6 Penyebab Gigi Berlubang yang Menyebabkan Sakit dan Keropos

AyiedNet - Gigi merupakan anggota mulut yang harus dijaga kebersihannya, karena gigi adalah alat untuk mengunyah makanan. Tanpa adanya gigi, makanan selezat apapun akan cukup sulit dicerna, karena itulah kita harus menjaga gigi agar tidak rusak, karena banyak penyebab gigi berlubang dan masalah gigi lain yang harus ditangani.

Gigi berlubang misalnya, gigi akan menjadi lebih sensitive, dan akhirnya ketika kita makan sesuatu akan menimbulkan rasa sakit. Hal seperti ini haruslah dicegah dengan dan diketahui penyebabnya kenapa gigi berluang seperti berikut ini:

6 Penyebab Gigi Berlubang


Penyebab Gigi Berlubang


1.    Bakteri
Bakteri penyebab gigi berlubang ini ternyata cukup banyak, tidak hanya bakteri lactobacillus acidophilus saja, tetapi ada juga lainnya. Bakteri yang satu ini ternyata rentan menyerang gigi pada anak umur 3 sampai 12 tahun dengan membuat gigi yang diserang berlubang.

Ada 6 spesies bakteri streptokokus yang ternyata menyerang permukaan halus pada sisi gigi, yaitu sisi yang menyentuh gigi berdekatan. Lubang gigi ini timbul pada sisi yang sulit terdeteksi secara visual, tetapi masih bisa dideteksi dengan sinar X.

Bakteri odontomyces viscoses adalah bakteri pada belakang lidah dan menyerang bagian sementum. Sementum sendiri merupakan lapisan luas yang keras dari akar gigi, dan jika terbuka akan lebih mudah terserang bakteri ini, terutama pada pasien dengan penyakit gusi dan sudah lanjut usia.

2.    Plak Gigi
Plak gigi ternyata juga mengandung berbagai jenis bakteri yang berkembang melalui makanan dan minuman berzat seperti gula dan menjadi penyebab gigi berlubang. Ketika kandungan gula tersebut tidak segera dibersihkan, maka bakteri akan menyerang gula tersebut dan memproduksi asam.

Plak terbentuk dengan tekstur yang kasar, jika plak tersebut menumpuk, maka karang gigi tidak bisa dihindari. Kandungan asam pada plak ini bisa menghilangkan mineral gigi serta enamel gigi, dan menyebabkan gigi berlubang.

Ketika kerusakan gigi terus berkembang, maka bakteri dan asam akan bergerak ke bagian yang lebih dari gigi, yang berisi saraf serta pembuluh darah. Pada akhirnya bagian pulp akan bengkak dan mengakibatkan sakit gigi yang parah.

3.    Pola Makan
Mengkonsumsi makanan serta minuman yang tinggi kandungan karbohidratnya juga bisa meningkatkan resiko kerusakan pada gigi. Jenis makanan tersebut seperti cokelat, permen, gula hingga minuman bersoda.

Beberapa jenis obat-obatan juga bisa mengandung gula, jadi sebaiknya kamu memilih jenis makanan, minuman hingga obat-obatan yang bebas gula.

4.    Kebersihan Mulut Buruk
Ketika seorang tidak teratur sikat gigi, maka hal tersebut bisa meningkatkan resiko kerusakan gigi, seperti gigi berlubang. Karena itulah sebaiknya gigi harus disikat setidaknya 2x sehari agar terhindar dari rusaknya gigi dan bau mulut.

Lubang pada gigi ini bisa menyebabkan bau mulut yang sangat kronis, karena itulah kamu harus segera mengatasinya.

5.    Merokok
Merokok ternyata juga bisa membuat gigi berlubang loh, hal ini dikarenakan kandungan tembakau bisa mengganggu produksi air liur. Padahal air liur sendiri fungsinya menjaga permukaan gigi agar tetap bersih, jika air liurnya tidak keluar, maka gigi mudah kotor dan mudah berlubang.

6.    Mengkonsumsi Alkohol
Pecandu alkohol juga bisa memiliki resiko tinggi giginya rusak karena kandungan alkohol yang dimiliki bisa merusak enamel gigi. Jadi sebaiknya kamu menghindari alkohol, karena bisa menyebabkan masalah serius pada gigi kamu.

Bagaimana, apakah kamu sudah tahu apa saja penyebab gigi berlubang? Sebaiknya kamu segera melakukan kebiasaan baik untuk sikat gigi secara teratur dan segera meninggalkan makanan atau minuman yang bisa merusak enamel gigi.

0 Response to "6 Penyebab Gigi Berlubang yang Menyebabkan Sakit dan Keropos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel