Cara Menentukan Kampus Paling Tepat Untuk Anda

Sekarang ini pendaftaran kuliah sudah dimulai, dan banyak sekali para calon mahasiswa yang kebingungan dalam menentukan kampus paling tepat. Banyaknya kampus yang bisa dipilih memang membuat calon mahasiswa bingung, karena itulah setiap calon mahasiswa sebaiknya tahu perbandingan universitas satu dengan lainnya.

Hal ini akan membantu mereka dalam memilih universitas mana yang sekiranya bagus dan tepat untuk dipilih sebagai tempat menuntut ilmu. Nah, agar anda tahu apa saja perbandingan universitas yang sangat penting, yuk cek aja perbandingan universitas nya berikut ini:

4 Cara Menentukan Kampus Paling Tepat 

Lulusan Terbaik Universitas

1. Akreditasi Kampus
Hal pertama yang harus anda cek dan bandingkan antara universitas satu dengan lainnya adalah bagaimana akreditasi universitas tersebut. Tentu saja akreditasi merupakan grade yang dimiliki oleh universitas.

Nah, semakin bagus sebuah universitas, otomatis akreditasinya juga semakin tinggi, yaitu A. yang membedakan antara kampus akreditasi A, B dan C adalah dari kelengkapan fasilitas yang dimiliki hingga proses yang ada di dalam nya.

2. Akreditasi Prodi
Dalam memilih universitas, anda tidak boleh hanya melihat nama kampus tersebut sudah terkenal dengan akreditasi yang bagus saja. Anda harus tahu bahwa kampus yang bagus, tidak tentu memiliki prodi yang bagus juga.

Jadi anda harus cek apa akreditasi prodi atau jurusan yang akan anda pilih tersebut, tentu saja semakin bagus akreditasinya juga semakin bagus kualitasnya. Akreditasi ini menentukan bagaimana lulusan dari jurusan tersebut, hingga dosen yang sudah bergelar S3.

3. Jurusan Sesuai
Meskipun anda masuk atau diterima di kampus yang sangat bagus, tetapi jika memang jurusan nya tidak sesuai dengan minat dan bakat anda, bisa jadi anda akan menyerah di tengah jalan. Sudah banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan, hanya karena dari pada tidak kuliah di Negeri.

Padahal sekarang ini ada banyak swasta yang berkualitas bagus, jadi anda bisa memilih jurusan yang sesuai dengan minat anda. Perbandingan universitas juga bisa dilihat dari berapa banyak jurusan yang dimilikinya, dan ada apa tidaknya jurusan yang anda inginkan tersebut.

Karena tidak semua universitas punya jurusan tertentu, karena itulah anda harus cek lebih dulu apakah jurusan nya ada atau tidak?

Baca Juga : Tips Masuk PTN

4. Biaya
Perbandingan universitas tentunya dari segi biaya juga sangat diperhitungkan, cara menentukan universitas yang tepat untuk anda juga dari biaya nya. Jangan terlalu memaksakan diri dengan biaya selangit, sebaiknya anda pilih yang sesuai kemampuan saja.

Meskipun sekarang banyak beasiswa, tetapi anda harus jaga-jaga agar tidak perlu berhenti di tengah jalan nantinya. Karena itulah anda harus mempertimbangkan segala aspek yang bisa menjadi penentu anda memilih universitas.

Bagaimana, apakah anda sudah bisa membandingkan antara universitas satu dengan yang lainnya? Jika iya, silahkan anda pilih universitas yang memang sesuai dengan minat dan bakat anda, terima kasih.

0 Response to "Cara Menentukan Kampus Paling Tepat Untuk Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel