Kaca Mobil Berembun, Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Banyak pengguna mobil yang sering mengeluhkan kaca mobil berembun baik untuk bagian dalam atau bagian luar. Sebab, secara tak langsung embun pada kaca mobil berbahaya bagi mereka yang berkendara. Sebenarnya, apa sih penyebab kaca mobil bisa berembun dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Kaca Mobil Berembun

Embun pada kaca mobil pada umumnya terjadi ketika hujan turun. Itu dikarenakan kelembapan udara yang ada di luar kabin cukup tinggi sehingga menimbulkan hawa dingin dan membuat kaca mobil berembun. Selain karena hujan, kabut di pagi hari juga bisa jadi penyebab utama mengapa kaca mobil bisa berembun.

Penyebab Kaca Mobil Berembun

Secara teknis, embun yang ada di kabin mobil muncul akibat kelembapan udara yang tinggi namun juga bisa muncul karena perbedaan suhu udara yang cukup timpang di bagian luar kabin dan bagian dalam kabin. Selain kabut di pagi hari dan hujan, sebenarnya AC mobil adalah biang utama penyebab kaca mobil bisa berembun.

Proses terjadinya embun sendiri disebut dengan kondensasi atau karena perbedaan suhu udara yang cukup besar antara bagian luar dan dalam mobil. Uap air yang disebabkan oleh napas Anda akan bertemu dengan tekanan udara di dalam kabin dan pada akhirnya tak bisa ditampung baik oleh tubuh maupun udara yang ada di kabin.

Otomatis, nantinya uap air itu akan mencari lokasi terdingin dan tempat paling dekat adalah kaca mobil. Untuk kadar embun yang bisa menempel di kaca sendiri sangat bergantung dengan jumlah penumpang yang ada di dalam mobil tersebut. Inilah yang bisa jadi penyebab kaca mobil berembun.

Kaca Mobil Berembun saat AC Nyala

Seperti yang dikatakan sebelumnya, AC juga bisa jadi penyebab utama kaca mobil berembun. Proses kondensasi yang terjadi karena perbedaan suhu udara yang ada di bagian dalam dan luar mobil membuat udara panas yang tertekan mencari konduktor untuk suhunya. Secara umum, cara ini juga bisa Anda lihat pada ruangan ber-AC selain mobil.

Jadi, kesimpulan dari semua ini adalah apabila kaca bagian luar mobil berembun, maka suhu di luar lebih panas dari dalam kabin. Begitu juga sebaliknya, bila bagian dalam yang berembun, tandanya suhu di kabinlah yang lebih panas dari suhu luar mobil. Tapi, ketika AC sudah dinyalakan untuk menyamakan suhu di luar yang hujan, kenapa embun tetap timbul?

Kalau sudah begitu, ada beberapa hal yang bisa Anda simpulkan. Pertama, kaca mobil jadi berembun karena Anda hanya menyalakan blower AC saja. Ini wajar terjadi karena suhu di dalam kabin akan lebih panas dibanding suhu di luar mobil. Sedangkan bila AC Anda sudah dinyalakan dan di luar hujan, kondisnya beda lagi.

Bisa jadi ada kerusakan yang terjadi pada AC Anda karena kabin tetap kurang dingin bila dibandingkan dengan suhu yang ada di luar kabin. Padahal, tujuan menyalakan AC ini adalah karena untuk menyamakan suhu di luar. Sedangkan bila kaca mobil bagian luar yang berembun di saat hujan, itu karena Anda menyetel AC terlalu dingin.

Ini sering terjadi bila Anda melakukan perjalanan di malam hari dan sedang menyalakan AC meskipun hari tidak hujan. Suhu kabin akan jadi lebih dingin sehingga embun akan muncul di bagian luar kaca mobil. Jadi, kaca mobil berembun saat AC nyala tetap bisa terjadi karena perbedaan suhu yang masih ada di antara keduanya.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bila kaca mobil berembun ini tak segera diatasi, bisa menyebabkan bahaya untuk pengendara dan penumpangnya. Sebab, bukan tak mungkin akan terjadi kecelakaan karena penglihatan pengemudi yang terganggu embun tersebut. Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi embun tersebut, ini dia!

1. Buka Kaca Mobil
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi embun pada kaca mobil adalah dengan membuka kaca mobil. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang berkendara di tempat yang suhu luarnya dingin sehingga tak perlu menyalakan AC di dalam kabin.

Nantinya, suhu antara bagian dalam mobil dan luar kabin akan tetap sama karena jendela kaca terbuka. Cara ini juga bisa dilakukan untuk mobil yang AC-nya sedang bermasalah. Hanya saja, cara ini sangat tak disarankan dipakai ketika terjadi hujan deras.

2. Lap Kaca dengan Lap Kanebo
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi embun pada kaca mobil adalah dengan mengelap menggunakan lap kaca kanebo. Ini adalah cara paling simpel dan mudah untuk menghilangkan embun yang menempel pada kaca bagian dalam. Lap kanebo dipilih karena mampu menyerap cairan dengan mudah dan bisa diperas juga.

Sedangkan untuk menghilangkan embun yang ada di bagian luar mobil, Anda bisa menggunakan wiper mobil saja. Tapi, bagaimana kalau kaca mobil jadi buram? Kalau begitu, Anda bisa menyemprotkan air washer. Namun, sebelumnya Anda wajib memastikan bahwa air dalam washer penuh.

3. Nyalakan Window Defogger
Meski tak semua jenis mobil dilengkapi dengan fitur yang satu ini, namun bagi yang punya tak ada salahnya memanfaatkannya. Fitur ini berguna untuk menghilangkan lapisan embun pada kaca mobil bagian belakang. Anda bisa menyalakannya beberapa saat setelah embun menguap di kaca mobil.

Cara kerja dari window defogger ini sendiri adalah memanaskan kaca mobil. Dengan begitu, embun yang menempel akan kembali menguap. Namun, bagi kendaraan yang tak memiliki fitur ini, bisa dilap saja.

4. Cairan Anti Kabut
Belakangan ini, ada penemuan baru yang bisa membantu Anda terlepas dari embun yang menempel di kaca mobil. Cairan anti kabut. Cairan ini bisa Anda temukan di toko-toko perlengkapan mobil dan biasanya dikemas dalam bentuk tabung semprot yang ringkas.

Cara penggunaan cairan anti kabut ini sangat mudah. Pertama, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan ini pada kaca yang berembun. Setelah itu, diamkan sejenak dan lap menggunakan kain yang halus dan kering. Lakukan cara ini hingga kaca kembali jernih dan embun tak menempel lagi.

5. Menggunakan Shampo
Apa Anda tahu bahwa shampo juga bisa jadi solusi untuk mengatasi kaca mobil yang berembun. Itu terjadi lantaran shampo memiliki unsur pH yang khusus untuk mengeringkan uap air. Hadirnya pH ini bisa membantu mengeringkan embun yang menempel di kaca mobil Anda.

Cara penggunaanya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan shampo pada kaca mobil yang berembun. Setelah itu, tinggal lap dengan kain lembap dengan gerakan searah yang bertujuan agar tak membuat kaca buram. Cara ini sebenarnya sangat ampuh. Hanya saja, bisa menyisakan bekas pada kaca mobil Anda.

Itulah penyebab kaca mobil berembun dan bagaimana cara mengatasinya. Kaca mobil yang berembun memang terlihat sepele. Namun, kalau ini dibiarkan, bisa berbahaya untuk pengemudi dan seluruh penumpang serta pengguna jalan lain. Oleh sebab itu, baiknya segera bersihkan bila kaca mobil timbul embun, ya!

0 Response to "Kaca Mobil Berembun, Ini Alasan dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel