6 Menu Takjil Buka Puasa yang Nikmat, Segar dan Gampang Cara Membuatnya

AyiedNet - Hanya dalam hitungan bulan saja, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Pada bulan ini seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Saat bulan puasa adalah saat dimana banyak aneka makanan dan takjil buka puasa dijual diberbagai pasar ramadhan. Sebagian orang ada yang lebih memilih membeli makanan untuk buka puasa, sebagian lagi justru lebih senang membuatnya sendiri di rumah.

Dari sekian banyak jenis takjil buka puasa yang biasa disajikan, berikut ini ada 6 menu yang bisa dipilih atau dicoba untuk dibuat sendiri karena cara penyajiannya yang cukup mudah dan praktis. Apa saja menunya? Yuk simak!

6 Menu Takjil Buka Puasa

1.    Es Buah

Es Buah

Saat berpuasa, tubuh sangat memerlukan asupan vitamin yang cukup agar tetap fit selama menjalankan ibadah pada bulan Ramadhan. Untuk itu, dianjurkan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Jika bosan dengan sajian sayur atau buah yang itu-itu saja, kamu bisa membuat menu nikmat dan segar berupa es buah yang terdiri dari beberapa jenis buah. Campurkan potongan buah bersama sirup, madu, santan atau gula cair plus es batu untuk disantap saat buka puasa.Ehm… pastinya sangat segar sekali ya guys!

2.    Jus Kurma

Jus Kurma

Buah kurma yang manis dan kaya manfaat ini memang menjadi buah primadona saat bulan puasa. Untuk menikmatinya, seringkali kurma langsung disantap. Namun, tahukah kamu? Jika buah kurma bisa dikreasikan menjadi menu takjil buka puasa yang nikmat. Caranya yaitu dengan membuatnya menjadi minuman jus. Ya, jus kurma bisa jadi minuman kaya serat dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Campurkan beberapa biji buah kurma dengan susu cair, sedikit gula dan potongan es batu, lalu haluskan menggunakan blender. Jus kurma siap untuk disajikan!

3.    Kolak Pisang

Kolak Pisang

Siapa yang tidak kenal dengan menu satu ini?!Kolak pisang seakan menjadi sajian takjil buka puasa yang wajib ada, baik saat di rumah ataupun buka puasa bersama diluar. Rasanya yang manis dan legit seakan memang pas untuk disajikan sebelum menyantap menu utama. Kolak pisang bisa dibuat dengan bahan lain sebagai bahan tambahan misalnya saja ubi dan labu.

4.    Salad Buah

Salad Buah

Jika tidak ingin langsung menyantap makanan berat sesaat jam buka puasa tiba, bisa memilih untuk makan takjil seperti salad buah terlebih dahulu. Kamu bisa membuat sendiri salad buah di rumah dengan menggunakan beberapa jenis buah-buahan yang ada seperti anggur, apel, melon, mangga, pir dan lainnya. Campurkan bersama susu cair full cream, mayonaise dan yogurt serta beri taburan keju diatasnya. Jika ingin lebih nikmat, masukkan terlebih dahulu salad buah ke dalam kulkas agar menjadi dingin dan lebih segar.

5.    Puding

Puding

Puding bisa jadi salah satu kue yang mudah cara pembuatannya dan juga sehat untuk dikonsumsi, apalagi jika dikombinasikan dengan potongan buah seperti misalnya strowberri. Sangat cocok dijadikan semacam dessert saat buka puasa. Jika tidak ingin ribet, bisa membeli produk pudding siap saji yang banyak dijual dipasaran. Hanya dengan sedikit kreasi dan penambahan bahan, kamu bisa membuat pudding yang enak dengan tampilan yang bagus.

6.    Es Kelapa

Es Kelapa

Apabila disekitar tempat tinggal kamu banyak terdapat kelapa muda, bisa memanfaatkannya untuk dijadikan minuman segar pelepas dahaga setelah seharian puasa. Ya, buat saja es kelapa muda! Cukup campurkan air dan daging kelapa muda dengan es batu, susu kental manis serta sirup, kamu sudah bisa menikmati sajian takjil buka puasa yang nikmat, segar dan yang pasti murah meriah.

Itulah 6 Menu Takjil Buka Puasa yang nikmat, segar dan pastinya gambang cara membuat nya, Selamat mencoba!

0 Response to "6 Menu Takjil Buka Puasa yang Nikmat, Segar dan Gampang Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel