Tips Merawat Luka Operasi di Rumah Agar Tidak Infeksi

Untuk anda yang mana baru saja menjalankan operasi pasti akan bingung untuk mengetahui, kapan jahitan yang ada atau perban penutup dari luka dapat dilepas dengan aman. Mungkin hal ini berbeda untuk setiap orangnya. Namun perlu anda ketahui, bahwa dengan menggunakan obat luka operasi dan perawatan yang tepat akan membuat luka cepat sembuh. Berikut tips nya untuk perawatan dirumah.

3 Tips Merawat Luka Operasi

3 Tips Merawat Luka Bekas Operasi

1. Perhatikan Perban Luka Jahitan Operasi diganti
Sebelum anda pulang ke rumah, tentunya anda juga harus memperhatikan bagaimana perawat atau bahkan dokter anda merawat luka jahitan yang anda miliki saat di rumah sakit. Dalam hal ini, akan membuat anda lebih mengetahui, bagaimana ciri-ciri luka operasi yang masih dalam keadaan baik atau tidak. Anda juga dapat melakukan penilaian, mana hal yang harus di lakukan dan tidak.

2. Pastikan Menjaga Kebersihan Luka Operasi
Bukan hanya mengetahui bagaimana perban operasi yang digunakan, namun sebagai salah satu obat untuk mempercepat penyembuhan luka adalah dengan menjaga luka operasi selalu dalam keadaan bersih. Dalam hal ini, pastikan bahwa area yang ada di sekitar luka operasi selalu bersih. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan juga air mengalir, setelah anda beraktivitas.

Biasanya luka operasi sendiri memang tidak disarankan dalam keadaan yang basah, bahka terkena air sedikit saja. Pastikan bahwa luka terhindar dari air dan basah, hingga luka dapat mengering dengan sempurna dan sembuh. Pastikan bahwa saat anda mandi, anda dapat tetap melindungi luka bekas operai agar tidak terkena air sedikitpun.

3. Perhatikan Luka Operasi Setiap Hari
Selain itu, hal penting lainnya adalah anda harus menjaga dan juga merawat luka jahitan. Hal ini dikarenakan untuk menjaga luka, agar tidak memiliki infeksi. Pastikan bahwa area di sekitar luka operasi sendiri agar selalu bersih. Anda juga diharuskan untuk rutin dalam mencuci tangan dengan sabun, dan juga air mengalir setelah selesai beraktivitas.

Untuk memeriksanya, anda dapat melihat apakah permukaan pada jahitan operasi sendiri terdapat bercak merah atau bahkan kuning. Jika anda mengalami hal ini, bisa jadi bahwa luka operasi mengalami pendarahan atau memiliki nanah.

Demikian lah 3 tips merawat luka bekas operasi, semoga dapat membantu Anda yang mengalami hal ini.

0 Response to "Tips Merawat Luka Operasi di Rumah Agar Tidak Infeksi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel