sepatu pantofel pria.  Desainnya yang casual dengan bahan luar berupa kulit menjadikan sepatu jenis Oxford memang menarik dan cocok digunakan untuk berbagai keperluan acara penting, mulai dari pergi ke kantor, acara pertemuan hingga acara pesta, bisa menggunakan sepatu Oxford. Salah satu ciri khas dari Oxford Shoes adalah bagian facing yang dijahit pada bagian bawah vamp sehingga menjadikannya sangat pas untuk bentuk kaki pemakai sepatu.

Chukka Boots
Chukka Boots
Sumber foto: nisolo.com
Dibandingkan dengan kedua jenis sepatu sebelumnya, sepatu Chukka Boots dilihat dari segi bentuk memang lebih tinggi pada bagian atasnya, bahkan bisa mencapai mata kaki. Pada bagian depan terdapat sekitar 2-3 lubang tali sehingga memberi kesan elegan. Nyaris minim jahitan dan menggunakan konstruksi open lacing. Sepatu jenis ini seringkali memakai bahan suede untuk bagian luarnya. Sepatu Chukka Boots dapat digunakan pada acara formal maupun untuk acara yang lebih santai.

Loafer Shoes
Loafer Shoes
Sumber foto: indiamart.com
Di awal kemunculannya, Loafer Shoes sebenarnya lebih sering dipakai untuk sepatu santai atau casual, namun seiring perkembangan zaman, saat ini banyak yang menggunakan Loafer Shoes untuk dipakai sebagai salah satu sepatu formal misalnya untuk digunakan pergi kerja. Hadir dengan bentuk yang simple tanpa tambahan tali atau strap. Untuk memperindah tampilan sepatu khususnya bagian depan, sepatu Loafer diberi tambahan ornament berupa hardware metal serta bagian depannya dibuat sedikit tinggi. Para businessman dan pengacara di Amerika banyak yang memilih jenis sepatu ini untuk melengkapi penampilan mereka saat bekerja.

Derby Shoes

Derby Shoes
Sumber foto: aliexpress.com
Sepintas, jenis sepatu formal Derby terlihat mirip dengan Oxford shoes, bahkan bagi yang awam akan mengira bahwa ini adalah sepatu yang sama. Namun, setelah diamati secara seksama terdapat perbedaan terutama pada bagian letak facing. Jika pada Oxford Shoes facing dilakukan dibagian bawah vamp, maka Derby shoes facing diletakkan di atas vamp. Konstruksi sepatu Derby yang menerapkan open lacing membuat fit terasa lebih longgar di kaki.

Nah, itu tadi 5 jenis sepatu formal yang bisa dipilih selain sepatu pantofel pria. Tentunya, pemilihan jenis sepatu formal bisa disesuaikan dengan kebutuhan, selera dan keselarasan busana yang dikenakan. Semoga info fashion ini bermanfaat.












Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "Selain Sepatu Pantofel Pria, Kenali 5 Jenis Sepatu Formal Lainnya yang Tidak Kalah Keren!"

Post a Comment

IBX584BE24776495