Mengenal Lebih Jauh Ciri Musik Jazz Dan Penyanyinya Asal Indonesia

AyiedNet - Bicara soal musik, memang menarik ya gaes...! Pasalnya ada beragam aliran atau jenis musik yang ada saat ini. Kalo kamu sendiri, suka jenis musik apa? Jika jawabannya adalah jazz, maka kita sealiran nih! Sebelum menjadi musik jazz yang enak didengar seperti sekarang, ternyata jenis musik jazz telah melalui sejarah yang cukup panjang. By the way, udah pada tau ga sih gimana cara membedakan ciri musik jazz dengan jenis musik yang lain? Bagi yang sudah terbiasa mendengarkan musik ini, mungkin bisa dengan mudah mengetahuinya. Tapi, bagi yang awam atau jarang mendengarkan musik jazz, pastinya agak sulit membedakan atau mengetahui jenis aliran musik apa yang sedang didengarkan. Nah, sebagai tambahan informasi aja buat kamu yang suka musik, ini ada sedikit penjelasan tentang ciri musik jazz. Yuk simak!

Ciri Musik Jazz

1.    Ada yang menyebutkan bahwa musik jazz mirip dengan blues. Hal ini memang tidak salah karena pada perkembangannya, jazz memang berawal dari jenis musik blues.
2.    Di banyak lagu-lagu jazz modern saat ini, sebagian menggunakan nada up tempo atau nada tinggi.
3.    Salah satu ciri musik jazz yang utama dan terasa khas adalah adanya improvisasi. Itulah mengapa, banyak yang menyebutkan bahwa untuk menjadi penyanyi jazz tidaklah mudah, harus pintar memainkan improvisasi pada lagu yang dinyanyikan
4.    Pada beberapa bagian lagu, ada yang terdengar nada cengkok atau yang biasa disebut juga dengan swinging.
5.    Antara lirik dan vocal menjadi satu kesatuan bunyi instrument.
6.    Harmoninya yang terkadang cukup rumit.
7.    Tonalitas luas bahkan tidak jarang terjadi modulasi.

Setelah mengetahui apa saja ciri musik jazz, kini saatnya kita mengetahui siapa saja penyanyi Indonesia yang beraliran jazz. Mungkin sebagian sudah tahu dengan beberapa nama penyanyi berikut ini!

1.    Tulus

Tulus Penyanyi Musik Jazz

Pria bernama unik dengan tubuh gempal ini memang cukup menyita perhatian beberapa tahun belakangan karena suaranya yang unik, renyah dan enak didengar. Muhammad Tulus sukses menghasilkan karya lagu yang sebagian besar diantaranya selalu menduduki peringkat atas pada tangga lagu Indonesia. Tidak heran, jika fans Tulus banyak dan jadwal manggungnya cukup padat. Beberapa lagu Tulus yang terkenal adalah Teman Hidup, Gajah, Sepatu dan Pamit.

2.    Andien

Andien Penyanyi Musik Jazz

Kiprahnya dalam dunia musik memang sudah cukup lama dan hingga kini, nama Andien masih populer sebagai penyanyi jazz Indonesia bertalenta. Ketertarikannya terhadap musik jazz memang sudah ada sejak ia kecil, tidak heran jika pada usia 15 tahun, Andien berhasil mengeluarkan album pertamanya. Hingga tahun 2104, sudah ada 6 album yang berhasil dilempar ke pasaran.

3.    Tompi

Tompi Penyanyi Musik Jazz

Penyanyi yang juga seorang dokter ini kerap disapa sebagai dokter unik. Pasalnya, selain bekerja sebagai dokter, Tompi juga sangat mahir dalam bernyanyi. Suaranya yang khas dan berkarakter serta melengking, menjadi daya tarik tersendiri sekaligus magnet bagi pecinta musik. Sejak awal kemunculannya di dunia musik pada tahun 2003 hingga saat ini, terhitung ada 9 album yang berhasil ia keluarkan.

4.    Raisa

Raisa Penyanyi Musik Jazz

Siapa yang tidak kenal dengan penyanyi jazz satu ini? Suaranya yang lembut dan memikat berhasil menarik perhatian penikmat musik di Indonesia. Ditunjang dengan wajah yang cantik serta suara yang bagus, membuat nama Raisa begitu cepat melejit. Banyak lagu-lagu Raisa yang populer dan terkenal seperti Could It Be, Terjebak Nostalgia, Serba Salah, Jatuh Hati dan Angan-anganku.

0 Response to "Mengenal Lebih Jauh Ciri Musik Jazz Dan Penyanyinya Asal Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel