Lengkapi Konsep Ruangan Klasik Dengan Meja Trembesi Yang Unik dan Menarik

Bagi yang menerapkan konsep hunian klasik atau tradisional, memang paling cocok menggunakan furniture dari bahan kayu seperti misalnya meja trembesi, kursi rotan, karpet anyaman bambu dan lainnya. Kesan hangat dan homey, pastinya akan sangat terasa ketika kita melengkapi ruangan dengan beberapa ornament dari kayu.

Meja Makan Trembesi Dengan 8 Kursi
Sumber Foto : https://divajati.com

Ada beberapa jenis kayu yang biasanya dijadikan furniture seperti yang sangat diminati banyak orang adalah dari kayu jati. Hanya saja, saat ini ketersediaan bahan baku yang semakin terbatas, membuat para pengrajin furniture kayu jati sedikit kesulitan dalam memproduksi aneka barang sesuai permintaan pasar. Kayu jati memang banyak memiliki kelebihan dibandingkan jenis kayu lainnya karena tahan lama, kuat, tidak mudah berjamur dan perawatannya yang mudah. Namun, kelangkaan kayu jati saat ini membuat sebagian orang mau tidak mau beralih pada jenis kayu lain.

Salah satu jenis kayu yang dapat dijadikan alternatif pilihan adalah kayu trembesi. Jenis kayu ini juga tergolong kuat, memiliki karakteristik tampilan menarik dan perawatannya juga tergolong mudah. Banyak pengrajin yang menjadikan jenis kayu ini menjadi meja trembesi dengan berbagai model dan desain yang unik. Tertarik ingin memiliki furniture dari bahan kayu trembesi? Simak dulu info detailnya berikut ini.

1. Mengenal Apa Itu Kayu Trembesi

Kayu trembesi cukup mudah ditemukan pada beberapa daerah di Indonesia seperti Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera dan lainnya sehingga jika ada yang ingin mencari bahan kayu atau furniture dari jenis kayu ini cukup mudah didapatkan. Kayu trembesi termasuk dalam kayu dari pohon bergenus Albizia. Masa pertumbuhannya relatif cepat dan bisa mencapai ketinggian pohon hingga 4 meter. Ukuran batang pohon rata-rata berdiameter besar dan ini biasanya sangat disukai oleh pengrajin kayu karena mereka bisa membuat berbagai barang seperti kursi dan meja trembesi dengan ukuran yang panjang serta besar.

2. Kelebihan Kayu Trembesi

Meja trembesi yang diletakkan pada ruang rumah terutama jika diletakkan pada bagian dalam, biasanya akan sangat awet digunakan dalam waktu lama serta memiliki tampilan yang tidak mudah berubah. Kayu trembesi dengan diameter 1 meter lebih memiliki kelebihan mudah dibentuk menjadi berbagai jenis barang furniture seperti misalnya meja trembesi, baik meja untuk ruang tamu, meja santai untuk ngopi hingga meja makan dengan ukuran besar. Pengrajin tidak perlu harus repot menyambung kayu menjadi beberapa bagian untuk menjadikannya panjang dan luas karena kayu trembesi yang berdiameter lebar sudah bisa langsung dibentuk.

Kelebihan lainnya dari kayu trembesi adalah ukuran ketebalannya yang cukup tebal jika dibandingkan dengan jenis kayu lain. Oleh karena itu, meja yang menggunakan kayu trembesi sebagai bahan utamanya biasanya memiliki kesan tangguh, kuat dan kokoh karena efek tebal kayunya. Hampir rata-rata kayu trembesi memiliki ketebalan diatas 3 cm.

3. Karaketeristik Tampilan Kayu Trembesi

Jika dilihat secara langsung, furniture dari kayu jenis ini misalnya meja trembesi, memiliki karakteristik tampilan yang cukup unik karena memang pada dasarnya kayu trembesi memiliki warna coklat tua pada bagian tengah kayu, lalu pada bagian tepinya terdapat warna yang berbeda dari bagian tengah yaitu berwarna putih gading. Terdapat pula garis-garis serat kayu berwarna hitam pada beberapa bagian tengah kayu. Perpaduan warna seperti memberi kesan indah, natural dan hangat pada setiap komponen rumah yang memakai furniture dari bahan kayu termasuk kayu trembesi.

Untuk ukuran berat kayu trembesi diperkirakan sekitar 0.6 kg per meter kubik sehingga dapat dikatakan kayu trembesi termasuk dalam kelas kayu berat. Namun, kembali lagi jika furniture yang dibentuk tidak terlalu besar, lebar dan panjang, maka tentu tidak terlalu berat. Ada beragam jenis meja trembesi yang saat ini bisa dipilih untuk melengkapi furniture di rumah, seperti meja makan, meja kerja, meja taman hingga meja santai untuk minum.

0 Response to "Lengkapi Konsep Ruangan Klasik Dengan Meja Trembesi Yang Unik dan Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel