5 Tips Mencegah Anak Dari Kecanduan Gadget

AyiedNet - Diantara para orang tua, mungkin sudah banyak yang mendengar bahaya gadget untuk anak-anak. Namun, pada kenyataannya untuk aktifitas sehari-hari, ada saja orang tua yang kecolongan hingga tidak menyadari bahwa anak mulai kecanduan menggunakan gadget. Biasanya, anak-anak menggunakan gadget untuk bermain game dan menonton video.

Pada sebuah artikel The Asian Parent menyebutkan setidaknya ada 10 macam bahaya yang siap mengintai anak-anak jika terlalu sering terpapar gadget. salah satu diantaranya yang sering terjadi pada anak adalah reaksi tantrum, terhambatnya perkembangan kognitif, gangguan belajar dan bersosial. Menyadari sedini mungkin akan dampak buruk gadget bagi anak tentu lebih baik agar dapat pula melakukan tindakan pencegahan. Berikut ini ada 5 tips mencegah anak dari kecanduan gadget yang bisa di coba.

Jalan-jalan salah satu cara mencegah anak dari kecanduan gadget
Jalan-jalan salah satu cara mencegah anak dari kecanduan gadget

 

1.    Ajak Anak Bermain
Alihkan perhatian dan keinginan anak untuk bisa memegang gadget dengan mengajaknya bermain. Memang, untuk bisa menerapkan tips mencegah anak dari kecanduan gadget yang satu ini, diperlukan waktu luang. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan mengatur jadwal khusus bermain bersama anak. Ajaklah anak memilih jenis permaianan yang ia inginkan, bisa bermain petak umpet, kuda-kudaan, memasak dan lainnya. Bangun rasa senang pada anak terhadap berbagai jenis permainan interaktif agar ia lupa dengan gadget.

2.    Jangan Terlalu Asik Menggunakan Gadget Dihadapan Anak
Seorang anak adalah peniru yang ulung, ia cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Jangan pernah mengharapkan anak bisa lepas dari gadget jika orang tuanya saja justru setiap waktu sibuk dengan gadget. Jadi, sebelum memaksa anak untuk tidak bermain game online, menonton video atau aktifitas lainnya yang mengandalkan gadget, sebaiknya terlebih dahulu orang tua mulai mengurangi kebiasaan memakai gadget terlalu berlebihan. Minimal, jangan terlalu asik memakai gadget dihadapan anak. Hal ini untuk mencegah anak menggunakannya juga, seperti layaknya orang tua yang ia lihat.

3.    Ajak Anak Jalan-jalan
Kegiatan mengajak jalan-jalan anak ke tempat tertentu yang asik seperti taman bermain, bisa jadi cara lainnya dan bagus diterapkan sebagai tips mencegah anak dari kecanduan gadget. Anak-anak biasanya sangat suka diajak keluar rumah dan bermain di taman. Biarkan ia bebas mengeksplore apa yang ada disekitarnya, dengan begitu hasratnya untuk memakai gadget dapat diredam.

4.    Biarkan Anak Berteman
Saat anak lebih memilih untuk menggunakan gadget ketimbang bermain bersama teman, biasanya ia lebih asik sendirian dan waktu untuk bersosial jadi kurang. Cobalah untuk menyarankannya bermain bersama teman, atau undang teman-teman anak anda untuk datang ke rumah. Biarkan anak bermain bersama teman-temannya, meski risikonya rumah jadi berantakan, namun hal ini tentu bukan masalah besar dibandingkan dampak buruk yang bisa terjadi pada anak akibat penggunaan gadget.

5.    Ganti Gadget Dengan Mainan Alternatif
Ada banyak jenis mainan yang bisa dipilih sebagai pengganti gadget. Belikan akan mainan yang ia senangi, misalnya mobil-mobilan, boneka, bola, alat musik mainan dan sebagainya. Memberikan mainan yang sesuai dengan usia anak, lebih baik dan tepat ketimbang memberikannya gadget.

Apabila anak masih suka meminta secara paksa hingga mengamuk karena ingin memakai gadget, maka berilah pengertian secara perlahan kepada anak mengapa ia tidak diperbolehkan terlalu lama menggunakan gadget. Kurangi pula intensitas penggunaan gadget secara perlahan pada anak agar ia tidak terlalu merasa bahwa sebenarnya kamu sebagai orang tua sedang menerapkan tips mencegah anak dari kecanduan gadget.

0 Response to "5 Tips Mencegah Anak Dari Kecanduan Gadget"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel