6 Tips Aman dan Bijak Menggunakan Media Sosial

AyiedNet - Di awal kemunculan media sosial seperti Facebook, Twitter dan BBM, fungsi utamanya lebih kepada media untuk terhubung kepada orang yang jaraknya jauh. Jadi, meskipun tidak bisa saling bertemu dan bertatap muka, kita tetap bisa berkomunikasi. Hal ini memunculkan perasaan senang dan bahagia. Namun, beberapa tahun belakangan, media sosial sudah bergeser fungsi, tidak lagi semenyenangkan dahulu akibat banyaknya bertebaran berita hoax di media sosial.

Media Sosial AyiedNet

Ya, hoax merupakan sebuah konten yang kebenarannya belum jelas, bahkan terkadang bisa bohong atau tidak benar. Dengan adanya hal semacam ini, sedikit banyak sebagai seorang pengguna media sosial, saya sendiri merasa terganggu. Agar tetap nyaman bersosial media, saya mencoba untuk melakukan beberapa tips aman dan bijak menggunakan media sosial seperti di bawah ini:

6 Tips Aman dan Bijak Menggunakan Media Sosial


1.    Jangan Share Jika Ragu
Semakin kesini, saya mulai memahami dan menahan diri untuk bijak dalam bermedia sosial. Mengapa demikian? Ya, karena meski terlihat sepele, apa yang kita tulis dan bagikan di media sosial bisa berdampak besar. Inilah namanya “fitnah di ujung jari”, jika asal klik share berita yang salah atau bohong, maka jatuhnya akan menjadi fitnah. So, saya lebih selektif dalam membagikan konten seperti artikel atau video yang ada di media sosial. Sebisa mungkin hanya membagikan hal-hal baik dan bermanfaat.

2.    Jangan Membuat Status Bersifat Provokasi Atau SARA
Ada banyak kasus terkait penggunaan medsos yang terjadi selama setahun ini, sebagian diantaranya adalah orang-orang yang dengan sembarangan membuat status bersifat provokasi dan SARA sehingga menimbulkan perdebatan serta memicu kemarahan sebagian pihak. Cara atau tips aman dan bijak menggunakan media sosial yang bisa saya lakukan untuk mencegah hal semacam ini terjadi ialah dengan tidak membuat status yang bersifat provokasi, SARA dan menyinggung pihak lain.

3.    Tulis & Bagikan Hal yang Baik
Medsos seperti mata pisau yang memiliki dua sisi, ia bisa jadi tajam berbahaya atau bermanfaat bagi si pengguna. Tergantung dan kembali lagi kepada pengguna medsos itu sendiri. Jika dipakai untuk hal-hal positif maka akan membawa dampak yang baik pula, namun jika dipakai untuk hal negatif seperti membagikan postingan hoax, ajang pamer, adu debat dan sebagainya, tidak menutup kemungkinan justru akan merugikan diri sendiri. Yang pasti, ketika menggunakan medsos hanya untuk hal buruk, maka waktu sudah terbuang sia-sia.

4.    Unfollow Akun Negatif
Di beberapa akun medsos yang saya miliki, beberapa diantaranya pasti ada yang lebih senang membagikan postingan negatif dan unfaedah. Nah, kalo ketemu dengan akun seperti ini, biasanya langsung saya unfollow atau block. Jika dipikir-pikir, ngapain juga kan yah mengikuti akun yang isinya cuma negatif mulu, selain ga ada manfaat kadang bikin kesel!

Baca Juga:

5.    Hindari Bully & Debat
Semenarik apapun postingan hingga berujung pada debat, sebaiknya jangan tertarik untuk ikut ke dalam perdebatan apalagi hingga melakukan bullying. Ini hanya akan memancing emosi dan menguras pikiran, selain itu tidak ada keuntungan yang didapatkan. Jika memang mendapati hal yang tidak sesuai dengan pemikiran, cukup jelaskan dengan baik namun jika tetap tidak bisa diterima oleh orang lain, saatnya mundur teratur. Bukan berarti kalah, hanya saja mengindari perdebatan jauh lebih baik ketimbang harus terseret ke dalam fitnah.

6.    Batasi Waktu Bersosial Media
Tips aman dan bijak menggunakan media sosial yang terakhir adalah membatasi penggunaan media sosial. Jangan terlalu lama atau sering menggunakan medsos hingga melupakan hal penting atau kegiatan yang lebih bermanfaat. Mau bagaimanapun, kehidupan dalam dunia nyata lebih penting dan tetap jadi prioritas utama.

Yuk, mulai sekarang kita sama-sama lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan Jika tulisan ini di rasa bermanfaat, silahkan di bagikan.

0 Response to "6 Tips Aman dan Bijak Menggunakan Media Sosial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel