Cara Transfer Beda Bank Melalui ATM Tanpa Bingung

Saat ini penggunaan kartu debit memang sudah sangat umum, tentunya penggunaan kartu debit ini tidak terlepas juga dengan penggunaan mesin ATM. Bahkan saat ini di setiap sudut tempat sudah dilengkapi dengan fasilitas mesin ATM yang akan memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi selama 24 jam dalam sehari. Selain memudahkan nasabah penggunaan ATM ini juga memiliki banyak keuntungan diantaranya adalah kepraktisan, karena dengan menggunakan mesin ATM maka nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor bank cukup dengan mencari mesin ATM dan nasabah sudah dapat melakukan transaksi. Untuk itu pada artikel ini akan dibahas mengenai salah satu transaksi perbankan yang kerap dilakukan yaitu tentang bagaimana cara transfer beda bank melalui ATM dengan mudah dan simpel.

Pada dasarnya cara mentransfer dana dengan tujuan bank yang berbeda relatif mudah, akan tetapi bagi yang baru dengan hal ini tentunya akan terasa sedikit membingungkan. Untuk itu ada baiknya untuk membaca mengenai langkah-langkahnya terlebih dahulu agar tidak melakukan kesalahan ketika melakukan transaksi. Nah berikut adalah cara transfer dengan tujuan bank berbeda melalui ATM dengan mudah dan tanpa ribet.

Cara Transfer Beda Bank Melalui ATM Mudah Tanpa Ribet


Cara Transfer Beda Bank Melalui ATM Tanpa Bingung

1. Pergi ke tempat ATM terdekat

2. Masukkanlah kartu ATM 
Masukkan kartu ATM anda pada tempat yang telah tersedia di mesin ATM dengan sebelumnya memastikan terlebih dahulu bila posisi kartu anda benar. Karena bila posisi kartu tidak benar bisa menyebabkan error bahkan tertelannya kartu ATM anda pada mesin.

3. Pilih bahasa
Setelah memasukkan kartu kemudian pada layar akan muncul perintah untuk memilih opsi bahasa berdasarkan preferensi anda. Anda dapat memilih antara Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia.

4. Masukkan PIN
Cara transfer beda bank selanjutnya yaitu anda akan diminta memasukkan PIN kartu ATM, pastikan anda memasukkan kombinasi PIN tersebut dengan benar. Dan jangan lupa untuk menjaga kerahasiannya dengan cara merapatkan tubuh anda ketika menginput 6 digit kombinasi PIN atau menutup tangan anda ketika mengetikkan PIN tersebut.

5. Pilih opsi TRANSFER
Ketika anda berhasil memasukkan PIN maka selanjutnya akan muncul beberapa opsi transaksi yang dapat anda pilih, karena anda akan melakukan transfer untuk itu pilih pilihan TRANSFER.

6. Pilih opsi TRANSFER KE BANK LAIN
Kemudian pilihlah pilihan TRANSFER KE BANK LAIN sesuai dengan beberapa opsi yang ditampilkan oleh layar mesin ATM.

7. Masukkan Kode Bank dan Nomor rekening tujuan
Karena anda akan mentransfer dengan tujuan bank yang berbeda, maka sebelum anda memasukkan nomor rekening tujuan terlebih dahulu memasukkan kode bank. Apabila anda tidak mengetahui kode bank tujuan, anda bisa melihatnya pada opsi yang disediakan di bagian bawah monitor. Setelah itu isilah KODE BANK+NOMOR REKENING TUJUAN dengan format penulisan antara kode bank dan nomor rekening tidak diberikan spasi. Kode bank terdiri atas 3 digit angka sedangkan nomor rekening terdiri atas 15 digit angka.

8. Isi Nominal Transfer
Setelah memastikan kode bank dan nomor rekening yang anda masukkan benar, kemudian klik benar. Kemudian akan muncul pada monitor besaran nominal yang akan anda transfer, apabila tidak ada jumlah yang sesuai maka pilihlah opsi lainnya dan masukkan nominal yang anda inginkan.

9. Periksa data transaksi
Setelah mengisi nominal kemudian klik BENAR, kemudian dilanjutkan dengan memeriksa rincian data transaksi. Apakah nama penerima dan juga nominalnya sudah tepat, apabila sudah kemudian klik LANJUTKAN.

10. Transaksi selesai
Tunggulah struk keluar kemudian cabut kartu anda dari mesin ATM apabila sudah tidak akan melakukan transaksi lainnya.

Nah cukup mudah bukan? Cara transfer beda bank di atas merupakan cara umum yang bisa digunakan oleh semua Bank, karena pada dasarnya langkah-langkah pada setiap bank sama saja intinya. Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Cara Transfer Beda Bank Melalui ATM Tanpa Bingung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel