Pengertian, Persiapan Hingga Tips Sukses Berjualan Online

Hidup dijaman era digital, memang menawarkan banyak kemudahan termasuk dalam hal jual beli. Jika dulu, untuk berjualan atau membeli barang, kita perlu ke pasar, toko atau swalayan, kini tidak lagi. Cukup lewat gadget yang terkoneksi dengan internet saja kita sudah bisa berbelanja aneka barang kebutuhan sehari-hari. Aktivitas jual beli jadi sangat mudah, cepat dan praktis. Semua ini berkat adanya internet dan juga menjamurnya toko online dan marketplace.

Banyak orang yang kini lebih memilih berbelanja online karena memang menawarkan banyak kelebihan. Seiring meningkatnya daya beli masyarakat lewat online, hal ini turut diiringi dengan bermunculannya orang-orang yang juga tertarik untuk berjualan online. Tidak sedikit yang ingin mencoba bisnis online namun bingung bagaimana cara memulainya serta cara agar sukses menjalankan usaha ini. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang kiat sukses bisnis online khususnya tentang jual online, ketahui terlebih dahulu apa pengertian bisnis online.

Apa Itu Bisnis Online…?

Ada banyak pengertian mengenai bisnis online seperti menjual barang atau jasa kepada orang lain dalam rangka mendapatkan keuntungan dimana dalam hal aktivitas bisnis ini dilakukan pada media internet. Disisi lain, bisnis online juga dapat dikatakan segala bentuk kegiatan usaha yang mana semua atau sebagian kegiatannya menggunakan sistem online. Jika begitu, maka jualan atau beli online dapat disimpulkan sebagai aktivitas perdagangan (jual beli) yang dilakukan dengan sistem online atau lewat media internet.

Pengertian dan Tips Sukses Berjualan Online

Ada banyak media online yang dapat dipakai untuk berjualan misalnya aplikasi chatting seperti Whats App, BBM, Facebook, Telegram, Instagram atau bisa juga menggunakan website khusus untuk toko online, cara lainnya yaitu bergabung dengan marketplace terpercaya dan besar seperti Blibli.com. Semakin banyak memanfaatkan dan memaksimalkan media online, maka peluang untuk sukses dan meraup keuntungan juga semakin besar.

Apa Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Memulai Bisnis Jualan Online?

Berdasarkan pengalaman pribadi, ada beberapa hal utama yang perlu dipersiapkan ketika ingin memulai sebuah bisnis yaitu berjualan online, beberapa diantaranya yang penting adalah:

1. Gadget
Untuk bisa memakai koneksi internet pastinya perlu alat atau media dong! Nah kita bisa memilih media apa yang paling nyaman untuk jualan online, bisa memakai smartphone, tablet, notebook, laptop atau computer. Sebelum memilih, pastikan untuk memilih media yang tepat karena masing-masing gadget memiliki kekurangan dan kelebihan, pilih yang sesuai kebutuhan dan kenyamanan. Jika dana yang ada masih terbatas, tidak ada salahnya jika terlebih dahulu menggunakan smartphone yang saat ini kamu pakai untuk media komunikasi.

2. Koneksi Internet
Untuk kelancaran bisnis, pastikan untuk memilih media internet yang koneksinya bagus, tidak hanya lancar dan cepat tetapi juga pilih yang minim gangguan. Bisa menggunakan wi-fi, modem atau pakai kartu internet khusus dengan jaringan yang bagus sesuai dengan lokasi kamu berada. Kelancaran internet akan sangat memudahkan dalam bisnis, seperti promosi, transaksi, melayani pembeli, download aplikasi jualan online seperti Blibli.com dan sebagainya.

3. Modal
Mau bisnis apapun, sudah pasti perlu modal. Begitu juga saat ingin memulai berjualan online. Hanya saja, saat ini aktivitas jual beli online sudah sangat mudah, kita bisa menjalankan bisnis jualan online dengan dana modal yang sedikit. Caranya? Yaitu dengan menggunakan sistem dropship, dimana pada sistem ini kita bertindak sebagai orang yang mempromosikan barang jualan dari orang atau agen lain. Jika ada yang memesan ditempat kita, kita hanya perlu mengkonfirmasi pesanan, melakukan pembayaran, mengirimkan alamat si pemesan kepada agen, lalu tunggu si pembeli bayar. Jika pembayaran sudah terkonfirmasi, minta agen untuk melakukan pengiriman pesanan ke alamat pembeli. Jadi, untuk urusan pengadaan barang, packing, pengiriman dilakukan oleh agen. Kita hanya berperan sebagai orang yang memasarkan produk saja.

4. Jenis Barang
Menentukan jenis barang yang ingin dijual juga penting agar usaha yang kita jalankan nantinya bisa bertahan lama dan sukses. Ada baiknya memilih jenis produk yang banyak diminati terutama oleh masyarakat setempat lokasi kamu berada. Jika jenis barang fashion memiliki minat beli yang tinggi, maka kamu bisa berjualan produk fashion misalnya baju, hijab, tas, sepatu, sandal dan lainnya. Selain itu, pilih barang jualan yang memang senang kamu jual. Hal ini akan membuat jiwa dan semangat berjualan kamu selalu on terus.

5. Agen
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, jika ingin menjual barang yang bukan produksi sendiri, maka perlu memilih agen atau supplier. Sebaiknya pilih agen yang kamu kenal baik, bertanggung jawab, amanah, enak diajak kerjasama serta mampu memberikan harga yang lebih murah. Dengan begitu, kamu bisa nyaman menjalankan usaha serta dapat menjual barang dengan harga yang sesuai pasaran.

6. Rekening Bank
Hampir semua bisnis online apalagi jual beli online memerlukan rekening bank untuk kebutuhan transaksi uang. Jika ada pembeli jauh yang ingin membeli barang ditempat kita, ia dapat melakukan pembayaran lewat transfer bank. Inilah salah satu manfaat utama dari memiliki rekening bank. Tidak hanya itu, untuk keperluan pembayaran ke pihak agen, kita selaku penjual online juga pasti perlu melakukan pembayaran produk ke agen. Tentu akan lebih mudah dan praktis jika dapat dilakukan melalui transfer uang dari rekening bank daripada harus jauh-jauh mengantarkan uang langsung kepada agen.

Tips Sukses Berjualan Online Yang Ampuh!!!

Ada banyak tips yang bisa dilakukan untuk membuat usaha jualan online yang kita jalankan sukses dan mendatangkan keuntungan. Beberapa diantaranya yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja yaitu:

- Maksimalkan Usaha
Cara memaksimalkan usaha yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan sebanyaknya media promosi online yang ada. Bisa dengan membangun toko online seperti website, fanspage, posting jualan setiap hari di aplikasi chatting, bergabung di grup jualan online, pakai endorse dengan orang terkenal misalnya selebgram dan lain-lain.

- Lakukan Secara Kontinu
Lakukan promosi jualan secara teratur dan displin agar orang lain dapat mengetahui bahwa kita aktif berjualan serta untuk membuat semakin banyak orang tahu mengenai produk yang kita tawarkan.

- Utamakan Pelayanan
Dalam hal berjualan, kita tidak hanya sekedar menjual barang saja, tetapi ada interkasi sosial yang harus kita jaga meski hal ini dilakukan lewat dunia maya namun bukan berarti kita boleh mengabaikan hal penting seperti pelayanan yang baik dan ramah kepada setiap calon pembeli. Orang biasanya akan senang dengan penjual yang ramah, sabar dan baik terhadap pembeli, oleh karena itu utamakan selalu palayanan kepada setiap calon pembeli terlebih pelanggan.

- Amanah Dan Bertanggung Jawab
Sebagai pelaku bisnis online, hendaknya kita bersikap amanah dan bertanggung jawab atas setiap pesanan yang ada. Usahakan untuk memberikan yang terbaik, mulai dari layanan, produk, harga jual, pengemasan hingga reward kepada pelanggang setia.

- Bergabung Ke Situs Jual Beli Terkenal dan Terpercaya
Tips sukses jualan online yang terakhir adalah dengan mencoba bergabung ke situs jual beli atau marketplace terkenal dan sudah terpercaya seperti Blibli.com. Ini sebagai bentuk pengembangan usaha online yang sudah lama dijalankan. Pastinya ingin dong usaha online yang sudah ada semakin berbuah keuntungan yang besar? Nah, oleh karena itu miliki toko khusus jualan di marketplace.

Ada banyak kelebihan ketika kita sebagai penjual online bergabung di Blibli.com diantaranya yaitu gratis kemasan dengan title dan logo dari Blibli.com sehingga terlihat eksklusif, gratis biaya kirim, jangkauan pasar yang lebih luas, kategori produk yang beragam sehingga bisa menyesuaikan dengan produk yang kita jual, ketersediaan pilihan transaksi pembayaran dan masih banyak lagi kelebihan lainnya yang bisa didapatkan. Sangat patut dicoba oleh setiap orang yang berjualan online yang ingin lebih sukses dan mendapatkan keuntungan yang banyak.

0 Response to "Pengertian, Persiapan Hingga Tips Sukses Berjualan Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel