HP Sering Lemot Karena Kepenuhan? Coba 5 Tips Mencegah Memori Penuh Ini

AyiedNet - Akhir-akhir ini, HP milik saya sering mengalami masalah terutama saat hendak melihat file foto dan video pada folder galeri. Saat hendak di buka, muncul notifikasi pada layar ponsel yang menunjukkan bahwa kapasitas memori HP penuh. Well, akhirnya aktifitas membuka foto jadi terhambat.

Bagi saya yang punya pekerjaan sampingan sebagai pedagang online, sudah pasti memerlukan ruang yang besar untuk bisa menyimpan banyak foto sebagai media promosi jualan. Untuk itulah, saya menekan sebisa mungkin penggunaan memori internal HP dengan tidak mengisinya dengan banyak aplikasi. Sengaja saya isi aplikasi yang memang penting dan diperlukan. Namun, bagaimana jika ruang memori masih tidak cukup? untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dan sebagian sudah saya coba sendiri. Tertarik mencoba juga? Yuk simak penjelasannya.


Tips Mencegah Memory Mobil


1.    Cek Kapasitas Memori
Saking asiknya memakai HP, saya sering lupa untuk mengecek kapasitas memori yang tersedia. Sering menyimpan berbagai macam foto dan video hingga lupa apakah memang masih cukup memorinya atau tidak. Agar tidak sampai kepenuhan, pastikan untuk selalu mengecek ketersedian ruang penyimpanan. Jika mulai mendekati ambang batas, sebaiknya lakukan beberapa tips mencegah memori penuh dengan cara menghapus sebagian file yang tidak penting atau pindahkan file ke penyimpanan lain.

2.    Tambahkan Memori Eksternal
Jika memang memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar, tidak ada salahnya menambahkan memori eksternal berkapasitas besar pada HP. Namun, pastikan untuk menggunakan memori dengan kapasitas yang sesuai dengan tipe HP karena biasanya setiap ponsel memiliki batas maksimum penggunaan memori eksternal.

3.    Bersihkan File Sampah
File yang sudah dihapus bisa jadi sebenarnya belum benar-benar terhapus melainkan hanya dipindahkan ke bagian penyimpanan sementara, ini biasanya disebut juga dengan cached data. Cache seringkali berada pada memori internal HP sehingga sering terjadi memori masih terlihat penuh meski sudah banyak file lain yang dihapus. Cached data ini memang memiliki masa expired  yang nantinya akan terhapus secara otomatis jika memang telah mencapai masanya. Namun, untuk menghindari kepenuhan memori, tidak ada salahnya untuk membersihkan cache terlebih dahulu, terlebih jika file cache yang ada dipastikan tidak lagi penting dan dibutuhkan.

4.    Hapus File Tidak Penting Secara Berkala
Tips mencegah memori penuh pada HP lainnya yang sering saya lakukan adalah dengan menghapus secara berkala segala macam file yang tidak penting, misalnya seminggu sekali. Cara ini memang terkesan manual, namun cukup ampuh untuk mengindari penuhnya memori HP. Ya, daripada menunggu HP jadi error terlebih dahulu, tentu lebih baik melakukan upaya pencegahan.

5.    Jangan Instal Aplikasi Berat
Sebagian jenis aplikasi ada yang bermuatan besar atau berat sehingga jika diinstal pada HP dapat dipastikan akan memakan ruang yang cukup banyak. Jika memang tidak benar-benar perlu, sebaiknya hindari melakukan install aplikasi berat di HP, biasanya jenis aplikasi seperti game yang banyak bermuatan besar.

Nah, itu tadi 5 tips mencegah memori penuh pada HP yang bisa saya bagikan. Mungkin beberapa diantaranya bisa dicoba sendiri. Apabila ponsel yang anda gunakan saat ini sering bermasalah dalam hal penyimpanan file, mungkin sudah saatnya mengganti ponsel dengan yang baru. Ya, kenapa tidak?!

Semoga informasi tips ini cukup bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Salam!

0 Response to "HP Sering Lemot Karena Kepenuhan? Coba 5 Tips Mencegah Memori Penuh Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel