Cara Mudah dan Simpel Cek Broken Link di Google Chrome

Halo Sobat AyiedNet, kali ini saya akan berbagi Cara Mudah dan Simpel Cek Broken Link di Google Chrome. Ya, sebenarnya sudah banyak sekali teman-teman yang memberikan tips dan trik mengenai cara cek broken link, namun entah saya yang mainnya kurang jauh atau memang tidak ada cara lebih mudah seperti yang akan saya bagikan di sini.

Tetapi sebelumnya, saya akan sedikit menjabarkan terlebih dahulu Apa itu Broken Link? Ya, karena mungkin saja tidak semua orang sudah mengetahui apa itu Broken Link.

Apa itu Broken Link

Secara garis besar nya Broken Link adalah Link pada halaman website yang jika kita klik maka tidak menemukan apapun atau hanya berupa kode 404 not found. Nah, Link Error inilah yang di sebut dengan Broken Link.

Sebagai pemilik Blog/Website tentu ini akan sangat berpengaruh sekali bagi kesehatan Blog/Website nya. Sedangkan bagi pengunjung tentu akan sangat kecewa jika tidak menemukan halaman yang ingin di tuju, sehingga tentu saja pengunjung akan langsung beralih ke artikel lain yang lebih baik.

Saya rasa banyak Blogger pemula seperti saya yang cuek mengenai Broken Link ini. Iya, 2 tahun AyiedNet di berdiri, hanya 1 kali saja saya melakukan cek Broken Link. Pemalas kan saya? Hee.. Sobat AyiedNet jangan seperti saya ya, lakukanlah cek Broken Link minimal 6 bulan sekali atau lakukan setiap kali ketika membuat sebuah artikel dengan Cara Mudah dan Simpel Cek Broken Link di Google Chrome yang akan saya bahas ini.  Dengan cara ini, Sobat AyiedNet sudah mencegah terjadinya Broken Link, sehingga Blog/Website akan senantiasa sehat terawat.

Cara Cek Broken Link dengan www.brokenlinkcheck.com

Jika Sobat AyiedNet ingin melakukan cek Broken Link secara keseluruhan pada Blog/Website Sobat, maka www.brokenlinkcheck.com ini adalah tool yang paling mudah digunakan.

Pertama silahkan Sobat kunjungi www.brokenlinkcheck.com, Lalu masukkan URL Blog/Website, kemudian isi kode chaptca dengan benar, Centang pada bagian Report distinct broken link only dan klik Find Broken Link Now!


Cara Cek Broken Link dengan www.brokenlinkcheck.com


Selanjutnya tunggu hingga prosesnya selesai, maka akan seperti gambar di bawah ini.

Broken Link di brokenlinkcheck.com

Nah, jika Sobat klik URL (garis biru), maka akan mengarah ke laman dimana Broken Link itu berada. Dan jika Sobat klik SRC (garis merah) maka yang muncul per-kode-an seperti gambar di bawah ini.

Klik SRC maka yang muncul per-kode-an ini

Bagaimana? cukup mudah bukan cara cek Broken Link dengan cara di atas? Tetapi dengan cara berikut ini akan lebih mudah dan lebih simpel dan bahkan dengan cara cek Broken Link di Google Chrome ini dapat mencegah terjadi nya Broken Link.

Cara Mudah dan Simpel Cek Broken Link di Google Chrome

Langkah awal yang Sobat AyiedNet harus lakukan adalah mengunjungi Broken Link Checker, Selanjut nya tambahkan sebagai Ekstensi di Google Chrome atau di Opera Browser. Setelah itu tinggal Sobat pilih artikel yang mau di cek Broken Link nya dan klik Eksenti nya, maka akan muncul beberapa Broken Link, seperti gambar di bawah ini.

Broken Link Komentar

Nah, ternyata Broken Link nya berasal dari beberapa komentar Sobat AyiedNet. Profilnnya sudak tidak ada lagi, mungkin karena dulu nya menggunakan profil dari Google+, Sedangkan seperti yang kita ketahui layanan G+ sudah tidak ada lagi sehingga profil yang berkomentar menggunakan Google+ akan menyebabkan Broken Link.

Sayang memang komentar-komentar postitif harus di hapus, namun jika tidak dilakukan maka akan menjadikan Blog/Website kita tidak sehat.

Contoh di atas saya lakukan kepada artikel lama di Blog/Website www.ayied.net, Jika setiap kita selesai menerbitkan sebuah artikel lalu langsung melakukan Cek Broken Link dengan sekali klik, maka tidak akan terjadi Broken Link dan Blog/Website kita akan senantiasa sehat terawat.

Bagaimana? Mudah dan Simpel banget kan cek Broken Link dengan cara ini. Semoga bermanfaat ya..

0 Response to "Cara Mudah dan Simpel Cek Broken Link di Google Chrome"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel