5 Tips dan Cara Mengajarkan Anak Hidup Hemat Sejak Dini

AyiedNet - Dalam pembentukan karakter anak, tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat seperti 1 atau 2 hari saja, melainkan perlu waktu yang lama, dilakukan secara konsisten dan penuh kesabaran dalam proses pembangunan karakter. Sama halnya ketika orang tua ingin mengajarkan bagaimana cara hidup hemat dan tidak boros. Orang tua perlu menerapkan beberapa tips dan cara mengajarkan anak hidup hemat sejak dini. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk membiasakan anak hidup hemat, diantaranya yaitu:

5 Tips Mengajarkan Anak Hidup Hemat


Mengajarkan menabung sejak dini adalah salah tips berhemat sejak dini

1.    Berikan Contoh Nyata
Anak-anak senang meniru apa yang orang tua lakukan, untuk itulah mengapa ada istilah bahwa seorang anak adalah peniru ulung. Hal ini memang ada benarnya, maka dari itu jika ingin membiasakan anak hidup hemat, maka orang tua harus terlebih dahulu mencontohkannya. Salah satu contoh yang bisa dilakukan orang tua sebagai bagian dari penerapan tips dan cara mengajarkan anak hidup hemat ialah dengan menabung pada celengan yang disediakan di rumah. Ibu atau ayah bisa mempraktekkannya langsung, setiap kali ada uang receh atau uang sisa, masukkan ke dalam celengan, lakukan hal ini di hadapan anak agar ia melihat secara langsung dan dapat mencontohnya.

2.    Beri Jatah Uang Jajan Secukupnya
Seorang anak yang masih belum paham tentang bagaimana mengatur keuangan, sudah pasti akan membelanjakan habis uang jajan yang diberikan padanya. Agar anak terbiasa tidak berbelanja dalam jumlah yang banyak, maka atur uang jajannya. Batasi pengeluaran anak secukupnya saja, misalnya jatah uang jajan untuk anak hanya 10 ribu per hari. Selain membiasakan agar anak tidak boros, ini juga melatih ia untuk dapat mengatur keuangan, dengan jatah yang diberikan, ia akan berusaha membelanjakan pada barang-barang tertentu yang memang ia inginkan saja.

3.    Ajarkan Anak Menabung
Setelah menerapkan tips dan cara mengajarkan anak hidup hemat dengan memberikan contoh menabung, maka selanjutnya ajak dan ajarkan ia menerapkannya sendiri. Sediakan celengan khusus untuk anak, ajak ia menyisihkan sebagian uang jajan yang ia miliki. Sebagai reward atau penyemangat untuk anak, berikan hadiah atau janji, misalnya uang yang ia tabung nanti boleh dibelikan barang yang ia inginkan seperti mainan, sepeda, buku atau benda lainnya yang ingin ia beli.

4.    Berikan Pemahaman Tentang Keuangan
Memang tidak mudah memberikan pemahaman tentang perihal pentingnya mengatur keuangan pada anak. Namun, tidak ada salahnya dicoba. Berikan pemahaman bagaimana sulitnya mencari uang, membelanjakan uang untuk hal-hal yang memang diperlukan dan berbagai hal terkait penggunaan uang dalam kehidupan sehari-hari. Cukup berikan pengetahuan dan pemahaman terhadap hal-hal yang mudah saja terlebih dahulu. Dengan begitu, diharapkan anak akan dapat memiliki sifat hemat.

5.    Ajak Anak Untuk Belajar Mencari Uang
Melibatkan anak dalam proses mencari uang dapat menjadi semacam praktek langsung memahamkan anak arti mencari uang tidaklah mudah. Sebagai contoh, jika orang tuanya seorang pedagang, maka ajak anak ikut serta berdagang. Dari sini, anak akan mengetahui proses dan bagaimana cara mendapatkan uang yang benar, dari sini pula diharapkan anak akan lebih menghargai setiap uang yang dimilikinya. Terkadang, anak perlu dilibatkan secara langsung untuk memberikannya pemahaman.

Semoga saja 5 tips dan cara mengajarkan anak hidup hemat yang baru saja dibahas dapat benar-benar bermanfaat untuk kamu yang mungkin saat ini sedang bingung bagaimana menghadapi perilaku anak yang boros. Jangan ragu klik share jika dirasa bermanfaat.

0 Response to "5 Tips dan Cara Mengajarkan Anak Hidup Hemat Sejak Dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel