5 Cara Berhemat Kuota Internet yang Benar dan Efektif

Di era digital saat ini, internet memang sudah menjadi kebutuhan utama, baik untuk sekadar hiburan maupun pekerjaan. Namun, kuota internet yang kerap kali cepat habis membuat pengeluaran lebih boros.

Nah, kali ini AyiedNet akan membahas tentang bagaimana cara berhemat kuota internet yang benar dan efektif, langsung saja, berikut pembahasannya.

5 Cara Berhemat Kuota Internet yang Benar dan Efektif

1. Gunakan Aplikasi Offline

Cara berhemat kuota internet pertama adalah menggunakan aplikasi secara offline. Ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak harus menggunakan data internet, hanya saja banyak orang yang tidak tahu tentang hal ini, Misalnya saja Maps.

Aplikasi Maps juga sebenarnya bisa kamu gunakan tanpa terhubung dengan jaringan internet, hanya saja ada beberapa fitur yang tidak bisa kamu gunakan, misalnya layanan built-in navigation, turn-by-turn direction, melihat traffic secara real time dan melihat map dengan metode satelit.

Cara ini cukup efektif dalam menghemat penggunaan kuota internet. Caranya mengganti ke mode offline untuk platform android, pilih bar menu yang berada di sebelah kiri search bar kemudian pilih “Offline Map”. Jika kamu belum mengunduh, kamu akan diminta mengunduh map terlebih dahulu. Sedangkan pada platform IOS cukup ubah maps ke flight mode.

2. Pakai Aplikasi Browser yang Lebih Efisien

Browser atau peramban ternyata cukup banyak menguras kuota internet. Terlebih aplikasi peramban bawaan smartphone yang umumnya membuat kuota internet lebih boros. Guna mengatasi masalah ini, cara berhemat kuota internet yang paling efektif adalah dengan menggunakan aplikasi peramban yang lebih hemat, misalnya Opera Mini.

Opera Mini sudah banyak terbukti mampu menghemat kuota internet cukup signifikan. Pasalnya peramban ini dipercaya mampu mengompres website yang kamu kunjungi sehingga dapat menekan penggunaan kuota internet. Selain itu, terdapat pula fitur penghemat data internet, yakni video boost, yang mampu mengurangi proses buffer dan mengoptimalkan kualitas gambar.

3. Aktifkan Peringatan Mobile Data

Cara berhemat kuota internet selanjutnya adalah dengan mengaktifkan peringatan penggunaan mobile data. Umumnya fitur data usage dan limit system sudah tertanam di semua smartphone saat ini. Fitur ini akan memberikan peringatan ketika pemakaian kuota internet kamu melampaui batas atau hampir habis.

Fitur ini bisa kamu aktifkan dengan cara, masuk ke menu “Setting”, pilih “Data Usage”, pilih “Cellular Data”, “Set Cellular Data and Limit”  dan aktifkan. Jika ingin lebih membatasi penggunaan  kamu juga bisa membuat pembatasan harian atau mingguan agar penggunaan data bisa lebih terkontrol.

Baca Juga : Lakukan Cara Berikut Ini Jika Internet #Telkomsel Kamu Lemot

4. Batasi Penggunaan Data di Background

Kuota internet yang cepat habis umumnya disebabkan penggunaan data otomatis yang berjalan di background smartphone kamu. Banyak orang yang tidak sadar kuota internetnya terpakai. Oleh sebab itu sebaiknya batasi penggunaan data background dengan cara, masuk ke menu “Setting”, pilih “Data Usage” , pilih “Restrict Background Data”, kemudian aktifkan.

Cara ini cukup ampuh dalam menghemat kuota internet. Pasalnya meskipun penggunaannya data di background tidak banyak, frekuensinya yang sering cukup menguras kuota. Perlu diingat untuk tidak membatasi penggunaan data aplikasi yang membutuhkan notifikasi cepat, seperti aplikasi chatting karena nantinya kamu tidak akan mendapatkan pemberitahuan chat terbaru.

5. Batasi Pembaruan Aplikasi

Hal lain yang sering tidak disadari namun menguras kuota adalah pembaruan aplikasi secara otomatis. Kuota yang dibutuhkan pembaruan aplikasi relatif besar sehingga dapat menguras kuota dengan cepat. Kamu bisa mengatur pembaruan hanya saat terhubung dengan wifi, dengan cara, masuk ke Play Store, pilih menu “Settings”, pilih “Auto-update apps” dan pilih “Wifi Only”.

Itulah beberapa cara berhemat kuota internet yang efektif. Jika kamu ingin jauh lebih hemat lagi, cara yang paling ampuh dan efektif adalah dengan memanfaatkan sebaik mungkin fasilitas wifi gratis di manapun kamu berada.

0 Response to "5 Cara Berhemat Kuota Internet yang Benar dan Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel