Lakukan 6 Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ini Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan

AyiedNet - Memasuki musim penghujan seperti sekarang, ada beberapa jenis penyakit yang biasanya sering menyerang seperti flu, batuk dan pilek. Oleh karena itu, sebelum sakit tidak ada salahnya untuk melakukan upaya pencegahan. Salah satu cara pencegahan yang bisa dilakukan ialah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas seseorang memang berbeda-beda, ada yang lemah dan juga kuat, namun sistem kekebalan tubuh ini dapat ditingkatkan dengan berbagai cara. Berikut ini ada 6 tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa dicoba guna mencegah penyakit datang.
 
Jogging : Salah satu olahraga ringan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan
Jogging : Salah satu olahraga ringan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

1.    Istirahat Yang Cukup
Hal pertama yang perlu dilakukan sebagai upaya menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar adalah dengan menjaga waktu istirahat, pastikan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Kebanyakan orang lupa dan mengabaikan hal ini, terutama jika sedang sibuk. Padahal, istirahat yang cukup sangatlah penting. Jam istirahat yang kurang akan berdampak pada kondisi tubuh, biasanya fisik akan terasa lemah dan ini dapat menyebabkan berbagai virus penyakit lebih mudah menyerang tubuh.

2.    Minum Vitamin
Pada saat tertentu seperti musim hujan, tidak ada salahnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan bantuan suplemen atau vitamin. Saat ini, sudah banyak jenis suplemen yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral dalam suplemen juga dapat membantu kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

3.    Minum Air Jeruk Nipis Atau Lemon
Tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang satu ini tergolong mudah dan nikmat. Ya, minum air jeruk nipis atau lemon yang segar, tentu nikmat sekali! Jika dapat melakukan kebiasaan ini secara rutin, misalnya 1 hari sekali, pastinya akan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan terutama dalam hal meningkatkan imunitas. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis memang banyak memberikan manfaat pada tubuh, salah satunya membuat tubuh jadi lebih kuat dan tahan terhadap serangan virus penyakit.

4.    Rutin Olahraga
Jika tidak memiliki banyak waktu luang untuk berolahraga, cukup lakukan olahraga ringan seperti jogging, senam ringan atau jalan kaki. Asal dilakukan secara rutin, olahraga ringan bisa berdampak baik bagi tubuh dan kesehatan. Bisa juga dengan mensiasatinya, misalkan jika memang tidak sempat olahraga, lakukan upaya pengganti, seperti pergi ke kantor dengan berjalan kaki, naik tangga, menyapu sambil melakukan gerakan tubuh ringan dan lainnya.

5.    Perbanyak Minum Air Putih
Banyak orang yang mengalami diare pada saat musim hujan. Efek buruk dari diare ini adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Penuhi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum air putih. Paling tidak, minum sebanyak 8 liter/hari. Air putih tidak hanya dapat menghilangkan haus, tetapi juga dapat mengurangi racun dalam tubuh. Tubuh yang senantiasa terjaga kadar cairannya akan lebih bugar dan fit. Bawa selalu botol yang berisi air putih kemanapun pergi, untuk antisipasi jika sewaktu-waktu merasa haus.

6.    Kurangi Minum Es
Apabila memiliki kebiasaan suka minum es, sebaiknya selama musim hujan, kurangi kadarnya. Suhu minuman es yang dingin tidaklah baik bagi tubuh. Di luar, es memang terasa dingin, namun ketika sudah masuk ke dalam tubuh, hal ini justru akan terasa panas. Ada baiknya untuk mengganti minuman dingin dengan yang hangat dan lebih menyehatkan seperti air putih hangat, air jeruk hangat dan minuman jahe.

Semoga 6 tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh di atas tadi bermanfaat ya… selamat mencoba dan selalu jaga kesehatan!

0 Response to "Lakukan 6 Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ini Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel