5 Cara Atur Keuangan di Awal Tahun 2019

AyiedNet - Saat ini makin banyak generasi milenial yang melek finansial. Nah, mumpung masih awal tahun baru, ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan untuk atur keuangan di 2019. Utamanya untuk mewujudkan resolusi keuangan dengan memanfaatkan kartu kredit secara bijak.

Mewujudkan resolusi keuangan itu susah-susah gampang, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Yang penting selalu ada target yang jelas dan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai target yang sudah ditentukan.

Definisikan resolusi keuangan kamu dengan jelas. Misalnya akhir 2019 memiliki tabungan Rp100 juta, aset tak bergerak Rp200 juta, membeli rumah seharga Rp350 juta dan lain sebagainya.


Macam-macam kartu kredit

Nah untuk mewujudkan resolusi tersebut tentu kamu butuh perencanaan dan mengatur keuangan sejak awal. Mumpung masih awal tahun, berusahalah komitmen dengan rencana yang sudah disiapkan seperti berikut ini.

Sisihkan 10 persen untuk tabungan
Ukuran tabungan tentu saja bersifat fleksibel. Misalnya disesuaikan dengan resolusi akhir tahun. Rencanakan sejak awal. Jika ada beberapa pos yang harus dikurangi, kamu harus berani untuk berkorban.

Misalnya mengurangi jalan ke cafe atau jajan yang sifatnya hanya kebutuhan lifestyle saja. Hal ini jelas penting untuk memenuhi target bulanan kamu agar resolusi kamu bisa terwujud di akhir tahun.

Siapkan dana darurat
Tidak ada yang tahu apa yang akan kita hadapi di masa depan. Itulah sebabnya beberapa pakar perencanaan keuangan menyarankan untuk menyiapkan dana darurat. Dana darurat biasanya dibudgetkan sekitar 10 persen dari total penghasilan. Jadi, kamu juga harus pintar-pintar yang membagi alokasi dana penghasilan dengan baik.

Pertimbangkan asuransi kesehatan
Sama halnya seperti dana darurat, asuransi ibarat ban serep pada sebuah kendaraan. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, ban serep ini bisa siap sedia kapan saja dibutuhkan.

Hanya saja ban serep ini harus disiapkan dengan baik soal kualitas dan kuantitasnya. Begitu juga dalam memilih asuransi kesehatan. Sesuaikan dengan kemampuan dalam membayar premi. Pahami perlindungan yang didapatkan.

Investasi saham
Investasi perlu dibedakan dengan tabungan. Anggap saja investasi ini adalah tabungan jangka panjang. Sedangkan tabungan biasa bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan seperti membeli tiket pesawat saat mudik atau saat hendak liburan.

Investasi saham menjadi salah satu pilihan karena semakin populer dibandingkan dengan investasi lain seperti reksadana, deposito serta obligasi. Meskipun risikonya paling besar dibandingkan investasi lain, saham menawarkan keuntungan yang tinggi. . Lewat investasi saham ini pula kamu bisa belajar mengenal risiko dan peluang berbisnis dalam skala besar untuk kebutuhan jangka panjang.

Pastikan kartu kredit digunakan dengan bijak
Pintar-pintarlah menggunakan kartu kredit. Selain bisa membantu keuangan kamu, pinjaman jenis ini juga bisa digunakan untuk membangun reputasi keuangan kamu di mata lembaga keuangan. Manfaatnya kelak kamu akan lebih mudah untuk mengajukan KPR atau kebutuhan lainnya.

Kalau belum punya, kamu tetap bisa menggunakan layanan kartu kredit digitalpinjaman online dari Kredivo. Kredivo adalah salah satu layanan fintech lending berbasis peer-to-peer landing yang terdaftar dan diawasi ketat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Layaknya kartu kredit konvensional, Kredivo menyediakan pinjaman berbentuk limit mencapai Rp 30 juta, yang bisa digunakan belanja online sekaligus dicairkan menjadi uang tunai.

Syarat mendaftar Kredivonya mudah sekali kok. Yang penting sudah berusia 18 tahun, punya penghasilan minimal Rp3 juta perbulan dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Bali, Yogyakarta, Medan, Solo, Malang, atau Makassar.

Selanjutnya tinggal daftar secara online dengan mengunduh aplikasinya lewat Google Play Store atau App Store. Ikuti saja langkah-langkahnya dengan menyiapkan dokumen seperti foto selfie diri pengganti KTP, bukti penghasilan (slip gaji dan rekening koran), dan bukti tempat tinggal (KK dan STNK Motor/Mobil).

Kredivo punya opsi pembayaran fleksibel dengan bunga rendah. Kamu bisa pilih “Bayar dalam 30 hari” atau “Cicilan”. Untuk belanja online dengan mMetode pembayaran dalam waktu 30 hari, kamu tidak akan  dikenakan bunga sama sekali. Limit maksimal yang bisa diberikan pada opsi ini sebesar Rp 3 juta.dengan minimum belanja di bawah Rp1 juta dalam satu keranjang.

Sementara untuk pembayaran dengan metode cicilan,  bunga yang dikenakan 2,95% per bulan, dan limit maksimal yang bisa diberikan sebesar Rp 30 juta. Untuk menggunakan opsi ini, kamu harus berbelanja paling tidak dengan nominal total Rp 1 juta. minimal total belanja Rp1 juta. Jadi, kalau mau belanja secara online kebutuhan rumah tangga di JD.ID, sekarang bisa bermacam-macam barang. Yang penting jika ditotal secara keseluruhan nilainya minimal Rp1 juta.

Nah, bunganya sendiri hanya 2,95% yang bisa dibayarkan dalam waktu 3, 6, dan 12 bulan. Tinggal pilih saja mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Kalau reputasi keuangan kamu baik, Kredivo bisa memberikan kredit limit sampai dengan Rp30 juta lho!

Kredivo juga bisa digunakan langsung untuk booking tiket pesawat langsung dari aplikasinya. Simple dan tambah ringkes bukan?

Nah, ngomongin soal dana darurat, kamu juga bisa nih memanfaatkan fitur pinjaman tunai dari Kredivo. Pinjaman ini bisa kamu pergunakan untuk kondisi darurat untuk berobat ke rumah sakit atau kebutuhan lainnya.

Tersedia pinjaman mini dengan minimal Rp500 ribu atau pinjaman jumbo dengan minimal Rp1 juta. Untuk pinjaman mini maksimal hanya 30 hari, sedangkan pinjaman jumbo ada pilihan cicilan 3 bulan dan 6 bulan dengan bunga 2,95% saja perbulan. Bunga pinjaman Kredivo ini jauh lebih rendah 50 persen dibandingkan dengan perusahaan non bank lainnya.

0 Response to "5 Cara Atur Keuangan di Awal Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel