Cara Menghilangkan Luka Bakar yang Aman dan Cepat

AyiedNet - Luka bakar bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti terkena air panas, knalpot sepeda motor, api dan masih banyak lainnya. Luka ini akan meninggalkan bekas dan terkadang sulit dihilangkan. Saat terkena luka kamu tidak bisa membiarkan begitu saja. Harus diberikan pertolongan pertama segera mungkin, sehingga luka tidak semakin parah dan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Cara Menghilangkan Luka Bakar

Jenis - Jenis Luka Bakar

Luka terbakar memiliki ciri warna kulit yang lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya. Selain itu muncul kemerahan dan warna pigmentasi tidak merata. Tekstur kulitnya pun terlihat tebal dan keras, berbeda dengan kulit normal lainya. Jenis luka terbakar dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu:

•    Luka tingkat pertama mengalami kerusakan dibagian lapisan kulit terluar. Ditunjukan dengan gejala kulit sakit dan kemerahan. Luka ini biasanya akan sembuh dalam waktu satu minggu dan tidak meninggalkan bekas terlalu besar.
•    Luka tingkat dua terjadi pada kulit terluar sampai lapisan dermis. Kulit terlihat melepuh, kemerahan dan terasa sakit. Proses penyembuhannya membutuhkan waktu lebih lama dan menimbulkan bekas.
•    Luka tingkat tiga merupakan luka yang paling parah.kerusakaannya bisa mencapai otot, tulang dan saraf. Kulit yang terluka bisa berubah menjadi hitam atau putih. Proses penyembuhannya lebih lama dan meninggalkan bekas.

Cara Mengatasi Luka Bakar Dengan Aman dan Cepat

Untuk menyembuhkan luka bakar, kulit akan memproduksi kolagen. Sehingga luka tertutup dan kering. Untuk mempercepat proses tersebut, Kamu bisa melakukan penanganan sendiri antara lain:

•    Dibersihkan dengan aliran air
Ketika terkena luka terbakar, segera bersihkan dengan air mengalir. Cara ini hanya bisa dilakukan pada luka tingkat 1 atau tingkat 2. Alirankan air di sekitar kulit yang terbakar selama 20 menit. Kemudian bersihkan dengan sabun dan bilas lagi dengan air bersih. Jangan tempelkan es batu di area terbakar, karena bisa merusak jaringan kulit dan membuat bekas semakin parah. Lebih baik kompres dengan air dingin, ini bisa mempercepat kulit menghasilkan kolagen. Selain itu jangan tempelkan kapas di luka terbakar, karena bisa menimbulkan infeksi.

•    Wonder Jelly Vaseline
Untuk mempercepat proses regenerasi kulit, Kamu bisa menggunakan vaseline repairing jelly original. Wonder jelly akan membuat kulit tetap lembab. Luka terbakar bisa cepat sembuh dan kering. Selain itu tidak menimbulkan bekas, kulit lebih halus dan warna kulit tersamarkan. Vaseline wonder jelly tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga aman digunakan.

•    Gel Lidah Buaya
Gel lidah buaya sangat efektif menyembuhkan luka bakar tingkat 1 atau tingkat 2. Gel lidah buaya akan melancarkan sirkulasi darah, anti inflamasi, menghambat pertumbuhan bakteri dan menenangkan luka. Sehingga proses penyembuhan luka lebih cepat. Luka bisa lebih cepat kering dan tidak meninggalkan bekas. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya yang diambil dari tanaman lidah buaya asli. Atau gel lidah buaya yang kini banyak dijual di pasaran. Oleskan secara teratur setiap harinya 2-3 kali sehari, sampai luka kering dan sembuh.

•    Masker Air Lemon dan Tomat
Campuran kedua bahan alami ini juga bisa menyembuhkan luka terbakar. Kandungan vitamin c yang tinggi, bisa membuat kulit menghasilkan sel kolagen lebih cepat. Vitamin c juga bisa membuat kulit cepat kering dan bebas iritasi. Campuran kedua bahan tersebut, kemudian oleskan merata di luka terbakar.

Langsung lakukan pertolongan pertama pada luka bakar, sehingga tidak meninggalkan bekas yang parah. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghilangkan Luka Bakar yang Aman dan Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel