Daftar Spot Wisata Pecinta Alam di Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan menyimpan segudang destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para pecinta alam. Bagaimana tidak, sebagai salah satu paru-paru terbesar dunia, alam Pulau Borneo memang masih begitu terjaga keasriannya.

Nah, jika kamu memang ingin berpetualang di pulau terbesar ketiga di dunia ini, berikut daftar spot wisata pecinta alam yang wajib dikunjungi.

4 Spot Wisata Pecinta Alam Kalimantan

1. Gua Haji Mangku

Gua Haji Mangku, Kalimantan

Jika kamu berkesempatan mengunjungi Pulau Maratua, jangan lupa menyempatkan diri mengunjungi Gua Haji Mangku. Perairan dalam gua ini terkenal dengan keeksotisan tempatnya, sehingga para pengunjung tak henti-hentinya datang ke sini. Aktivitas diving dan snorkeling, merupakan dua aktivitas favorit untuk dilakukan di Gua Haji Mangku.

Daya tarik gua ini salah satunya terletak di gradasi warna yang muncul di perairannya. Biru tua dan biru toska muda, merupakan dua warna yang terlihat mencolok di tempat ini. Airnya sangat jernih, terutama saat sinar matahari memantul ke permukaan airnya. Jika kamu ingin memacu adrenalin, coba saja melompat ke air dari tebing sekitar gua yang tingginya sekitar 5 meter.

2. Bukit Batu Dinding

Bukit Batu Dinding, Kalimantan

Ingin menjelajahi Tembok Besar Cina, namun terhalang dana? Kunjungi saja Bukit Batu Dinding yang berlokasi di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tempat wisata ini sebenarnya adalah deretan dinding karst atau batuan kapur, yang membentang sejauh 150 meter. Dengan ketinggiannya yang mencapai 125 meter, menghasilkan kesan seperti tembok besar sungguhan.

Kawasan Bukit Batu Dinding merupakan tempat yang sangat pas untuk menikmati waktu terbit dan tenggelamnya matahari. Jika kamu sudah berada di puncak bukit ini, maka kamu bisa melihat puncak deretan pohon, yang terhampar bak permadani berwarna hijau. Bagi para pecinta keindahan alam, destinasi wisata satu ini sungguh sayang untuk dilewatkan begitu saja.

3. Tulung Ni’ Lenggo

Tulung Ni’ Lenggo, Kalimantan

Tulung Ni’ Lenggo yang terletak di Kabupaten Berau, menempati daftar spot wisata pecinta alam di Pulau Kalimantan selanjutnya. Telaga ini kerap disamakan dengan Danau Labuan Cermin, karena perairan yang dimilikinya pun sama jernihnya. Namun, telaga ini tak memiliki air dengan dua cita rasa, melainkan hanya satu rasa saja yaitu rasa tawar.

Walaupun termasuk destinasi wisata baru, namun Tulung Ni’ Lenggo tak butuh lama untuk menarik minat pengunjung. Saat ini, sudah ada beberapa wahana wisata yang bisa digunakan di telaga biru ini. Kamu bisa mencoba perahu kayuh, perahu karet, serta flying fox untuk melintas di atas permukaan birunya air Tulung Ni’ Lenggo.

4. Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki, Kalimantan

Pulau Sangalaki merupakan pulau yang termasuk dalam gugusan Kepulauan Derawan. Kombinasi putihnya pasir dan birunya laut, merupakan perpaduan yang menarik minat pengunjung untuk mengunjungi pulau ini. Selain dikenal dengan keindahan alamnya, Pulau Sangalaki juga merupakan habitat asli ragam spesies penyu, termasuk yang terancam punah.

Baca Juga :

Konservasi penyu yang berada di Pulau Sangalaki, juga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang ke sana. Pengunjung bisa melihat langsung proses menetasnya telur penyu, hingga saat melepas tukik-tukik tersebut ke laut lepas. Jika beruntung, pengunjung juga bisa berenang bersama manta, yang kebetulan memang sering berkeliaran di perairan pulau indah ini.

Tak lengkap rasanya berliburan ke Pulau Kalimantan, tanpa memanjakan mata di banyak destinasi wisata alam seperti di atas. Apalagi jika kamu seorang pecinta alam, destinasi di atas tentu bisa masuk daftar spot wisata pecinta alam yang wajib untuk dikunjungi. Destinasi seperti ini sebenarnya tak hanya memanjakan mata saja, namun juga merilekskan diri.

0 Response to "Daftar Spot Wisata Pecinta Alam di Pulau Kalimantan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel