MENGAPA DIGITAL PRINTING? MENGAPA ZALMON FABRIC?


Digital Printing Zalmon Fabric


Mengapa serat alami? Mengapa digital prining? Apasih bedanya Zalmon Fabric sama printing lainnya?

AyiedNet - Tahukah kamu bahwa Zalmon Fabric adalah produsen kain digital printing pertama dan satu-satunya (untuk saat ini) di Indonesia untuk bahan serat alami tanpa polyster yang tidak mempunyai minimum order. Ada beberapa produsen printing bahan serat alami lainnya tentunya, dan kebanyakan dari mereka mempunyai minimum quantity biasanya start dari 2000 meter per motif. Sedangkan di Zalmon Fabric, Kamu bisa membuat kain dengan motif kamu sendiri mulai dari jumlah 1 meter.

Ada beberapa teknologi printing kain di Indonesia: printing rotary, printing screen, printing flat, printing sublim, printing digital. Perbedaan dari masing-masing teknik printing adalah dari komponen warna dan motif yang dapat dihasilkan.

Untuk skala industri retail besar (Zara, H&M, Topshop, dsb) biasanya menggunakan printing rotary atau printing flat. Teknik printing ini mempunyai harga per meter yang lebih murah, namun minimum quantity per motif yang jauh lebih banyak (biasanya 6000 meter per motif). Warna yang dihasilkan juga terbatas sampai 12 warna dan ukuran repeat dan bentuk design juga terbatas.

Untuk skala industri retail menengah dengan harga high end (Gucci, Prada, Hermes, dsb) biasanya menggunakan printing digital (seperti pada Zalmon Fabric), printing sublim atau printing screen. Dimana brand-brand high end sekarang lebih banyak menggunakan printing digital karena kualitas bahan yang dihasilkan jauh lebih premium. Perbedaan printing digital dengan sublim adalah pada penggunaan media printing. Di Zalmon Fabric semua design akan langsung di print pada kain, sedangkan pada printing sublim, kain akan di print di kertas terlebih dahulu lalu akan dipindahkan pada kain menggunakan elemen pemanas. Untuk printing screen, adalah printing dengan teknik yang menyerupai sablon (dibuat screen terlebih dahulu).

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing teknik printing yang ada.

Juga perlu diperhatikan penggunaan bahan serat alami biasanya hanya dapat digunakan pada teknik printing rotary, screen dan digital. Dan untuk di Indonesia sendiri kami adalah yang supplier printing digital pertama yang tidak mempunyai minimum order. Mengapa tidak ada yang lain?

1. Dikarenakan sangat kompleksnya proses produksi yang ada
Kami mempunyai mata rantai produksi yang panjang. Mulai dari proses pre-treatment kain greige, proses coating kain sebelum di print, proses printing, proses steaming, proses washing, proses drying, proses setting dan proses finishing. Dan di setiap mata rantai akan ada kegagalan resiko produksi yang sangat besar.

Digital Printing Zalmon Fabric


2. Efesiensi mesin
Akan sangat rugi bagi suatu perusahaan jika sudah melakukan investasi mesin dengan harga yang tinggi, dan hanya menerima order 1 meter saja. Kapan balik modalnya donk? Tetapi hal ini berbeda di Zalmon Fabric, kami mempunyai teknik rahasia Zalmon yang memampukan kami untuk tetap menerima order 1 meter kain. Ada perusahaan lain di Indonesia yang mempunyai digital printing juga dengan bahan serat alami tentunya, tapi tidak ada yang berani menerima tanpa minimum order.  

Digital Printing Zalmon Fabric


Lalu berikutnya, mengapa serat alami?
Tahukah kamu bahwa harga jual kain serat alami akan lebih mahal dibandingkan harga jual kain serat polyester atau campuran. Karena dari kualitas kain, serat alami akan lebih adem, nyaman, tidak panas, tidak licin, lebih sehat, lebih tahan lama, tidak bikin iritasi kulit, dan lebih awet digunakan dibandingkan kain polyester. Oleh karena itu kamu harus bertanya-tanya jika ada seller kain polyester yang menjual harga sama dengan bahan serat alami. Be smart customers guys!

Dan juga, jika kamu tahu, untuk di beberapa negara maju, penggunaan kain polyester sudah mulai perlahan-lahan digantikan dengan bahan yang lebih ramah lingkungan. Dikarenakan proses produksi kain berbahan serat alami dengan teknik digital printing akan menghasilkan limbah yang lebih sedikit dibandingkan dengan bahan polyester atau teknik printing lainnya. Lalu ada health issues, dimana banyak masalah kulit dan kesehatan yang disebabkan dari pemakaian bahan polyester yang berlebihan.

Digital Printing Zalmon Fabric

Untuk masalah harga sendiri, Zalmon Fabric mempunyai harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan perushaan sejenisnya di luar negeri (karena kami satu-satu nya di Indonesia maka tidak ada pembanding di dalam negeri). Kamu dapat membandingkan harga nya dengan beberapa perusahaan printing seperti: spoonflower.com, catdigital.co.uk, bagsoflove.co.uk, silkbureau.co.uk.

Mengapa kami bisa menjual dengan lebih murah? Sudah rahasia umum dikarenakan labour cost di Indonesia yang masih dibawah harga-harga dari negera tersebut. Dan kami sudah pernah melakukan survey ke beberapa perusahaan printing tersebut, dan kami dengan yakin dapat mengatakan bahwa kualitas digital printing Zalmon Fabric sudah bisa bersaing dengan kualitas mereka. Bahkan untuk saat ini kami juga sudah menjual kain kami secara export.

Kami senang dan siap untuk mendukung industri tekstil Indonesia agar bisa lebih bersaing di era globalisasi ini dengan menghadirkan teknologi yang tidak kalah dengan negara maju lainnya. Untuk para Entrepreneur Indonesia, kami siap mewujudkan semua imajinasi kamu menjadi suatu karya tekstil yang indah dan bisa membawa Indonesia menjadi semakin harum di mata dunia.

Akhir kata, kami mengucapkan banyak terimakasih untuk kamu semua yang telah mendukung dan memberikan support kepada kami selama ini. Kami mohon maaf jika selama ini ada hasil produksi yang tidak sesuai dengan ekspekstasi kamu, kami akan selalu meningkatkan kualitas produk dan layanan kami. Jangan sungkan untuk mengubungi staff kami selalu jika kamu mempunyai pertanyaan atau ingin memberikan masukan.

0 Response to "MENGAPA DIGITAL PRINTING? MENGAPA ZALMON FABRIC?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel