6 Tips Penambah Nafsu Makan Anak yang Mudah Dan Praktis

AyiedNet - Hi bun, pernah gak mengalami anak yang menolak ketika disuapi makanan? Menutup mulut atau bahkan mencoba menepis sendok yang berisi makanan dengan menggunakan tangannya? Bunda tentu sangat bingung dan stress jika anak jadi seperti ini ya kan.

Coba deh cari tau apa sih yang menyebabkan anak jadi susah makan? Apa karena makanannya yang tidak enak atau mungkin ada hal lainnya? Yuk kita cari tau dulu penyebabnya.

Nafsu Makan Anak Menurun

Penyebab Anak Susah Makan Atau Nafsu Makan Menurun

Nafsu makan tidak sepenuhnya tergantung dari selera melainkan juga dipengaruhi oleh faktor hormon. Pada anak ataupun orang dewasa, nafsu makan diatur oleh hormon bernama leptin dan ghrelin. Jika suatu ketika nafsu makan sedang turun, maka hormon leptin sedang dominan bekerja, sedangkan jika nafsu makan sedang baik atau meningkat maka hal ini dipengaruhi oleh hormon ghrelin. Pelepasan hormon ghrelin akan memberikan efek lapar di perut sehingga akan mendorong orang untuk makan.

Pada anak-anak, tidak perlu memaksakannya untuk makan dengan porsi yang banyak, asalkan sudah memenuhi asupan gizi dan kalorinya per hari, ini sudah cukup. Untuk setiap umur anak, tentunya memiliki batas kebutuhan kalori dan gizi yang berbeda-beda. Para orang tua hendaknya mengetahui batasan-batasan ini. Misalnya untuk anak umur 2-3 tahun kebutuhan kalorinya sekitar 1.000-1.400 kalori.

Selain karena faktor hormon, faktor lainnya juga bisa berpengaruh terhadap nafsu makan seseorang, seperti stress, perasaan tegang, akibat efek samping obat, rasa makanan yang tidak sesuai selera dan juga tampilan makanan yang tidak menarik. Untuk itu, jika anak mulai menurun nafsu makannya, cobalah untuk melakukan beberapa tips berikut:

6 Tips Penambah Nafsu Makan Anak yang Mudah Dan Praktis

1.    Tanyakan Makanan yang Ingin Dia Makan
Anak mungkin saja merasa bosan jika diberi makanan yang menunya sama dan tanpa tambahan variasi lainnya. Sehingga, jangan heran jika ia akhirnya menolak atau terlihat tidak bersemangat untuk makan. Bunda jangan buru-buru memarahinya ya, tapi cobalah untuk bertanya kepadanya dengan cara halus dan lembut. Tanyakan makanan apa yang hendak ia makan? Jika makanan yang ia minta masih dalam standar sehat dan boleh dikonsumsi, maka tidak ada salahnya untuk memberikan makanan yang ia minta sesekali. Anggap saja ini sebagai variasi menu makanan nya ya bun.

2.    Buat Makanan dengan Tampilan Menarik
Jangan menganggap remeh tampilan atau sajian makanan, karena hal ini nyatanya bisa mempengaruhi selera makan khususnya pada anak-anak. Bunda bisa sedikit berkreasi dengan tampilan makanan. Cobalah untuk membuat nasi yang dibentuk menyerupai karakter kesukaan anak misalnya Mickey Mouse, lalu beri tambahan mata, mulut ,hidung dengan menggunakan potongan sayuran yang dibentuk. Bentuk makanan yang lucu tentu akan menarik minat anak, kemudian rayu dia untuk mau makan.

3.    Ajak Makan di Luar
Mungkin saja suasana di rumah membuat anak bosan sehingga ngambek saat diminta untuk makan. Tanyakan apakah ia bosan dan ingin makan di luar? Bunda bisa mengajaknya pergi makan di rumah makan favorit atau piknik dengan membawa bekal makanan dari rumah dan disantap saat berada di tempat rekreasi, misalnya taman atau pantai terdekat.

4.    Makan Bersama
Jika saat anak sedang asik bermain bersama temannya, lalu ia menolak untuk makan, cobalah untuk mengajak serta temannya untuk makan bersama. Dengan cara ini, mungkin saja yang tadinya anak menolak untuk makan, jadi mau makan dan bersemangat karena makan bersama dengan temannya.

5.    Buat Porsi Kecil Namun Sering
Apabila alasan anak menolak makan karena porsinya terlalu banyak atau sering tidak menghabiskan makanan yang disuguhkan, bunda dapat mensiasatinya dengan mengurangi porsi makanan namun berikan dengan intensitas yang sering.

6.    Batasi Cemilan
Alasan lainnya mengapa nafsu makan anak menurun adalah karena ia merasa tidak lapar atau kenyang akibat banyak mengkonsumsi cemilan. Untuk itu, batasi asupan cemilan anak agar ia tetap bisa makan menu utama yang diberikan.

Nah, demikian ya bun. Semoga tips-tips di atas dapat membantu.

Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email

0 Response to "6 Tips Penambah Nafsu Makan Anak yang Mudah Dan Praktis"

Post a Comment

IBX584BE24776495