6 Barang Yang Wajib Dipakai Saat Berkendara Roda Dua

AyiedNet - Sebagai seorang pengendara motor, terkadang saya harus melakukan perjalanan seperti keluar kota. Jarak yang ditempuh lumayan jauh, bisa sampai berjam-jam lamanya. Untuk jenis perjalanan keluar kota dengan motor, ada beberapa barang yang wajib saya pakai dan bawa agar selama dalam perjalanan tetap aman dan nyaman. Setidaknya 6 barang ini wajib dibawa ketika hendak bepergian menggunakan motor roda dua.

Helm NHK
Helm salah satu barang wajib dipakai saat berkendara roda 2

1. Helm
Salah satu benda wajib dipakai kemanapun pergi pakai motor, mau jarak dekat ataupun jauh harus memakai helm. Dalam memilih helm, sebaiknya pilih yang sudah berlabel SNI seperti helm NHK. Helm yang sudah ada label SNI berarti sudah lulus uji keamanan dan layak dipakai untuk pengguna motor. Helm NHK banyak memiliki pilihan model dan warna yang menarik sehingga cocok dipakai oleh anak muda atau orang dewasa.

2. Masker
Untuk mencegah bahaya polusi dan debu selama bekendara, gunakan juga masker, bisa memilih masker kain yang banyak dijual dipasaran. Mengendarai motor memang tidak seperti saat menggunakan mobil, dimana harus tahan dengan keadaan yang terbuka sehingga risiko terhirup debu, asap dan jenis polusi lainnya memang sangat rentan. Namun, bukan berarti tidak dapat dicegah. Salah satu pencegahan mudah dan bisa dilakukan yaitu dengan memakai masker.

3. Sarung Tangan
Berkendara saat musim panas memang berisiko membuat kulit jadi lebih gelap terutama pada bagian punggung tangan karena memang harus digunakan untuk memegang setir. Nah, agar kulit tangan tidak jadi hitam, gunakan selalu sarung tangan, apalagi jika ingin bepergian jauh. Selain dapat melindungi tangan dari panas sinar matahari, dengan memakai sarung tangan juga dapat menghalau rasa dingin saat berkendara malam hari.

4. Sepatu 
Menggunakan sendal saat berkendara motor memang tidak masalah, namun akan lebih nyaman jika memakai sepatu terlebih untuk perjalanan jauh dan lama. Sepatu dapat melindungi bagian kaki secara lebih menyeluruh. Gunakan sepatu yang pas agar dapat memberi kenyamanan dan perlindungan maksimal.

5. Jaket
Satu lagi barang yang wajib dan selalu saya kenakan saat naik motor, yaitu jaket. Mau cuaca sedang panas ataupun dingin, menggunakan jaket tetap nyaman karena dapat melindungi tubuh dari hembusan angin dan hawa dingin. Jenis jaket terbaik yang bagus dipakai saat berkendara adalah jaket kulit atau jenis jaket berbahan parasut. Jenis jaket seperti ini biasanya lebih tahan terhadap hawa dingin.

6. Jas Hujan
Sediakan selalu jas hujan dalam jok motor untuk jaga-jaga jika terjadi hujan. Ya, salah satu kekurangan menggunakan motor adalah jika hujan maka tubuh bisa basah. Untunglah ada jas hujan yang bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari guyuran hujan saat terpaksa harus berkendara. Ada beberapa model jas hujan saat ini, seperti model terusan dan model baju celana. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk jenis model jas baju celana cocok dipakai bagi yang suka bepergian sendiri karena jas ini memang hanya bisa dipakai untuk satu orang, namun bagi yang ingin jas hujan bisa dipakai bersama misalnya 2-3 orang, maka memilih model jas hujan terusan akan lebih cocok. Perhatikan pula bahan jas hujan ketika hendak membeli karena bahan yang digunakan sangat berpengaruh terhadap keawetan jas hujan. Hindari untuk memilih jas hujan dari bahan plastik tipis karena biasanya tidak tahan lama dan hanya bisa dipakai beberapa kali saja.

0 Response to "6 Barang Yang Wajib Dipakai Saat Berkendara Roda Dua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel