10 Destinasi Wisata Liburan Akhir Tahun yang Murah Meriah

AyiedNet - Tidak terasa, tahun 2018 akan segera berakhir dan masa libur sekolah sudah tiba. Sudah jadi kebiasaan masyarakat Indonesia jika menjelang liburan seperti sekarang, di beberapa tempat wisata menjadi padat pengunjung. Untuk yang ingin mencari destinasi liburan akhir tahun dengan biaya murah di beberapa kota besar seluruh Indonesia, berikut ini AyiedNet sajikan beberapa diantaranya!

10 Destinasi Wisata Liburan Akhir Tahun yang Murah Meriah


1.    Kampung Ladang, Destinasi Liburan Akhir Tahun Di Medan Bertemakan Petualangan Alam yang Menantang

Kampung Ladang Medan

Mengisi waktu liburan akhir tahun dengan pergi ke pantai, rasanya sudah terlalu biasa. Bagaimana jika menjajal destinasi liburan akhir tahun berupa petualangan outbond yang seru dan menantang? Khusus bagi kamu yang berada di Medan dan sedang mencari tempat wisata keluarga yang asik namun terjangkau, bisa datang ke Kampung Ladang. Berada di Jl. Tuntungan Tanjung Anom, Namorih, Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Untuk bisa masuk ke lokasi, hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000/orang, sangat murah bukan? Cocok untuk rekreasi keluarga atau rombongan siswa yang ingin belajar tentang alam.
Daya tarik dari Kampung Ladang adalah suasananya yang hijau dan asri, selain itu aneka jenis permainan outdoor tersedia disini. Pengunjung bisa memilih ingin memainkan wahana yang mana.
Sebelum menjadi Kampung Ladang seperti sekarang, mulanya lokasi tersebut hanyalah berupa lahan perkebunan milik warga setempat. Kemudian, pada tahun 2006 muncullah ide dari pak Rudi Girsang untuk mengubah lahan yang ada menjadi tempat permainan outdoor. Wahana pertama yang dibuat yaitu berupa Aral Lintang dan Flying Fox Kids. Seiring waktu berjalan, Kampung Ladang terus dibenahi dengan penataan dan penambahan berbagai fasilitas seperti yang ada saat ini seperti kantor, villa, aula, kantin, gazebo, aneka wahana permainan hingga spot-spot terbaik yang sering dijadikan untuk tempat fotografi atau prawedding.

Untuk bisa mencapai lokasi Kampung Ladang, sangatlah mudah karena letakknya tidak terlalu jauh dari kota Medan yaitu hanya berjarak 19 KM jika dari Istana Maimun atau sekitar 21 KM dari Binjai. Jika masih awam dengan rute menuju Kampung Ladang, bisa menggunakan bantuan Goggle Map untuk memudahkan menemukan lokasi. Kampung Ladang biasanya dibuka dari jam 8 pagi waktu setempat hingga jam 6 sore. Pengunjung bisa puas menikmati liburan murah dengan menaiki aneka wahana permainan yang ada di Kampung Ladang.

2.    Belajar Sejarah Sambil Jalan-jalan Ke Destinasi Liburan Akhir Tahun di Museum Adityawarman, Padang

Museum Adityawarman Padang

Ada sebagian orang tua yang memilih untuk mengajak anak-anak atau keluarganya mengunjungi museum ketika liburan karena memiliki nilai edukasi dan bermanfaat untuk wawasan. Jika tertarik dengan hal-hal berbau sejarah, kamu bisa datang mengunjungi Museum Adityawarman yang ada di Jl. Diponegoro No.10 Kelurahan Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat, kota Padang. Museum ini kerap dijadikan sebagai destinasi wisata liburan biaya murah karena harga tiketnya yang terjangkau yaitu hanya seharga Rp 2.000,00 per orang untuk dewasa dan Rp 1.000,00 untuk anak-anak.

Nama museum di ambil dari nama salah satu raja pada zaman dulu tepatnya raja Minangkabau yang masih keturunan dari raja Majapahit. Pada tanggal 28 Mei 1979, secara resmi Museum Adityawarman dibuka dan diresmikan oleh Mendikbud bernama Prof. Dr. Sjarif Thayeb.

Museum Adityawarman tidak hanya menyimpan banyak aneka jenis barang-barang peninggalan sejarah pada jaman dulu hingga yang modern, tetapi juga menawarkan keindahan arsitektur bangunan yang merupakan refleksi dari rumah adat Minangkabau. Saat hendak memasuki museum, kita dapat melihat bangunan berupa Rumah Bagonjong yang unik yaitu berupa rumah panggung dengan desain atap menyerupai tanduk kerbau berlapis. Bagian atap dengan bentuk tanduk kerbau inilah yang disebut dengan Bagonjong, dimana pada bangunan Museum Adityawarman memiliki 7 pucuk Bagonjong. Tidak kurang dari 6000 koleksi barang yang ada di Museum Adityawarman, sebagian diantaranya berupa benda seni rupa, instrumen musik adat, replika sajian kuliner khas, pernak-pernik busana dan lainnya.

3.    Liburan Murah Ke Kota Tua Jakarta, Destinasi Liburan Akhir Tahun Bergaya Vintage yang Ramah Dikantong

Kota Tua Jakarta

Mengisi waktu liburan akhir tahun 2018 ini, tidak harus mengunjungi tempat wisata yang mewah, melainkan bisa juga dengan mengunjungi kawasan yang banyak menyimpan bangunan-bangunan bergaya klasik seperti yang ada di Kota Tua, Jakarta. Siapa sangka, jika ditengah kepadatan kota Jakarta dengan segala hiruk-pikuknya, terdapat sebuah kawasan yang sangat menarik seperti Kota Tua.
Daya tarik terbesar dari kawasan ini ialah suasananya yang begitu kental akan jaman dulu. Dapat dilihat pada beberapa tempat adanya bangunan bergaya Belanda.
Dulunya, Kota Tua adalah pusat perdagangan di Asia yang dijalankan oleh pemerintah kolonial Belanda. Jakarta yang dulu bernama Batavia menjadi jalur perdagangan dan lalu lintas pelayaran, baik oleh kapal dalam negeri maupun luar. Seiring waktu, nama Batavia berubah menjadi Jakarta tepatnya pergantian dilakukan pada masa penjajahan Jepang pada tahun 1942. Sejak tahun 1972, Gubernur Jakarta yang tengah menjabat saat itu bernama Ali Sadikin mengeluarkan keputusan untuk menjadikan Kota Tua sebagai situs warisan . Hal ini dilakukan guna melindungi bangunan-banguan bersejarah yang ada di Kota Tua. Hingga saat ini, Kota Tua masih tetap seperti jaman dulu dengan bangunan-bangunannya yang khas.

Saat berkunjung ke Kota Tua, ada banyak objek destinasi liburan akhir tahun yang bisa dikunjungi seperti Museum Fatahillah, Museum Seni Rupa Dan Keramik, Toko Merah, Museum Bank Indonesia dan Pelabuhan Sunda Kelapa. Rata-rata, harga tiket masuk ke tempat wisata disini sangat terjangkau. Selain dapat pengalaman seru, pengunjung juga bisa mengambil berbagai objek foto menarik ataupun berselfie ria saat berada di Kota Tua.

Untuk bisa mencapai lokasi sangatlah mudah, bisa mengandalkan Google Map yang tersedia di smartphone. Wilayah Kota Tua yang hanya luasnya hanya sekitar 1,3 KM2 dan berada diantara lintasan wilayah Jakarta Utara dan Barat, jika dari arah Tangerang memakai kendaraan bermotor, kurang lebih memerlukan waktu 30 menit dengan rute Tangerang – Batu Ceper – Stasiun Grogol – Penjaringan – Museum Fatahillah – Kota Tua. Untuk jenis transportasi yang bisa dipakai ke lokasi sangat beragam, mulai dari kendaraan pribadi, bus hingga KRL.

4.    Menikmati Keindahan Air Mancur Menari Bersama Keluarga di Jembatan Kenjeren Suroboyo

Air Mancur Menari Surabaya

Dari sekian banyak objek wisata atau destinasi liburan akhir tahun yang ada di kota Surabaya, Air Mancur Menari yang ada di Jembatan Kenjeran adalah yang paling menarik dan lagi hits saat ini. Keberadaannya memang terbilang baru, sejak diresmikan pada tanggal 9 Juli 2016 yang lalu oleh Ibu Tri Rismaharini, tempat ini semakin lama kian dikenal dan populer ditengah masyarakat kota Surbaya bahkan hingga luar kota. Jembatan Kenjeran sendiri, merupakan sebuah jembatan yang dibangun untuk menghubungkan antara jalur MERR dan jalan Laguna serta Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Lama sehingga antara ketiga tempat ini dapat dicapai dengan jalur lalu lintas yang lebih mudah dan cepat. Pemerintah sepertinya jeli melihat peluang wisata, dimana dibuatlah atraksi wisata berupa permainan air mancur menari yang dikolaborasikan bersama warna-warni lampu.

Atraksi Air Mancur Menari memang tergolong baru di Indonesia, namun begitu hal semacam ini sudah ada di luar negeri dan sering didengar masyarakat sehingga tidak perlu waktu lama untuk membuatnya menarik para wisatawan, baik lokal maupun luar. Air mancur yang meliuk-liuk dengan perpaduan warna lampu disertai iringan musik khas mampu memberikan kesan tersendiri bagi setiap pengunjung. Kegiatan seperti ini bisa jadi pengalaman liburan murah yang tidak terlupakan saat berada di kota Surabaya. Jika ingin melihat langsung keindahan atraksi air mancur menari di Jembatan Kenjeran, datanglah pada hari Sabtu malam jam 20.00 – 21.00 WIB.

5.    Kampung Cibunut, Bandung Destinasi Liburan Akhir Tahun yang Instagramable Banget!

Kampung Cibunut Bandung

Beberapa tahun terakhir, usaha untuk meningkatkan parawisata dengan membuat kampung yang penuh dengan warna-warni sangatlah menarik dan terbukti dapat mendatangkan pengunjung dari berbagai kalangan khususnya anak muda. Trend selfie menjadikan banyak orang rela berburu dan mendatangi tempat-tempat yang dianggap keren untuk latar berfoto selfie, salah satunya adalah tempat dengan banyak gambar dan warna-warni yang menarik. Sebut saja Malang, Semarang, Banjarbaru dan kini di Bandung juga sudah ada Kampung Warna yaitu di Cibunut.

Tepatnya di Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur, Bandung adalah tempat dimana kurang lebih 300 rumah warganya dihias dengan warna-warna menarik dan gambar unik. Mulanya, ide ini datang dari warga setempat yang hendak menjadikan lingkungannya lebih nyaman, asri dan menarik. Berkat dukungan dan kerjasama berbagai pihak seperti Ikatan Alumni ITB, Komuntias Mural serta bantuan dari AzkoNobel Decorative Paints Indonesia, terwujudlah kampung warna yang artistik.

Kerjasama dan gotong royong masyarakat setempat membuahkan hasil dengan diresmikannya Kampung Cibunut oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil. Selain dapat melakukan kegiatan susur kampung warna, pengunjung yang datang ke kampung ini bisa puas berfoto dengan background gambar-gambar unik. Buat yang suka foto selfie dan update foto di medsos, wajib nih datang ke Kampung Warna Cibunut, Bandung.

6.    Liburan Biaya Murah Dengan Jalan Santai Menyusuri Kawasan Malioboro, Jogjakarta

Kawasan Malioboro Jogjakarta

Terkadang, untuk mengisi waktu liburan akhir tahun, tidak perlu harus jauh-jauh pergi ke suatu tempat atau bahkan mengeluarkan biaya yang banyak. Cukup dengan menyusuri kawasan Malioboro, sudah bisa jadi kegiatan wisata yang menyenangkan. Untuk kamu yang sedang berada di Jogja saat penghujung tahun 2018 ini, bisa menjajal untuk berjalan-jalan dan mengeksplore kawasan Malioboro.

Ada banyak hal menarik yang menjadikan kawasan Malioboro selalu ramai dikunjungi, baik oleh mereka yang datang bersama keluarga, sahabat ataupun sendiri, yaitu banyaknya pilihan objek wisata, tempat makan, kuliner serta pedagang pernak-pernik khas Jogja yang tersedia. Kemudahan lainnya yaitu jarak yang berdekatan antara satu tempat wisata dengan yang lainnya, jadi dalam satu tujuan bisa menyambangi beberapa tempat sekaligus. Makanya, banyak yang memilih untuk berjalan kaki daripada harus menggunakan kendaraan, kecuali untuk menuju lokasi yang memang jauh, barulah paling nyaman memakai kendaraan bermotor atau angkutan.

7.    Menikmati Destinasi Liburan Akhir Tahun Dengan Berbelanja di Pasar Terapung Taman Siring, Banjarmasin

Pasar Terapung Taman Siring Banjarmasin

Setiap hari Minggu pagi, masyarakat Banjarmasin memiliki tujuan wisata atau destinasi liburan murah yang menyenangkan dengan adanya Taman Siring. Pasalnya, disini ada kegiatan wisata unik dan jarang ditemukan ditempat lain yaitu adanya pasar terapung. Pengunjung yang datang ke Taman Siring, bisa berbelanja di atas perahu kecil sambil menyantap aneka panganan khas kota Banjarmasin. Letak Taman Siring yang tepat berada di pinggir sungai memang pas sekali untuk kegiatan pasar terapung, selain itu ada beberapa objek wisata lainnya yang terdapat di sekitar Taman Siring dan tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Menara Pandang, patung maskot hewan Bekantan dan juga Mesjid Raya Sabilal Muhtadin.

Letak Taman Siring berada di Jl. Kapt Piere Tendean, masih berada di pusat kota sehingga mudah untuk ditemukan. Setiap pengunjung yang datang dan ingin masuk ke area taman, tidak dikenakan biaya masuk, hanya perlu membayar biaya parkir jika menggunakan kendaraan bermotor.

8.    Mengunjungi Kawasan Wisata Alam Berupa Hutan Bakau Margomulyo, Balikpapan

Hutan Bakau Margomulyo Balikpapan

Wisata alternatif untuk kamu yang bosan mengunjungi mall saat sedang liburan, khusus yang berada di Balikpapan, bisa datang mengunjungi Hutan Mangrove Margomulyo. Sejak dari awal perintisan kawasan ini, hingga sekarang sudah banyak perbaikan dengan disediakannya berbagai sarana seperti jembatan atau track khusus pengujung sehingga setiap orang yang datang kesini bisa berjalan, melihat dan mengeksplore wilayah hutan mangrove dengan leluasa.

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan disini, tidak hanya sebatas berjalan kaki sambil melihat pepohon, tetapi juga bisa menyaksikan langsung hewan langka khas Kalimantan seperti Bekantan. Terdapat pula spot foto menarik dan pemandangan yang indah saat senja, yang bisa dijadikan latar foto bersama pasangan. Jika ingin melakukan aktivitas susur sungai di kawasan hutan mangrove menggunakan kapal, bisa menyewanya dengan tarif sekitar Rp 250.000,- per jam dengan muatan 5-7 orang untuk setiap kapal.

9.    Menyusuri Sisa Peninggalan Belanda di Fort Rotterdam, Makasar

Fort Rotterdam Makasar

Sebagai kota terbesar di bagian timur Indonesia, Makasar pasti punya objek wisata ikonik yang sering dijadikan tujuan oleh para traveler. Salah satu yang cukup populer dan bisa dijadikan destinasi liburan akhir tahun yang murah adalah Fort Rotterdam. Dulunya, Fort Rotterdam adalah benteng yang digunakan oleh kerajaan Gowa-Tallo dan dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9, seiring perjalanan benteng berhasil diambil oleh penjajah Belanda dan direkonstruksi sesuai dengan gaya bangunan Belanda. Bangunan ini difungsikan sebagai tempat pemerintahan dan penampungan rempah-rempah.

Jika ingin mengunjungi Fort Rotterdam bersama rombongan keluarga sebagai bagian dari liburan  biaya murah yang ada di kota Makasar, bisa datang antara pukul 8 pagi hingga 6 sore WIT. Tidak ada biaya masuk yang harus dibayar alias gratis terkecuali jika ingin masuk ke dalam museum. Lokasi Fort Rotterdam terletak di Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, kota Makasar. Akses menuju lokasi sangat mudah dan dapat dijangkau menggunakan banyak jenis kendaraan.

10.    Melihat Replika Gunung Rinjani di Taman Narmada, Lombok

Replika Gunung Rinjani di Taman Narmada Lombok

Lombok memang identik dengan objek atau destinasi wisata pantainya yang indah, namun bukan berarti tidak ada tempat wisata menarik lain selain pantai. Sebut saja Taman Narmada yang berada di desa Lembuak. Jika dari kota Mataram, jarak tempuh ke lokasi sekitar 10 KM. Taman ini menyajikan pemandangan yang asri, indah dan unik karena berbentuk layaknya Gunung Rinjani. Awalnya, Taman Narmada digunakan untuk kegiatan upacara dan tempat peristirahatan, namun kini sudah tidak lagi dan khusus dijadikan sebagai objek wisata. Pemandangan taman yang hijau dan tertata rapi berpadu dengan kolam-kolam dengan air mancur alami membuat siapa saja yang melihat jadi merasa tenang dan nyaman.

Sekarang kamu tak perlu bingung lagi ingin liburan ke mana. Semoga salah satu dari 10 Destinasi Wisata Liburan Akhir Tahun yang Murah Meriah ini dapat menjadi refrensi untuk kamu dan keluarga berbahagia berlibur.

0 Response to "10 Destinasi Wisata Liburan Akhir Tahun yang Murah Meriah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel