Kelebihan dan Kekurangan Kaos Printing Sublime

AyiedNet - Ketika anda mencoba memesan kaos atau menggunakan kaos dan ingin melakukan printing gambar pada kaos tersebut, apakah anda tahu teknik atau jenis apa yang digunakan pada pakaian anda ? rasanya banyak orang yang tidak tahu dan akhirnya merasa kecewa sendiri karena tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Salah satu jenis atau teknik printing kaos yang banyak digunakan adalah printing sublime. Dalam artikel ini kita akan bahas kelebihan serta kekurangan kaos yang di print menggunakan teknik ini. namun sebelum mempelajari tekniknya, ketahui dulu pengertian dari printing sublim.

Kaos Printing Sublime

Pengertian Printing Sublim

Printing sublim adalah pencetakan kain dan sebuah desain dengan menggunakan teknik sublim, dimana teknik ini menggunakan kertas sebagai perantara aplikasinya. Sublim merupakan bahasa kimia dari perubahan wujud yakni dari wujud padat menjadi wujud gas. Hal ini berkaitan dengan teknik pencetakan yang menggunakan perubahan wujud dari padat berubah menjadi uap dan dikondesasi lagi menjadi fase padat.

Teknik ini membutuhkan alat yang bagus dan juga proses yang didukung oleh suhu panas yang dibantu oleh kertas khusus untuk bisa menggunakan tinta tersebut keatas kaos. Nantinya gambar yang berada di atas kertas transfer tersebut akan dipindahkan ke kaos dengan cara dipanaskan dan kaos akan memiliki desain yang sesuai.

Sedangkan untuk alat dan bahan yang dibutuhkan dalam printing sublim ini pertama adalah peralatan yang mendukung pencetakan atau produksi, adanya tinta khusus untuk sublim.
Biasanya tinta ini didapatkan untuk pencetakan kaos saja karena jenisnya berbeda. Terakhir adalah bahan kaos yang cocok dan bisa menyerap tinta sublim dengan baik.

Kelebihan Dan Kekurangan Printing Sublim

Setelah mengetahui pengertiannya, sekarang masuk kedalam pembahasan kelebihan dan kekurangan dari printing ini. sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan anda untuk membuat kaos printing atau bahkan membuat usaha kaos printing.

Kelebihan Kaos Printing Sublim :
1.    Warna yang dihasilkan bisa mengikuti desain 100% karena tersedia warna yang sangat beragam untuk printing ini
2.    Lebih cepat kering dan pengerjaan lebih cepat, terutama karena printing ini dilakukan proses pengepresan dengan mesin press digital sehingga bisa bekerja dengan cepat
3.    Pembuatan kaos tidak dibatasi, maksudnya anda bisa mencetak kaos satu demi satu tanpa harus dibatasi maksimal dalam pengerjaan atau desainnya
4.    Anda bisa mencetak full desain atau full print dalam satu kaos. Untuk beberapa printing, kaos tidak bisa dicetak keseluruhan atau hanya bisa mencetak desain kecil.

Kekurangan Kaos Printing Sublim :
1.    Kaos printing sublim memakan biaya yang cukup besar, sehingga tidak diperuntukan bagi anda yang mencari print kaos low budget
2.    Bahan kaos hanya bisa tertentu saja seperti polyester atau jersey, untuk sisanya printing tidak akan berjalan maksimal atau bahkan gagal
3.    Warna dan kualitas memang beragam, namun hasilnya tergantung pada penggunaan tinta serta warna saat produksi. Bisa jadi berbeda takaran dan merk maka akan berbeda hasilnya.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari kaos printing sublim. Sebenarnya masing-masing orang memiliki seleranya sendiri, anda tidak perlu mengikuti cara yang sama atau ikut melakukan printing sublim jika anda memang tidak menyukainya. Selain itu, anda yang ingin menggunakan printing ini usahakan mempersiapkan budget yang lebih besar dibandingkan biasanya, karena printing sublim memakan biaya saat produksi maupun pencetakan.

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Kaos Printing Sublime"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel