8 Ciri Ciri Hamil Muda yang Harus Kamu Tahu

AyiedNet - Hamil adalah sebuah tahapan yang sangat diharapkan oleh sepasang suami istri, karena dikaruniai anak akan lebih membahagiakan dalam kehidupan rumah tangga. Tetapi apakah kamu sudah mengetahui apa sih ciri-ciri hamil.

Mungkin saking mengidamkan untuk hamil, kamu harus sampai cek terus-terusan sehingga kamu perlu melihat ciri-ciri yang terjadi pada kamu. Nah, bagi kamu yang ingin tahu ciri-ciri hamil muda, bisa cek informasi lebih lengkapnya berikut ini:

8 Ciri Ciri Hamil Muda


8 Ciri Ciri Hamil Muda


1.    Perubahan Pada Payudara
Ketika seseorang sedang hamil, maka payudara biasanya menjadi lebih besar, hal ini terjadi karena meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron. Selain itu kondisi payudara juga akan semakin lembut, puting susu membesar juga dengan warna akan semakin gelap dan terkadang terasa gatal.

Pembuluh vena pada payudara akan terlihat terjadi penegangan payudara, sehingga hal inilah yang terjadi.

2.    Mual dan Muntah-Muntah
Kebanyakan ibu hamil akan mengalami tanda kehamilan yang satu ini, karena pemicunya adalah meningkatnya hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang secara tiba-tiba. Rasa mual ini biasanya akan menghilang setelah memasuki kehamilan trimester kedua.

Mual dan muntah ini disebut dengan morning sickness karena umumnya terjadi ketika pagi hari datang. Tetapi bisa juga terjadi saat siang maupun malam hari, jadi tergantung dari setiap orang masing-masing.

3.    Mudah Lelah dan Ngantuk
Saat sedang hamil, biasanya kamu akan merasa cepat lelah dan mengantuk, rasa lelah ini disebabkan oleh perubahan hormonal. Selain itu disebabkan oleh organ vital seperti ginjal, paru-paru dan jantung yang semakin bertambah.

Perut ibu biasanya semakin besar seiring bertambahnya usia kehamilan sehingga memberikan beban tersendiri bagi tubuh ibu hamil.

4.    Indera Penciuman Lebih Sensitif
Saat hamil muda biasanya indera penciuman akan menjadi lebih sensitif, hal ini ditandai dengan mudahnya mencium bau tidak sedap yang akan menimbulkan rasa mual. Meningkatnya kemampuan indera ini juga disebabkan oleh perubahan hormon estrogen pada tubuh ibu hamil

5.    Perubahan Mood
Ibu hamil biasanya memiliki mood yang tidak tentu dan mudah berubah karena peningkatan hormon dalam tubuh ibu hamil. Ketidakseimbangan hormon menyebabkan mood berubah begitu cepat, terutama saat pagi hari.

6.    Muncul Flek Darah dan Kram Perut
Meskipun Ciri Ciri Hamil yang satu ini tidak terjadi kepada semua orang, tetapi flek darah dan kram perut ini biasanya datang sebelum menstruasi datang. Biasanya terjadi antara 8 – 10 hari setelah terjadinya ovulasi.

Bercak darah ini adalah Ciri Ciri Hamil yang disebabkan oleh implantasi embrio pada dinding rahim. Selain itu biasanya kram perut juga mengikuti Ciri Ciri Hamil ini, dan berlanjut hingga sampai kehamilan trimester kedua.

7.    Sering Buang Air Kecil
Saat usia kehamilan masih muda, biasanya frekuensi untuk buang air kecil akan meningkat pesat dibanding biasanya. Hal ini terjadi karena janin yang tumbuh dalam rahim menekan kandung kemih karena adanya peningkatan sirkulasi darah.

Selain itu kandung kemih jadi lebih cepat dipenuhi urine serta keinginan untuk membuang air kecil lebih sering.

8.    Ngidam Tapi Malas Makan
Ciri Ciri Hamil berikutnya adalah ngidam, ingin makanan yang aneh-aneh serta ingin melakukan aneh-aneh tetapi nyatanya ibu hamil tidak suka makan. Karena rasa malas yang menimpanya, padahal ngidamnya lebih sering tentang makanan.

Itulah Ciri Ciri Hamil yang biasa terjadi, jadi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang Ciri Ciri Hamil bisa melihat daftarnya di atas. Setiap orang berbeda-beda cirinya, ada yang mengalami dan ada juga yang tidak mengalami.

Semoga kamu yang hamil muda bisa menikmati proses kehamilan hingga sampai melahirkan bayi dengan selamat, Aamiin ..

0 Response to "8 Ciri Ciri Hamil Muda yang Harus Kamu Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel