Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan 9 Cara Mengatasinya

Kulkas tidak dingin padahal belum lama dibeli? Gawat kalau begitu! Bisa jadi makanan dan minuman yang Anda simpan di dalamnya tidak terjaga kesegarannya. Suhu normal kulkas sendiri adalah di bawah 4 derajat celcius sedang untuk freezer adalah minus 18 derajat celcius. Bila kurang, kulkas Anda tidak dingin. Apa sebab dan bagaimana mengatasinya?

Beberapa Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan 9 Cara Mengatasinya

Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan 9 Cara Mengatasinya

1. Sering Membuka Tutup Pintu Kulkas
Salah satu penyebab kenapa kulkas Anda bisa tidak dingin adalah karena terlalu sering pintu kulkas dibuka tutup. Hal ini terlihat sepele namun inilah salah satu penyebab dan bisa membuat umur kulkas Anda tak bertahan lama. Saat Anda membuka pintu kulkas, maka udara dingin akan bercampur dengan suhu ruangan.

Nah, ketika pintu kulkas ditutup kembali, maka mesin akan menyesuaikan suhu kulkas menjadi dingin kembali. Bila hal ini terjadi secara berulang, maka mesin kulkas Anda akan bekerja keras dan menjadi lebih cepat rusak. Kalau kinerja mesinnya sudah keras, kulkas pun tak bisa dingin.

Untuk mengatasinya, tentu saja Anda harus meminimalisir buka tutup pintu kulkas terlalu sering. Baiknya pikirkan benda apa yang ingin diambil atau ditaruh sekaligus sehingga tak perlu buka tutup terus. Buat juga catatan di pintu kulkas agar semua penghuni rumah terbiasa tidak tutup buka pintu kulkas terlalu sering.

2. Karet Pintu Kulkas Kering atau Longgar
Alasan lain kenapa kulkas tidak dingin adalah karena karet pintu kulkas sudah kering atau longgar. Karet yang ada di pintu kulkas memiliki fungsi untuk membuat ruangan pendingin dan freezer menjadi kedap udara dari luar. Bila lapisan ini sudah kering atau longgar, secara otomatis suhu dalam kulkas akan menjadi lebih panas.

Cara mengatasi karet pintu kulkas yang sudah kering atau longgar tentu saja menggantinya. Anda bisa menghubungi tenaga servis kulkas untuk mengganti karet pintu kulkas tersebut. Dengan begitu, kulkas Anda bisa jadi dingin kembali.

3. Bunga Es yang Terlalu Banyak
Sebab lain kenapa kulkas Anda bisa tidak dingin adalah karena bunga es yang terlalu banyak. Bunga es yang sudah terlalu tebal biasanya akan menutupi bagian lubang angin. Padahal, lubang angin ini sangat penting karena ia berperan dalam mendinginkan udara bagian dalam kulkas.

Jika kulkas sudah tak dingin, ada baiknya Anda memeriksa kondisi bunga es di dalamnya. Kalau sudah banyak, cara mengatasinya adalah Anda harus mematikan kulkas lalu membiarkan kulkas terbuka dan letakkan kipas angin menyala di depannya. Tujuannya adalah agar angin dari kipas angin bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkas.

Cara ini terbukti sangat efektif untuk mencairkan bunga es yang ada di dalam freezer. Setelah bunga es mencair, Anda wajib membuang air yang tertampung di bagian bawah freezer. Setelah itu, lap menggunakan lap khusus agar air bisa hilang dan tak menimbulkan pembentukan bunga es baru dalam waktu dekat.

Terakhir, Anda bisa menyalakan kembali kulkas setelah bunga es bersih. Tutup rapat kembali kulkas setelah dinyalakan. Untuk proses dinginnya, Anda perlu menunggu beberapa saat sebelum kembali ke suhu normal kulkas. Cara ini wajib Anda lakukan secara rutin agar umur kulkas Anda panjang.

4. Pengaturan pada Suhu untuk Tidak Maksimal
Penyebab lain kenapa kulkas tak dingin adalah karena Anda meletakkan pengaturan pada suhu tidak maksimal. Kalau suhunya relatif rendah, tentu saja kulkas tersebut tidak bisa dingin. Untuk mengatasinya, tentu saja Anda wajib melakukan pengecekan lebih dulu mengenai pengaturan suhu kulkas di kulkas tersebut dan pastikan ada di pengaturan maksimal.

Baca Juga : 4 Tips Tepat Memakai Mesin Penyedot Debu Agar Hasilnya Maksimal

5. Disusupi Benda Panas
Maksud disusupi benda panas ini adalah Anda memasukkan makanan dan minuman panas ke dalam kulkas. Suhu benda yang panas bisa mempengaruhi udara dingin yang berasal dari ruangan pendingin. Kalau benda tersebut ada di dalam kulkas, maka mesin kulkas akan bekerja keras untuk menyesuaikan dinginnya benda itu dengan suhu normal kulkas.

Bila hal ini terjadi berkali-kali, maka bisa dipastikan suhu kulkas Anda cepat drop dan suhu kulkas bisa tak dingin lagi. Cara paling tepat untuk mengatasinya tentu saja dengan tidak membiarkan makanan dan minuman panas masuk ke dalamnya. Biarkan makanan dan minuman tersebut dingin dulu sebelum disimpan ke dalam kulkas.

6. Kesalahan dalam Meletakkan Kulkas
Masalah lain yang sering jadi penyebab kulkas tidak dingin adalah karena kesalahan Anda dalam meletakkan kulkas. Menempatkan kulkas di tempat yang bersebelahan dengan benda panas bisa menyebabkan kulkas jadi tak dingin. Apa benda panas yang dimaksud? Contohnya, televisi tabung, pemanas rumah dan lainnya.

Selain itu, sebisa mungkin jangan letakkan kulkas di dekat dinding yang terbuat kaca. Sebab, dinding kaca bisa menyerap panas matahari yang ekstrem. Kalau sudah begini, kulkas bisa jadi tak dingin dan cepat ikut panas. Kinerja kulkas tersebut juga tak bisa maksimal dalam mendinginkan makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya.

7. Freon Habis
Tentu saja, kulkas juga bisa tidak dingin dikarenakan freon yang ada dalam kulkas tersebut sudah habis. Freon sendiri adalah senyawa gas atau cairan yang tak berwarna, berbau dan mudah terbakar dan merupakan bahan utama pendingin kulkas Anda. Bila freon ini habis, otomatis kulkas Anda bisa tak dingin.

Untuk mengatasi masalah ini, tentu saja Anda harus melakukan pengecekan pada kulkas Anda. Menggunakan jasa tukang servis kulkas untuk mengisi atau mengganti freon kulkas adalah pilihan yang tepat.

8. Tegangan Listrik
Masih ada lagi penyebab kulkas tidak dingin. Salah satunya adalah karena tegangan listrik yang kurang stabil. Tegangan listrik yang tak stabil bisa menyebabkan gangguan pada peralatan listrik seperti kulkas sehingga bisa menurunkan performa dari peralatan listrik tersebut.

Kondisi tegangan listrik yang tak baik ini bisa Anda lihat dari nyala lampu kulkas yang redup. Jika tegangan listrik tak baik, ada baiknya And amenghubungi petugas PLN untuk melakukan perbaikan.

Baca Juga : Jenis Jenis Kabel Listrik

9. Kumparan Kondensor yang Kotor
Bagian lain yang jadi penyebab kulkas tidak dingin adalah kumparan kondensor yang kotor. Kumparan kondensor ini adalah bagian kulkas yang berfungsi untuk membuang panas yang ditimbulkan kulkas. Bila kulkas Anda sudah tak dingin, bisa jadi bagian ini tertutup debu atau kotoran yang banyak.

Bila sudah begini, tentu saja Anda harus membersihkannya menggunakan alat penyedot debu atau menggunakan sikat supaya kotoran yang menempel cepat hilang. Secara umum, bagian kumparan kondensor ini wajib dibersihkan setidaknya dua tahun sekali. Dengan begitu, umur kulkas Anda bisa lebih panjang.

Itulah beberapa hal yang jadi penyebab kenapa kulkas tidak dingin dan 9 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Kulkas yang tak dingin kadang merepotkan karena makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya cepat rusak. Oleh sebab itu, Anda wajib melakukan perawatan agar semuanya berumur lebih panjang.

0 Response to "Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan 9 Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel