Ternyata Ini 7 Manfaat Minyak Kelapa yang Jarang Diketahui

AyiedNet - Dari sekian jenis minyak yang ada, minyak kelapa adalah salah satu yang dipercaya dan terbukti banyak memiliki khasiat. Hal ini telah dibuktikan melalui berbagai penelitian. Kini, minyak kelapa tidak hanya digunakan untuk kebutuhan memasak saja, tetapi juga dimanfaatkan untuk kesehatan dan perawatan kulit. Apa saja manfaat dari mengkonsumsi atau menggunakan minyak kelapa?

7 Manfaat Minyak Kelapa

1.    Bagus Untuk Diet
Seringkali, orang yang sedang dalam program diet sebisa mungkin untuk menghindari makanan yang digoreng. Pasalnya, gorengan yang menggunakan minyak sawit seperti yang sering digunakan pada umumnya tidaklah bagus bagi tubuh karena mampu menambah lemak. Tapi tidak bagi minyak kelapa, jenis minyak ini justru mengandung asam lemak jenuh yang dapat meningkatkan proses metabolisme sehingga energi dapat dikelola dengan baik dalam tubuh. Hasilnya, siapa yang mengkonsumsi minyak kelapa akan terhindar dari merasa lapar lebih cepat. Jadi, nafsu makan dapat lebih ditekan. Saat ini, sebagian orang sudah ada yang mengganti minyak sawit dengan minyak kelapa untuk keperluan memasak karena dirasa lebih sehat dan aman bagi tubuh.

2.    Membuat Rambut Tebal dan Lebat
Sebelum penggunaan shampo, vitamin rambut atau produk kecantikan rambut seperti yang populer saat ini, orang dahulu justru menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan rambut alami. Ternyata, khasiatnya memang terbukti benar dapat membuat rambut jadi lebih tebal, lebat dan hitam berkilau. Untuk minyak kelapa terbaik bagi rambut adalah minyak kelapa organik extra virgin yang telah melalui proses pengolahan dan bahan bermutu tanpa campuran bahan lain.

3.    Melembabkan Kulit
Ada banyak alasan atau sebab mengapa minyak kelapa dapat dikatakan sangat baik untuk kulit, khususnya dalam hal melembabkan, diantaranya yaitu mengandung senyawa antiaging, anti inflamasi, antibakteri serta mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Bagi yang memiliki masalah dengan kulit kering, pecah-pecah dan juga mengalami luka pada kulit, bisa memanfaatkan minyak kelapa yang dioleskan merata dan secara rutin pada permukaan kulit.

4.    Menyembuhkan Luka
Jika tidak ada obat merah saat terjadi luka pada kulit, bisa menggantinya dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang terluka. Ya, ini manfaat lainnya yang jarang diketahui. Luka seperti memar akan bisa diatasi dengan minyak kelapa karena senyawa anti inflamasi bekerja memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

5.    Baik Untuk Minyak Pijat
Sifat minyak kelapa yang tidak mudah lengket, cepat meresap dikulit dan melembabkan, menjadikannya sangat baik digunakan untuk keperluan pijat. Bau minyak kelapa yang wangi serta tidak menyengat juga menjadi alasan mengapa sebagian orang lebih suka menggunakan minyak kelapa sebagai minyak urut andalan.

6.    Bagus Untuk Organ Pencernaan
Bagi yang sering bermasalah dengan bagian organ pencernaan seperti sembelit, iritasi usus, diare dan lainnya, bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai obat alami. Lemak jenuh pada minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang efektif melawan bakteri, jamur dan parasit. Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa secara maksimal, khususnya untuk organ pencernaan, bisa rutin mengkonsumsi minyak kelapa murni  setiap hari.

7.    Mengatasi Bibir Pecah
Bagian kulit pada bibir memang tergolong sensitif. Tidak heran, jika saat tubuh kekurangan vitamin C, bagian bibir bisa dengan mudah pecah-pecah. Sebenarnya, ada berbagai faktor lainnya yang dapat menyebabkan kulit bibir pecah, salah satunya karena memang jenis kulitnya kering. Tidak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah ini, bisa memanfaatkan minyak kelapa yang dioleskan pada bagian permukaan bibir secara merata.

Itulah 7 Manfaat Minyak Kelapa yang mungkin saja tidak kamu ketahui sebelumnya, namun jika kamu mengetahui kelebihan lainnya dari minyak kelapa boleh dong berbagi di komentar di bawah ini.

0 Response to "Ternyata Ini 7 Manfaat Minyak Kelapa yang Jarang Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel