6 Tips Mengurangi Stres yang Ampuh dan Mudah Dilakukan

AyiedNet - Sebagai seorang pekerja yang dominan menggunakan kerja otak, saya memang rentan mengalami stres. Ya, stres memang kerap terjadi pada banyak orang, penyebabnya bisa bermacam-macam seperti tekanan atau tuntutan pekerjaan, rasa khawatir berlebih, rasa takut dan lainnya. Untuk membuat jiwa dan psikis tetap stabil, Ada beberapa cara atau tips mengurangi stres yang biasanya saya lakukan.


Tips Mengurangi Stres

6 Tips Mengurangi Stres yang Ampuh

1.    Tidur
Saat sedang stress, tubuh terasa lebih cepat lelah dari biasanya. Jika sudah merasa letih berfikir dan ingin mengistirahatkan otak sejenak, saya memilih untuk tidur. Kegiatan tidur merupakan salah satu tips mengurangi stres yang mudah dan cukup efektif. Usai bangun tidur, tubuh dan pikiran jadi lebih fresh dan siap untuk beraktifitas kembali.

2.    Rekreasi
Bosan dengan keadaan sekitar? Jika ya, itu berarti sudah saatnya untuk melakukan traveling atau pergi rekreasi. Dulu, ditengah aktifitas kerja yang cukup padat, saya selalu menyempatkan untuk pergi liburan, minimal 1 bulan sekali. Hal ini sengaja saya lakukan untuk menghidarkan diri dari rasa bosan dan suntuk. Pergi ke luar kota, melihat pemandangan lain dari biasanya serta bertemu dengan teman adalah cara lainnya untuk mengurangi stress yang sedang dialami.

3.    Lakukan Hobi
Sediakan waktu khusus untuk bisa melakukan hobi. Melakukan kegiatan yang disukai bisa menimbulkan perasaan bahagia dan mengurangi potensi timbulnya stres. Saya sendiri memiliki beberapa hobi yang sering saya lakukan disela-sela waktu luang. Mendengarkan musik, membaca atau menonton film adalah jenis hobi yang bisa mengatasi stres yang mungkin melanda.

4.    Curhat
Stres yang dialami mungkin saja terjadi akibat adanya masalah yang sedang terjadi dan menumpuk dalam diri, dengan kata lain tidak ada tempat untuk berbagi kisah dan masalah. Orang-orang yang memiliki kebiasaan memendam masalah dan enggan membaginya dengan orang lain, biasanya memiliki risiko yang lebih besar terkena stres. Untuk itu, tidak ada salahnya berbagi kisah kepada orang lain, seperti teman, saudara atau orang lain yang dapat dipercaya.

5.    Perbanyak Ibadah
Tidak ada tips mengurangi stres yang lebih ampuh dan mudah selain memperbanyak doa dan ibadah. Segala keluh-kesah yang dilakukan di hadapan Tuhan jauh lebih baik daripada membaginya kepada siapapun. Aktifitas ibadah, tidak hanya sebuah ritual khusus antara manusia dengan Tuhan, melainkan juga sebagai media penenangan jiwa.

Banyak orang yang merasa jauh lebih tenang meski seberat apapun masalah yang dihadapi usai melakukan ibadah. Untuk yang beragama islam, bisa memperbanyak sholat, mengaji, berkumpul dengan orang sholeh, pergi ke majlis ilmu dan sebagainya.

6.    Makan Makanan Favorit
Entah apakah ini juga berlaku pada orang lain, namun bagi saya menyantap makanan favorit juga bisa jadi salah satu tips mengurangi stress yang ampuh. Saat makan makanan kegemaran, semacam ada rasa bahagia yang muncul dan ini bisa jadi semacam peredam rasa stres yang ada. Beberapa jenis makanan yang biasanya dapat menjadi semacam mood booster adalah es krim, coklat, soto, kopi dan juga salad buah dengan banyak taburan keju.

Namun setelah makan, jangan lakukan kebiasaan kecil ini ya setelahnya. Karena cukup berbahaya jika dilakukan, meski kita tidak sengaja melakukannya.

6 tips mengurangi stress di atas tadi, patut kamu coba juga di rumah, selain mudah, murah dan bisa dilakukan dimanapun, tips yang sudah diberikan pada artikel ini bisa langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat ya.

0 Response to "6 Tips Mengurangi Stres yang Ampuh dan Mudah Dilakukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel