Selain Bersejarah, Spot Wisata Kota Tua Jakarta Juga Instagrammable

Kota Tua Jakarta sudah tersohor dengan cerita bersejarahnya. Bangunan bersejarah di dalamnya benar-benar kental dengan nilai sejarah yang berharga. Selain bersejarah, wisata Kota Tua Jakarta sangat instagrammable. Pasti ada saja sisi menarik dari bangunan bersejarahnya yang menarik kamu untuk berfoto. Kamu bisa mengabadikan semua momen dengan mengunjungi beberapa spot ini.

8 Spot Wisata Kota Tua Jakarta


Wisata Kota Tua Jakarta Malam Hari

1. Museum Fatahillah
Spot wisata pertama yang sangat menarik di Kota Tua adalah Museum Fatahillah. Museum ini adalah saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Pada mulanya, museum ini bernama Museum Batavia.

Saat penjajahan VOC, gedung ini dijadikan balai kota dan ruang pengadilan sampai ada penjara bawah tanahnya. Karenanya, banyak benda peninggalan Belanda yang masih tersimpan di tempat ini. Untuk masuk ke museum, kamu hanya perlu membayar Rp2000,00 saja.

2. Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia sangat khas dengan bangunannya yang bergaya kolonial. Museum ini merupakan peninggalan De Javasche Bank yang sudah berdiri mulai tahun 1828. Di dalamnya, kamu dapat melihat berbagai informasi seputar perkembangan dunia perbankan di Indonesia dari sebelum bangsa Belanda dan Jepang datang. Tiket masuknya hanya Rp5000,00.

3. Museum Bahari
Sejarah seputar kapal laut dan semua yang berkaitan dengan laut dapat dilihat di Museum Bahari. Museum yang berada di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa ini awalnya difungsikan untuk menyimpan hasil bumi yang merupakan komoditas utama VOC.

Setelah masa penjajahan, gedung ini menjadi museum untuk menyimpan sejarah perkapalan, perahu, dan seputar kelautan. Beragam koleksi biota laut dan data penyebaran beragam jenis ikan di laut Indonesia.

4. Museum Wayang
Wisata Kota Tua Jakarta memang sangat bersejarah. Hampir semua aspek diabadikan di bangunan bersejarah di dalamnya. Kesenian khas daerah Jawa juga diabadikan di sini. Museum Wayang yang bernama Hollandsche ini dibangun tahun 1640 menyimpan aneka bentuk wayang yang asli Indonesia.
Lebih dari itu, tersimpan juga wayang dari Kamboja, Thailand, Tiongkok, dan Suriname di museum ini. Tepatnya di minggu kedua dan ketiga setiap bulannya, terdapat pagelaran wayang yang bisa kamu saksikan sepuasnya.

5. Museum Seni Rupa dan Keramik
Destinasi berikutnya di kawasan Kota Tua Jakarta adalah Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum ini menyimpan aneka jenis lukisan dan keramik dari berbagai daerah, mulai dari Asia, Eropa, dan daerah lainnya di Indonesia. Total lukisannya mencapai 350 dan keramiknya mencapai 1350 jenis.

6. Stasiun Kereta Api Kota
Objek wisata berikutnya adalah Stasiun Kereta Api Kota yang nuansanya berbeda dari stasiun pada umumnya. Bukan apa-apa, stasiun yang dibangun tahun 1929 ini mempunyai bangunan yang antik karena bergaya tempo dulu. Stasiun yang kala itu diresmikan oleh jenderal Belanda ini kini juga masuk dalam daftar cagar budaya dan dilindungi Pemerintah Kota Jakarta.

Baca Juga :

7. Pelabuhan Sunda Kelapa
Setelah stasiun, ada juga Pelabuhan Sunda Kelapa yang termasuk pelabuhan penting di Indonesia. Sejak zaman dahulu, pelabuhan ini menjadi jalur terhubungnya Jakarta dengan negara-negara lain untuk berbagai kepentingan.

Dahulu, pelabuhan ini disinggahi kapal-kapal asing, namun pelabuhan ini dijadikan kegiatan berdagang sejak abad ke-5. Kini, Kapal Pinishi masih aktif untuk kegiatan perdagangan dan berlabuh di Sunda Kelapa.

8. Toko Merah
Toko merah merupakan salah satu bangunan bersejarah di wilayah Kota Tua. Ciri khasnya yang berwarna merah ini mudah dikenali oleh para pengunjung. Bangunan toko ini merupakan bangunan yang menjadi saksi bisu perjalanan perekonomian di Glodok sejak Indonesia berada di masa kolonial, Tionghoa, sampai pemerintah.

Nilai sejarah memang sangat mengesankan dan tidak bisa dilupakan begitu saja. Berbagai bangunan bersejarah tersebut menjadi saksi bisu berbagai kisah pada zaman dahulu. Kamu dapat mengetahui catatan sejarahnya di museum yang berada di kawasan Kota Tua sambil mengabadikan momennya. Tak heran, wisata Kota Tua Jakarta selalu jadi andalan di ibukota.

0 Response to "Selain Bersejarah, Spot Wisata Kota Tua Jakarta Juga Instagrammable"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel