Gatal-gatal pada Penderita Diabetes, Ini Penyebabnya


Penyebab gatal pada Penderita Diabetes
Tak sedikit penderita diabetes yang mengeluhkan gatal-gatal di kulit. Ketahui penyebabnya lewat artikel ini. 

Diabetes melitus atau diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula tinggi. Dampak tertentu pada tubuh penderita bisa terjadi, termasuk gatal-gatal pada kulit. Apa penyebab timbulnya keluhan ini?

Sebagai salah satu jenis penyakit metabolik, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter menjelaskan bahwa diabetes akan memengaruhi berbagai mekanisme dan fungsi dalam tubuh, tak terkecuali pembuluh darah dan sirkulasinya.

Kenapa muncul keluhan gatal pada penderita diabetes?

Tak jarang, penderita diabetes mengalami berbagai gejala dan penyakit tambahan, salah satunya adalah keluhan gatal di kulit. Diperkirakan hingga 79 persen penderita penyakit diabetes memiliki keluhan pada kulit, mulai dari yang ringan hingga berat.

“Keluhan pada kulit ini beragam. Bisa sekadar keluhan kulit yang terasa kering, hingga luka yang sulit sembuh yang dapat berujung pada amputasi seperti yang kerap terjadi pada kondisi ‘kaki diabetes’,” ujar dr. Astrid.

Hubungan antara diabetes dengan meningkatnya keluhan pada kulit pun sudah terbukti melalui berbagai penelitian. Gangguan sirkulasi dan pembuluh darah pada penderita diabetes salah satunya akan memengaruhi fungsi dan kemampuan kulit sebagai tameng antara tubuh manusia dengan dunia luar.

Sejatinya, kulit memiliki kemampuan untuk bertahan dan melawan berbagai agen dari luar. Dengan adanya gangguan pembuluh darah dan sirkulasi akibat diabetes, kemampuan ini dapat menurun, sehingga berbagai radang dan infeksi jadi lebih mudah menyerang.

Menurunnya fungsi ketahanan dan keseimbangan permukaan kulit ini, menurut dr. Astrid dapat meningkatkan risiko penderita diabetes mengalami gangguan kulit yang cenderung kering. Ini termasuk timbulnya lesi seperti eksem hingga dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang sehat.

“Kulit kering inilah yang kerap menimbulkan rasa gatal dan dapat menyerang hingga sekujur tubuh pada penderita diabetes,” kata dr. Astrid menutup perbincangan.

Demikianlah penyebab gatal-gatal pada penderita diabetes. Keluhan ini sebetulnya tidak parah dan bisa dengan mudah diatasi dengan rutin mengoleskan pelembap di bagian kulit yang kering. Hindari hasrat ingin terus menggaruk karena bisa sebabkan luka, apalagi jika kadar gula darah sedang tinggi. Bisa-bisa, luka memburuk, tak kunjung sembuh, dan bisa timbulkan infeksi lanjutan.

0 Response to "Gatal-gatal pada Penderita Diabetes, Ini Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel