6 Tanda Hamil Muda yang Mudah Diketahui

Kemunculan tanda hamil muda sangat dinantikan oleh setiap pasangan yang baru saja menikah, terutama bagi mereka yang memang sudah merencanakan ingin cepat memiliki anak. Namun, sebagian perempuan terkadang masih ada yang belum mengetahui apa saja tanda-tanda yang biasanya terjadi saat hamil muda. Selain berhentinya haid, ternyata ada tanda lainnya yang juga sering dialami oleh perempuan yang tengah mengandung. Apa sajakah itu?

6 Tanda Hamil Muda yang Sering di Alami


Mual Tanda Hamil Muda

1. Terjadinya Flek
Banyak yang mengira tanda hamil muda berupa keluarnya flek sebagai tanda awal menstruasi. Padahal, ini terjadi akibat adanya implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Flek yang terjadi akibat adanya kehamilan biasanya berlangsung selama beberapa hari tanpa disertai adanya keluar darah kotor seperti saat haid. Selain itu, tidak hanya flek saja, tanda kehamilan muda juga biasanya diiringi dengan rasa kram pada perut. Darah yang keluar saat flek biasanya tidak terlalu banyak namun dengan intensitas yang sering serta berlangsung selama trimester pertama saja. Jika darah flek yang keluar banyak serta menimbulkan rasa sakit, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan.

2. Mual dan Muntah
Tanda hamil muda berikutnya yang sering dialami adalah mual dan muntah. Pada beberapa kasus, rasa mual yang dialami hanya terjadi sesekali saja serta tidak sampai mengakibatkan muntah. Namun, banyak pula yang merasakan rasa mual yang sangat hingga berakibat pada muntah. Terjadinya rasa mual akibat adanya peningkatan dan perubahan hormon selama masa kehamilan. Biasanya, tanda ini terjadi pada masa trimester pertama dan akan berkurang serta hilang setelah memasuki usia kehamilan 4 bulan.

3. Pusing
Akibat lain dari rasa mual adalah timbulnya rasa pusing atau sakit kepala. Ibu hamil yang mengalami rasa mual, membuat nafsu makannya jadi berkurang sehingga tubuh mudah merasa lelah, lapar dan haus. Tidak hanya akibat pengaruh fisik yang tidak stabil, emosi yang tidak terkendali seperti merasa stres, depresi dan khawatir berlebih juga dapat menjadi penyebab timbulnya rasa pusing saat hamil. Untuk menghindari rasa pusing, ibu hamil sebaiknya tidak merubah posisi tubuh secara mendadak, misalnya saat dalam keadaan rebahan kemudian berdiri, lakukan dengan perlahan agar tubuh tetap seimbang dan kepala tidak merasa pusing.

4. Sering Buang Air Kecil
Untuk mengetahui apakah sedang hamil atau tidak, dapat dilihat juga dari intensitas buang air kecil (BAK). Jika lebih sering dari biasanya, mungkin saja ini sebagai tanda hamil muda. Akibat perkembangan janin dalam rahim membuat kandung kemih tertekan serta adanya peningkatan hormon, membuat ibu hamil jadi lebih sering ingin buang air kecil.

Baca Juga : Doa Cepat Hamil Untukmu yang Menanti Buah Hati

5. Sering Mengantuk
Jangan heran jika mendapati perempuan yang hamil senang tidur. Ini terjadi bukan tanpa sebab, melainkan karena terjadinya perubahan hormon dan juga pada beberapa organ tubuh. Saat hamil, beberapa organ tubuh bekerja lebih keras dari biasanya untuk memenuhi kebutuhan ibu serta janin. Oleh sebab itulah, rasa lelah dan mengantuk seringkali dirasakan.

6. Sensitif Terhadap Bau
Pada ibu hamil muda, sebagian besar ada yang mengalami, dimana beberapa pancaindra menjadi lebih sensitif. Salah satunya adalah hidung. Adakalanya, ibu hamil dysgeusia tidak bisa mencium aroma tertentu atau yang terlalu menyengat seperti bau parfum, bawang putih, buah durian dan lainnya. Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan cara menggunakan wewangian yang disukai atau beraroma lembut. Letakkan pada ruangan seperti kamar tidur atau ruang tamu, lilin beraroma terapi untuk mengurangi aroma tidak sedap yang dapat memunculkan rasa mual saat hamil.

Itulah ke 6 tanda hamil muda yang sering terjadi pada calon ibu yang baru pertama kali merasakan kehamilan, semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat buat kalian yang hamil.

0 Response to "6 Tanda Hamil Muda yang Mudah Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel